-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Cara Hidup

Ketika kita memutuskan percaya dan mengikut Kristus, seluruh kehidupan kita diubahkan dan perubahan itu terarah kepada kehendak-Nya termasuk cara hidup kita. Kristus selalu mengkhendaki murid-Nya memiliki cara hidup yang baik dan terlebih dapat mempermuliakan Tuhan dari setiap sisi kehidupan kita.

Untuk mampu menerapkan dan memiliki cara hidup yang baik sesuai yang Kristus inginkan, kita perlu mengintegrasikan Kristus dalam setiap segi kehidupan kita. Setidaknya ada tiga segi kehidupan yang dapat kita pelajari dari kebenaran Firman Tuhan hari ini. Baca Juga: Kaulitas Hidup Orang Percaya

MENGINTEGRITASKAN KRISTUS DALAM SETIAP SEGI KEHIDUPAN
Lukas 16:13

Apa itu mengintegrasikan? Mengintgrasi itu berarti menggabungkan atau menyatukan. Jadi, mengintgrasikan Kristus dalam segi kehidupan ialah mengabungkan atau menyatukan Kristus dalam setiap sisi kehidupanmu. Orang yang tidak mengintegrasiakn kristus dalam kehidupannya adalah orang Kristen yang berkepribadian ganda. Disatu sisi mereka kelihatan rohani, disisi yang lain kelihatan duniawi. Begitu rohani di dalam gereja, begitu duniawi tatkala menjalani kehidupan sehari-hari.

Orang percaya adalah terang dan garam dunia. Terang bukan untuk disembunyikan dan garam bukan untuk disimpan. Kristus harus terlihat dalam setiap sisi kehidupanmu. Baik di gereja atau pun di luar gereja. Orang yang tidak mengenal dan percaya kepada Kristus harus merasakan dampak dari kehadiran Kristus dalam diri kita dari segala aspek. Tiga segi kehidupan yang perlu kita integritaskan dengan Kristus:

I. Dalam Pikiran
- Milikilah pikiran Kristus (Fil. 2:5; 4:8)
    -Ubah pikiran kita dari yang sekuler kepada yang spiritual
    -Ubah pikiran kita dari yang duniawi kepada yang rohani
    -Ubah pikiran kita dari yang dosa kepada yang suci atau kudus
- Mencari pembaharuan rohani (Roma 12:12; Kol. 3:2; Ef 4:22-24)
Apabila pikiran Kristus menjadi pikiran kita, kita akan berpikir mengenai semua situasi kehidupan dalam konteks Kerajaan Allah.

II. Dalam Perkataan
-Milikilah perkataan Kristus (Ef. 4:29; Kol. 3:8,16; Mat. 12:36)
Apabila Tuhan yang sudah memerintahkan mulut kita, maka teguran kitapun akan dibaharui dalam kasih dan perhatian kepada orang yang hendak kita tegur.

III. Dalam Perbuatan
-Milikilah perbuatan Kristus (1 Yoh. 2:6)
Yesus adalah pribadi yang murah hati, tulus, jujur, dan kudus. Dia membenci perbuatan dosa, tetapi mengasihi orang berdosa. Kita diperintahkan agar hidup seperti Yesus hidup. Siapa diri kita di gereja harus menjadi siapa diri kita di tempat lain.

Mari mengintegrasikan Kristus itu dalam pikiran, perkataan dan perbuatan kita. Karena penting bagi kita untuk dapat mengintegrasikan Kristus ke dalam tiga segi kehidupan ini. Ketika ketiganya dapat kita integrasikan dengan Kristus peluang kita untuk memenangkan jiwa bagi Kristus juga lebih banyak. Cara hidup kita di tengah dunia ini menentukan identitas kita sebagai pengikut Kristus. Lirik Lagu: Bagaikan Bejana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel