10 Ayat Alkitab tentang ROH KUDUS

Sebagian besar dari ayat alkitab menyebutkan tentang Roh Kudus. Apa itu Roh Kudus? Apa fungsinya? Dan apa kaitannya dengan  Kekristenan? Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas dibenak saudara. Banyak ilmuwan, filsafat dan tokoh terkenal pun mencari tahu. Tapi, jawaban yang paling akurat adalah dari Firman TUHAN itu sendiri.

Para hamba Allah yang setia yang dicatat di dalam alkitab pernah meminta bimbingan dari Roh Kudus Allah untuk bisa bertekun. Bahkan dalam catatan yang terilham tersebut Anda akan mendapati ketika Murid Yesus dapat berbahasa roh. Apa maksudnya ini?Ada yang menyebutkan Roh kudus adalah suatu pribadi, yang lagi adalah tenaga.

Daripada hanya sekedar menebak nebak berdasarkan pendapat manusia, alangkah lebih baik untuk Anda mencari tahu berdasarkan alkitab sendiri. Dengan merenungkan dan mencoba memahami beberapa ayat alkitab berikut, Anda akan bisa menyimpulkan sendiri terkait apa Roh Kudus itu berdasarkan sudut pandang alkitab. Silahkan disimak.

Ayat Alkitab tentang ROH KUDUS

1. Mazmur 104:30

Ayat 30 : “Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.

Mazmur ini meneguhkan kebenaran bahwa roh kudus adalah kuasa Allah yang sedang bekerja sebagai tenaga aktifnya. Allah bisa mengirim rohNya dengan cara apa saja dan kemana saja untuk melaksanakan semua kehendakNya termasuk menciptakan bola bumi.

2. Mikha 3:8

Ayat 8 : “Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya.”

Roh kudus adalah kuasa Allah atau kekuatan dengan keadilan dan keperkasaan. Allah menggunakan Roh kudus Nya ini untuk menyelesaikan ketidakadilbenaran dan memberitahukan apa yang diperintahkan kepadanya untuk lakukan.

3. Kejadian 1:2

Ayat 2 : “Bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

Pada mulanya, sebelum bumi diciptakan dengan segala sesuatu di dalamnya. Kondisi bumi kosong dan gelap gulita. Tetapi ada Roh Allah yang melayang layang diatas permukaan air. Hal ini bisa memaksudkan tenaga aktif Allah atau Roh Kudus. Ini seperti sesuatu yang tidak keliatan yang dapat menghasilkan sesuatu yang kelihatan. Demikian pula Roh Allah adalah seperti angin yang tidak kelihatan, non materi dan memiliki kuasa penuh.

4. Mazmur 8:3

Ayat 3 : “Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan

Ayat alkitab ini menyebutkan bahwa Roh kudus Allah adalah tangan atau jari Allah. Maka, dapat diumpamakan seperti seorang pengrajin yang menggunakan jari dan tangannya untuk bekerja atau menyelesaikan sesuatu. Maka, Allah juga menggunakan roh kudusnya untuk menghasilkan alam semesta.

5. Lukas 11:13

Ayat 13 : “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Seperti yang kita tahu tangan sang pengrajin yang disebutkan sebelumnya tidak bisa bekerja sendirian apabila tidak ada tubuh dan pikirannya. Demikian pula roh kudus Allah hanya bisa bekerja jika Allah mengendalikannya. Jika kita meminta kuasa kudus kepada Allah, Ia bisa memberikannya kepada kita.

6. Kisah Para Rasul 7:55

Ayat 55 : “Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah.”

Kisah Stefanus memberi tahu kita tentang kebenaran roh kudus. Sewaktu dia secara mukjizat mendapatkan penglihatan tentang surga, ia kemudian melihat dua pribadi bukan tiga pribadi. Alkitab mengatakan bahwa Stefanus dipenuhi dengan roh kudus.

Dia melihat kemuliaan Allah dan Yesus di disebelah kananNya. Maka, kita bisa tahu bahwa Roh Kudus adalah kuasa Allah yang membuat stefanus bisa menyaksikan suatu penglihatan yang menakjubkan itu.

7. Matius 28:19

Ayat 19 : “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

Ayat alkitab seringkali menggunakan kata “nama” untuk memperlihatkan adanya kewenangan dan kekuasaan. Maksud dalam nama Roh Kudus di ayat ini adalah bahwa seseorang yang dibaptis mengakui adanya kekuasaan dan peranan roh kudus yang besar dalam melaksanakan kehendak Allah.

8. Lukas 4:18

Ayat 18 : “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku.”

Allah menggunakan roh kudus untuk membimbing dan menghasilkan mukjizat yang dilakukan oleh hamba hamba Allah di jaman dulu. Allah juga membuat penginjilan akan kabar baik kerajaan Allah yang mereka lakukan menjadi semangat. Ini semua karena Allah mengendalikan roh kudusnya.

9. 2 Petrus 1:20,21

Ayat 20 dan 21 : “Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

Meskipun alkitab ditulis oleh manusia, tapi isinya bukanlah dari pikiran manusia. Para penulis alkitab dibimbing oleh kuasa kudus dan berbicara atas nama Allah. Dengan Roh kudus para penulis bisa tahu sudut pandang Allah mungkin dengan berbagai cara seperti mimpi, penglihatan, atau Allah berbicara secara langsung kepada mereka.

10. Yohanes 4:24

Ayat 24 : “Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Allah adalah roh yang tidak kelihatan. Maka untuk bisa beriman kepada Allah, kita tidak bisa hanya percaya pada yang kelihatan saja. Kita perlu percaya akan kuasa kudus Allah yang bisa kita rasakan seperti halnya hikmat dan pertolongan yang Allah berikan, bukan tentang apa yang kita lihat secara kasat mata.

Baca Juga :

Inilah beberapa ayat alkitab yang menyebutkan tentang Roh Kudus. Dari berbagai situasi yang disebutkan, Anda bisa dimerdekakan dari berbagai opini manusia yang berbeda satu sama lain. Sebab kebenaran hanya ada di dalam alkitab. Tetaplah baca dan renungkan, sebagai bekal pengetahuan terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel