-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Janji Tuhan

Shalom, salam sejahtera bagi kita semua. Dalam kesempatan ini kita akan kembali belajar kebenaran firman Tuhan dengan tema Janji Tuhan. Pernah tidak anda janji dengan siapapun? Saya sering. Janji dalam pekerjaan seperti rapat, pertemuan-pertemuan penting lainnya dan saya berusaha tepat waktu untuk datang dan hadir pada pertemuan karena saya pikir itu penting. Pernah mengingkari sesekali, misal hanya karena perubahan mood kita sendiri atau kepentingan pribadi, rasa malas ataupun karena keadaan yang mendesak, yang mendadak terjadi sehingga menjadi alasan kita tidak dapat menepati janji.

Ada pepetah lama katakan "Janji adalah hutang", janji tetaplah janji yang harus ditepati/dibayar. Teringat satu tokoh Alkitab yang begitu teguh memegang janji Tuhan pada-Nya ialah Kaleb bin Yefune. Kaleb merupakan salah satu dari dua belas pengintai yang dikirim oleh Musa untuk masuk dan melihat tanah Kanaan, sebelum seluruh umat Israel merebutnya untuk menjadi milik pusaka, sesuai janji Tuhan pada mereka.

HIDUP OPTIMIS
Yosua 14:6-15

Janji Tuhan yang dipegang oleh Kaleb membuatnya optimis dalam menjalani hidup dan melihat satu-per-satu janji Tuhan itu ditepati baginya dan bangsanya . Penting bagi kita umat Tuhan masa kini untuk memiliki hidup optimis, karena dengan begitu kita mampu melihat janji Tuhan bagi kita.
Bagaimana Agar Kita Mampu Hidup Optimis?

I. Memiliki Keberanian (7; 11)

    - Bukti keberanian Kaleb
            - Ikut Mengintai dan ikut berperang
            - Jujur (mengatakan keadaan yang sesungguhnya)
            - Kuat (fisik, mental dan spiritual)

II. Memiliki Komitmen (8; 12)
    - Menjaga ketetapan dan keteguhan hati (Kaleb tetap mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati).
    - Tidak tawar hati, (Kaleb tidak mudah putus asa dengan keadaan)

III. Memegang Janji Tuhan(9 -10)
    - Percaya akan pemeliharaan Tuhan
    - Punya semangat juang yang tinggi

IV. Menikmati Janji Tuhan (13-15)
    - Mendapat Hebron sebagai milik pusakanya
    - Mendapat rasa aman

Apa janji Tuhan pada kita? Berkat damai sejahtera, kehidupan yeng kekal, Sorga mulia dsb. Teruslah pegang janji Tuhan itu dalam hidupmu percayalah pada-Nya maka Ia akan bertindak (Mzm 37:5). Seperti yang terjadi pada Kaleb, Tuhan tidak pernah ingkar janji, asal kita setia dan mengikuti-Nya dengan sepenuh hati. Tuhan Yesus Memberkati. Amin. Lihat juga: JanjiMu Seperti Fajar Pagi Hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel