Cara menjadi WL (Worship Leader) saat ibadah Kristen

WL (Worship Leader) adalah seseorang Pemimpin Pujian dalam sebuah ibadah di Gereja. Untuk menjadi WL diperlukan Keahlian Khusus yaitu bisa bernyayi dan dapat mengajak jemaat memuji Tuhan. Bukan hanya lagu Pujian saja tetapi melakukan Penyembahan juga dengan mengikuti tata cara ibadah di Gereja tersebut.

Untuk menjadi seorang WL dibutuhkan keberanian khusus karena kita berhadapan dengan banyak orang. Bukan hanya berani tetapi kemampuan bernyayi lagu Rohani dalam berbagai versi seperti lagu dengan tempo cepat maupun lambat. Jika sobat baru ditunjuk untuk memimpin pujian dalam sebuah ibadah maka Perlu belajar berulang kali supaya tepat dan kompak dengan Pemain Musik.

Baca Juga : Berawal dari Pelayanan WL di Gereja Tuhan berikan pekerjaan

Disini admin akan bercerita sedikit pengalaman saat menjadi WL pertamakali. Mungkin dengan pengalaman dan Tips saya ini dapat bermanfaat buat sobat sekalian supaya dapat melakukan Pelayanan dengan baik. Sampai sekarang saya masih terjadwal menjadi WL di gereja baik ibadah Umum hari Minggu maupun ibadah Kaum Pria.

Cara menjadi WL (Worship Leader) saat ibadah Kristen

1. Mengikuti Doa Malam

Doa malam di setiap organisasi gereja biasanya dilaksanakan pada jam 19.00 malam. Buat kalian yang sudah menjadi pelayan Tuhan diharapkan mengikuti Doa Malam di Gereja supaya kita dapat belajar melakukan Penyembahan dengan Tuhan. Selain di Gereja kita bisa lakukan Penyembahan di rumah menggunakan Gitar bersama keluarga.

2. Memilih Lagu yang tepat

Pemilihan lagu yang tepat disini saya sarankan sobat melihat situasi dan kondisi jemaat. Bisa juga melihat kalender apakah dibulan tersebut ada perayaan besar seperti Paskah ataupun Natal. Sobat bisa memilih lagu yang sudah dikuasai. Jikapun menggunakan lagu baru maka cukup satu saja supaya tidak ada kesalahan dalam menyayikan lagu tersebut.

3. Menghapalkan Lirik Lagu

Disini terkadang orang terlalu PD bahkan lirik yang disebutkan menjadi salah. Saya adalah orang yang pelupa maka saya menyiasatinya dengan membuat selembar kertas daftar Lirik Lagu Rohani. Saat saya lupa lirik maka cukup melirik sedikit maka tidak ada kesalahan dalam menyayikan lagu. Hati hati jika sobat mengandalkan peralatan Komputer karena ada saatnya Error atau layar Blank.

4. Pelajari tempo Lagu tersebut

Untuk lagu rohani yang biasa kita nyayikan sudah tentu cukup mudah dan sangat mudah di inggat. Lalu bagaimana jika lagu baru pasti terkadang nada atau temponya kita berbenturan dengan musik. Dengarkan lagu tersebut di Youtube secara berulang ulang supaya nadanya bisa kita kuasai. Saat nafas penarikan kata pertama bisa pas dengan musik.

5. Persiapkan Kesehatan

Ini adalah faktor utama saat sobat bertugas menjadi WL. Dengan kesehatan yang baik maka dapat memberikan yang terbaik untuk Tuhan. Istirahatlah yang cukup dan saya biasanya mengkonsumsi Vitamin C (C1000). Jangan makan sayur yang bersantan, minum ES dan makan Gorengan supaya tenggorokan menjadi ringan.

6. PD (Percaya Diri) saat di Mimbar

Banyak WL Pemula tidak PD dan malu malu saat akan memulai ibadah. Serahkan semuanya sama Tuhan dan lemaskan tubuh sobat supaya lebih rileks. Saat Doa akan memulai ibadah bersama petugas lainnya silahkan sobat melakukan penyembahan ringan supaya lebih enjoy. Lakukan Tugas menjadi Pemimpin Pujian dengan sungguh sungguh dan berfikirlah sobat sedang memuliakan Tuhan.

7. Belajar berbicara didepan banyak Orang

Untuk tehnik ini diperlukan waktu jadi jika sobat menjadi WL Pertama Kali pasti kaku. Berbeda jika kita sudah melakukannya berulang kali maka mulut saudara tidak akan diam. Dengan sendirinya sobat akan berkata kata karena tuntunan Roh Kudus. Untuk memulai bisa sobat lakukan di ibadah Pemuda ataupun persekutuan kecil.

8. Perhatikan Tata Ibadah

Wajib sobat ketahui tentang tata ibadah dalam sebuah ibadah. Jika sobat sudah lama bergeraja di tempat tersebut sudah tentu hapal tetapi jangan sampai lengah dan terkadang meloncati satu acara. Fokus dan tenangkan diri saat memimpin pujian. Pikirkan setelah ini sobat akan melakukan apa supaya tidak Blank. Jika sobat pelupa bisa menulis di secarik kertas lalu menempelkannya di atas mimbar.

9. Terus berlatih Vokal

Jangan mudah menyerah untuk belajar Vokal. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan Pelayanan jadi jangan ragu untuk bertanya kepada yang biasa memimpin pujian. Untuk berlatih Vokal sendiri sobat bisa lakukan dengan cara sering berkumpul dengan Pemain Musik. Bila perlu bawa gitar dan seringlah menyayikan lagu Rohani saat berkumpul dengan mereka.

10. Belajar berdoa yang baik dan benar

Setiap Worship Leader wajib bisa berdoa yang baik karena ini adalah Faktor utama bahwa sobat telah melakukan hubungan baik dengan Tuhan. Saat menyayikan lagu Penyembahan dan berbicara bahasa Roh sudah tentu kita harus bisa berkata kata. Kata kata tersebut buatlah seperti saat sobat berdoa maka sobat bisa membawa jemaat untuk bersekutu dengan Tuhan.

11. Perhatikan Jemaat

Saat memimpin Pujian sobat bisa memperhatikan Jemaat. Lihat apakah jemaat bisa menikmati hadirat Tuhan atau tidak. Jika belum masuk bisa menyayikan lagu penyembahannya lagi lebih lama. Gunakan tempo musik untuk mengajak jemaat karena kunci dari keberhasilan Pujian Penyembahan itu dari cara sobat mengajak jemaat.

12. Menguasai Kode Jari untuk Pemain Musik

Ada sekitar enam sapai tujuh kode jari yang perlu sobat Pelajari. Pada artikel berikutnya akan saya bahas jadi buat sobat yang sudah ditunjuk menjadi WL maka wajib menguasainya. Jari telunjuk adalah untuk Awal lagu. Dua jari Telunjuk dan Tenggah untuk Reff lagu. Tiga jari kelingking, jari manis dan jari tenggah adalah untuk mengakhiri lagu. Gengam jari adalah lagu berakhir.

Nah itulah sedikit Tips dan pengalaman saya saat menjadi WL di Gereja. Silahkan sobat Praktekkan dan gunakan mana yang sesuai dan baik. Pelayanan untuk Tuhan bukan hanya masalah Skill tetapi juga hati saudara apakah Sepenuhnya melayani Tuhan atau tidak. Semoga bermanfaat dan terus layani Tuhan sampai akhir hidup kita, Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

500 Daftar lirik Lagu Rohani terbaru 2018 Pujian dan Penyembahan