-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Gelar Sang Mesias

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi dengan bahan khotbah Kristen dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang “Gelar Sang Mesias”. Bagi sebagian orang gelar yang disematkan pada suatu oknum atau pribadi itu menjadi hal yang penting, ini bukan tanpa alasan atau untuk menunjukan keakuan diri namun lebih mengacu pada bukti kapabilitas pribadi oknum tersebut. Untuk mendapatkan suatu gelar apapun itu, pasti tidak mudah, dibutuhkan keselarasan antara kemampuan dengan gelar yang disandangkan. Baca Juga: Sukacita Natal, Harapan Bagi Yang Putus Asa

Jauh sebelum kelahiran-Nya, sudah dinubuatkan oleh nabi Yesaya bahwa akan lahir untuk kita, seorang putera dimana lambang pemerintahan ada di atas bahunya dan disertai gelar-gelar yang luar biasa yang menjadikannya layak menjadi Mesias yang dijanjikan Allah, Dialah Yesus sang Mesias itu. Dalam bahan khotbah ini kita akan membahas gelar sang Mesias itu, menurut nubuatan Yesaya.

GELAR SANG MESIAS
Yesaya 9:5-6

I. Penasehat Ajaib

    - Penasehat
        * Mengenal dekat nasehat-nasehat Allah sejak kekekalan
        * Melalui Dialah Allah telah memberi kita nasehat (Mzm. 16:7; Why 3:18)
        * Dia adalah hikmat Bapa
        * Yesus unggul, tidak ada yang mengajar seperti Dia
    - Ajaib
        * Dalam kelahiran, kehidupan, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya, Ia ajaib.
        * Ia adalah Allah sekaligus manusia.
        * Kasih-Nya ajaib dan membuat takjub malaikat dan orang-orang kudus yang sudah dimuliakan
        * Serangkaian keajaiban terus-menerus menyertai Dia

II. Allah yang Perkasa
    - Seperti halnya Ia mempunyai hikmat, demikian pula Ia mempunyai Kuasa
    - Yesus sanggup menyelamatkan sampai tuntas.
    - Sebagai Juruselamat pekerjaan-Nya ialah Pengantara, diperlukan kuasa Allah yang perkasa untuk             menyelesaikannya.

III. Bapa yang Kekal
    - Sang Mesias adalah Allah, satu dengan Bapa, berasal dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.
    - Dia adalah pencipta kehidupan
    - Karya penebuasan atau karya terbesar Allah itu adalah hasil dari hikmat-Nya sebagai penasehat, dari         kasih-Nya sebagai Bapa yang Kekal

IV. Raja Damai
    - Pembawa Damai
    - Menjaga kedamaian
    - Memerintahkan kedamaian
    - Menciptakan kedamaian, di dalam kerajaan-Nya
    - Dia adalah damai sejahtera kita
    - Damai-Nyalah yang menjaga hati umat-Nya
    - Damai itu bertahan hingga kekekalan

Keempat gelar inilah yang disematkan oleh nabi Yesaya kepada sang Mesias yang akan lahir itu. begitu luar biasa gelar yang disematkan pada nama Yesus ini yang menunjukan potensi Anak Tunggal Allah yang akan menyelesaikan permasalahan dosa. Setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melaikan beroleh hidup yang kekal. Allah yang adalah sumber hikmat itu melalui Yesus Kristus menjadi penasehat bagi umat-Nya. Keperkasaan adan kekuasaan-Nya dutunjukan-Nya sebagai bukti tanggung jawabnya terhadap umat kesayangan-Nya. Dia kekal karena Dia sudah ada dari kekekalan bersama-sama dengan Bapa. Sebagai raja damai lambang pemerintahan ada pada-Nya, pemerintahan yang dipimpi-Nya akan menjadi pemerintahan yang penuh damai dan keamanan serta keadilan akan tercipta dalam kepemimpianan-Nya. Inilah kapabelitas yang dimiliki Yesus daru Gelar Sang Mesias. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel