10 Ayat Alkitab tentang Rendah Hati

Rendah hati adalah salah satu sifat yang sangat penting. Sifat ini memungkinkan seseorang untuk tidak iri hati dan meremehkan orang lain. TUHAN menyukai orang orang yang demikian. Hal ini dibuktikan dari banyaknya contoh dan prinsip ayat alkitab tentang kerendahan hati. Dengan rendah hati, sifat sifat baik lainnya pun secara tidak sadar dapat dikembangkan.

Ada banyak kondisi buruk yang mungkin membuat kita sulit untuk menunjukkan kerendahan hati. Karena kita adalah manusia yang tidak sempurna, kita tidak bisa mengembangkan sikap baik itu secara sempurna. Tapi, yakinlah bahwa kita semua bisa berupaya untuk menerapkannya dalam kehidupan kita.

Rendah hati yang dimaksud bukanlah sifat dengan perasaan bahwa diri tidak berguna dibandingkan dengan orang lain. Tapi sifat baik ini mencangkup mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingan kita sendiri. Rendah hati adalah sifat yang berlawanan dengan kesombongan. Nah, untuk lebih mengerti cobalah simak ayat alkitab berikut ini :

Ayat Alkitab tentang Rendah Hati

1. Yakobus 4:6

Ayat 6 : “Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Ayat pertama ini meneguhkan pandangan Allah terhadap orang yang sombong dan rendah hati. Karena kasih karunia Allah yang begitu besar, tidak sepantasnya manusia menjadi sombong. Semua yang baik termasuk kemampuan yang kita miliki adalah karena Allah memberikannya. Oleh sebab itu Allah menentang orang sombong dan mengasihani mereka yang rendah hati.

2. Mazmur 19:13

Ayat 13 : “Lindungilah hamba-Mu, juga terhadap orang yang kurang ajar; janganlah mereka menguasai aku! Maka aku menjadi tak bercela dan bebas dari pelanggaran besar.”

Hamba Allah, Daud pernah memohon kepada Allah untuk menjauhkan dirinya dari perbuatan yang kurang ajar. Apa artinya bertindak kurang ajar ini? Ini memaksudkan segala sesuatu yang tidak boleh dilakukan, kemungkinan karena tidak sabar dan sombong. Karena kita tidak sempurna, hamba Allah yang setia pun bisa bertindak lancang.

3. Amsal 13:10

Ayat 10 : “Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasihat mempunyai hikmat.

Jika kita bertindak sombong, ini menunjukkan kalau kita tidak menghormati Allah sebagai penguasa kita. Malahan segala sesuatu yang kita lakukan dengan tinggi hati hasilnya buruk bahkan pertengkaran dengan orang lain. Agar tidak demikian kita perlu mendengarkan nasihat dari alkitab sebagai hikmat yang unggul.

4. Lukas 14:8,9

Ayat 8 dan 9 : “Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu, supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah.”

Ayat alkitab akurat dan dapat dipercaya. Kata katanya merupakan pembimbing yang bisa diandalkan. Misalnya dalam hal kesombongan, Firman TUHAN memperingatkan akibatnya. Dalam ayat ini kalau orang lain tahu kita bertindak sombong, nanti kita bisa malu bahkan diejek orang. Oleh sebab itulah Allah ingin kita agar rendah hati.

5. Filipi 2:3

Ayat 3 : “dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;”

Orang kristen yang rendah hati tidak akan membiarkan sikap sombong berkembang dalam diri mereka. Orang yang rendah hati akan menganggap orang lain lebih tinggi dibandingkan dengan dirinya sendiri. Dia menyadari bahwa kemampuannya itu terbatas, ia mau mengakui kesalahannya dan mendengarkan pendapat orang lain serta belajar dari mereka.

6. Ibrani 6:10

Ayat 10 : “Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.”

Allah tidak pernah meminta lebih dari hamba hambaNysa selain apa yang sanggup untuk kita berikan. Sebaliknya Allah senang dengan apapun yang bisa kita lakukan untukNya. Termasuk berupaya untuk berlaku rendah hati kepada semua orang sebagai orang orang yang Allah perkenan.

7. Roma 12:10

Ayat 10 : “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Orang yang rendah hati akan menghargai orang lain dan dengan senang hati membantu mereka. Dia menyadari bahwa Allah tidak hanya menggunakan dirinya untuk mengasihi orang lain tetapi orang lain juga. Demikianlah Allah memerintahkan untuk saling mendahului dalam memberikan hormat.

8. Mikha 6:8

Ayat 8 : “Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu : selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?

Allah ingin umatNya memiliki sikap yang bersahaja dan rendah hati dalam berbagai situasi. Misalnya, ia akan rendah hati mencari bimbingan dan bantuan dari Allah serta tidak berpegang pada pengertiannya sendiri. Ia juga akan memikirkan dengan sungguh sungguh pandangan Allah terhadap suatu hal. Karena orang yang rendah hati sadar, manusia tidak bisa melangkah sendiri.

9. Roma 12:3

Ayat 3 : “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku,  aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.”

Orang yang sombong adalah mereka yang menganggap diri mereka hebat dan lebih tinggi dari orang lainnya. Tapi sebaliknya orang yang rendah hati akan mementingkan kepentingan orang lain. Dengan berlaku rendah hati, kita akan memiliki iman sebagai karunia yang Allah berikan untuk kita masing masing.

10. Wahyu 4:11

Ayat 11 : “Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan.

Orang yang rendah hati akan menyadari bahwa hanya Allah lah yang layak menerima semua pujian dan kuasa. Sebab oleh karena Dia, semua ada dan diciptakan. Apabila kita rendah hati, kita bisa yakin bahwa apapun yang kita lakukan untuk Allah akan membuat kita bersukacota dan bahagia.

Baca Juga :

Inilah Firman TUHAN yang mengatakan tentang kerendahan hati. Dengan mencoba memahaminya, Anda akan mendapatkan tips dan cara paling ampuh menunjukkan kerendahan hati kepada orang lain dan yang terutama adalah kepada TUHAN. Nasihat yang alkitab berikan adalah yang terbaik. Dengan berusaha sebisanya mengembangkan sikap baik, hidup kita akan lebih baik dan diberkati oleh Allah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel