-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Sukacita Natal

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi dengan bahan khotbah Kristen dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang “Sukacita Natal”. Kata “natal” berasal dari ungkapan bahasa Latin Dias Natalis (hari lahir). Dalam bahasa inggris biasa disebut Christmas, dari istilah kuno Cristes Maesse (1038) atau Cristes messe (1131), yang berarti Misa Kristus. Sedangkan natal dalam bahasa Portugis yang berarti kelahiran. Ringkasnya Natal merupakan hari raya bagi orang Kristen untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Baca Juga: Belajar Dari Orang Majus, Harapan Bagi Yang Putus Asa

Mengenai kelahiran Mesias itu, terdapat sukacita yang luar biasa disana. Kelahiran Yesus menimbulkan dan membawa sukacita dimana-mana. Sukacita itu ada di dalam perkenanan Allah dan tanda-tanda anugerah-Nya. “Perhatikanlah injil, ketikadarang dalam terang dan kuasanya, membawa serta sukacita dan orang-orang yang menerimannya dengan benar akan sunguh-sungguh bersukacita di dalamnya, bahkan akan sersorak-sorai. Oleh karena itulah pertobatan bangsa-bangsa dinubuatkan dengan hal ini (Mzm 67:5), kiranya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai (Mzm 67:11). Dalam nubuatan Yesaya pun telah disampaikan kepada umat Israel bahwa kelahiran Mesias itu akan membawa sukacita. Sukacita seperti apa yang ditimbuklan oleh kelahiran Yesus?

SUKACITA NATAL
Yesaya 9:2-3


I. Itu adalah sukacita yang besar (2)
    - Kelahiran Yesus menimbulkan banyak sorak-sorak
    - Sukacita itu seperti sukacita waktu panen (Kis. 8:8,39)
    - Sukacita itu seperti suatu bangsa yang menang perang lalu membagi-bagi jarahannya
    
II. Itu adalah sukacita yang kudus (2b)
    - Mereka bersukacita di hadapan-Mu.
    - Mereka bersukacita di dalam roh (Seperti Kristus (Luk. 10:21) dan itu dihadapan Allah

III. Sukacita itu tentang kebebasan dan kelegaan yang mulia (3)
    - Sebab kuk yang menekannya Kupatahkan
        * Yesus membuatnya ringan
        * Karena manusia tidak lagi berada dalam perbudakan dosa
    - Sebab gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kupatahkan
        * Kuasa Iblis dikalahkan, Allah yang telah memberikan kemenangan kepada kita oleh Yesus                             Kristus. (1 Kor. 15:54-57)
        * Terang itu akan membawa serta kebebasan, pembebasan kepada orang-orang tawanan (Luk.                     4:19)

Kelahiran Yesus sungguh memberi makna sukacita yang begitu besar bagi dunia ini. Inilah karya terbersar yang Allah lakukan untuk memberikan sukacita dan damai sejahtera yang besar bagi umat kesayangan-Nya. Biarlah dalam setiap moment natal yang kita selalu rayakan di 25 Desember menjadikan kita orang-orang yang menikmati sukacita natal atau sukacita atas kelahiran Yesus itu. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel