-->

10 Ayat Alkitab tentang Orang Tua

Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak anak mereka. Karena anak anak adalah karunia yang berharga dari Allah, maka orang tua perlu mendidik dan mendisiplin mereka agar tidak disesatkan pada jalan hidup yang salah. Firman TUHAN menyebutkan dengan jelas prinsip dan tanggung jawab untuk orang tua dalam beberapa ayat alkitab yang terkenal.

Dewasa ini, ada banyak orang tua yang lalai dalam membesarkan anak. Mulai dari membuang anak mereka, pilih kasih dan berlaku sebagai orang tua yang jahat. Atau bahkan berlaku sebaliknya yaitu sang anak yang tidak menghormati ayah dan ibunya. Meskipun demikian, kita perlu mengubah pola pikir kita berdasarkan sudut pandang Allah.

Allah menginginkan adanya jalinan hubungan anak dengan orang tua yang harmonis. Dia sebagai pembentuk keluarga yang semula menginginkan semua keluarga bahagia. Untuk mewujudkan hal itu, orang tua perlu menerapkan prinsip alkitab dan mengajarkannya kepada anak mereka. Sebagai berikut adalah beberapa referensi ayat alkitab yang mendukung :

Ayat Alkitab tentang Orang Tua

1. Efesus 6:4

Ayat 4 : “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Bapak-bapak, janganlah memicu anak-anakmu untuk menjadi marah, tetapi besarkanlah mereka dalam disiplin dan nasihat Tuhan.”

Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar untuk membesarkan anak anak mereka. Ini bukanlah tugas yang mudah. Untuk bisa berhasil orang tua harus mendidik mereka berdasarkan nasihat TUHAN. Mereka harus berlaku sabar, tidak cepat marah dan mendisiplin dalam keadilbenaran.

2. Amsal 27:23

Ayat 23 : “Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.”

Orang tua yang pengasih diumpamakan seperti gembala dengan anak anak domba. Orang tua perlu mengenali setiap anak mereka dengan baik dengan memperhatikan secara menyeluruh apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan.

Berikan alasan mengapa itu penting untuk dilakukan serta ajar mereka untuk mengerti akibatnya dari melanggar perintah tersebut. Dengan mengenali kawanan domba, sang gembala akan tahu bagaimana menyelesaikan permasalahan pada kawan dombanya. Begitupula orang tua.

3. Ulangan 6:6,7

Ayat 6 dan 7 : “Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Seorang anak anak memiliki keingintahuan yang besar ketika ia masih kecil. Tapi orang tua sudah dipenuhi dengan berbagai pemahaman. Inilah saatnya orang tua mengajarkan tentang kehidupan ini berdasarkan Firman TUHAN kepada anak anak mereka. Bahkan setiap waktu adalah berharga yang bisa orang tua gunakan untuk mengajarkannya kepada anak.

4. Kolose 3:21

Ayat 21 : “Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.”

Orang tua terkadang memiliki kondisi hati dan emosi yang tidak stabil. Ada juga yang merupakan sifat bawaan, tidak berdasarkan itu semua pandangalah anak anak sebagai bejana yang lemah. Jika Anda terlalu keras menekan maka bejana akan hancur.

Tapi jika orang tua kurang memperhatikannya, ia tidak akan menjadi apa apa. Demikianlah orang tua harus berlaku hati hati sewaktu mendisiplin atau membentuk jati diri sang anak. Jangan sampai disiplin diberikan terlalu keras atau bahkan dengan amarah sebab akibatnya bisa fatal.

5. Yehezkiel 34:14

Ayat 14 : “Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel.”

Seperti ayat ayat yang sudah kita bahas diatas, orang tua memiliki tanggung jawab yang besar kepada anak anak mereka. Hal ini tidak hanya mencangkup kebutuhan rohani tetapi juga jasmani. Orang tua punya tanggung jawab memelihara anak anak bahkan memberi mereka makan yang terbaik.

6. Imamat 19:30

Ayat 30 : “Kamu harus memelihara hari-hari sabat-Ku dan menghormati tempat kudus-Ku; Akulah TUHAN.

Sebagai orang orang yang sudah disebut sebagai orang tua sudah semestinya memberikan teladan yang terbaik kepada anak muda. Khususnya dalam hal menghormati Allah dan beribadat kepadaNya. Dengan demikian tidak hanya orang tua, tapi semua mencangkup anak muda, anak anak dapat bersama sama memuliakan nama Allah.

7. Amsal 20:29

Ayat 29 : “Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.”

Anak anak muda memiliki hak istimewa dengan kekuatan yang bagus. Mereka bisa melakukan banyak sekali pekerjaan dengan semangat. Meskipun mungkin sekarang Anda sudah tidak muda lagi dan disebut sebagai orang tua, tapi Anda memiliki hak istimewa yang tidak dimiliki oleh anak muda.

Orang tua memiliki pemahaman dan daya pengamatan yang bagus. Hal ini diperlihatkan oleh uban sebagai keindahan dari orang tua. Oleh sebab itu, dalam hal ini anak muda perlu belajar banyak dari mereka yang sudah tua.

8. Amsal 17:6

Ayat 6 : “Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.

Orang tua pasti senang memiliki anak anak dan cucu cucu yang bisa mereka banggakan. Tapi dari ayat ini kita juga tahu bahwa kehormatan yang anak anak dapat ialah karena mereka memiliki orang tua yang hebat, pengajaran dan didikan dari orang tualah yang membuat sukacita seorang anak.

9. Efesus 6:1

Ayat 1 : “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.”

Anak anak memiliki tanggung jawab untuk menghormati orang tua. Ini adalah perintah besar dari TUHAN untuk anak anak lakukan. Sebab orang tua pada dasarnya adalah pahlawan bagi anak anak didunia yang selalu menjaga dan melindungi. TUHAN sangat menghargai orang tua demikian.

10. Ayub 32:7

Ayat 7 : “Pikirku: Biarlah yang sudah lanjut usianya berbicara, dan yang sudah banyak jumlah tahunnya memaparkan hikmat.”

Orang tua memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang banyak hal. Sepanjang kehidupan mereka pasti sudah banyak melalui lika liku kehidupan yang sulit. Untuk bisa berhasil dalam kehidupan, anak muda perlu mendengarkan orang yang lebih tua, nasihat mereka bermanfaat untuk mengembangkan pemahaman dan daya pengamatan untuk kehidupan yang selalu berubah ubah ini.

Baca Juga :

Inilah uraian beberapa ayat alkitab yang berbicara tentang orang tua. Mulai dari prinsip dan tanggung jawab, pemahaman yang lebih mendalam dan hormat yang sudah seharusnya mereka terima. Meskipun sudah lanjut usia, orang tua berharga di mata Allah. Apapun yang mereka lakukan demi kemuliaan Allah, akan mendatangkan sukacita termasuk mendisiplin anak anak di dalam kebenaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel