-->

10 Ayat Alkitab tentang Musik di Gereja

Pujian yang kita berikan untuk TUHAN adalah termasuk dalam ibadat kita kepadaNya. Sewaktu kita bernyanyi ini menunjukkan adanya kebahagiaan dan sukacita yang diungkapkan dalam sebuah lagu. Musik yang mengiringinya pun dapat mendukung adanya hikmat dan ekspresi untuk memuliakan TUHAN. Bahkan beberapa dari ayat alkitab juga menandaskan pentingnya musik di dalam Gereja.

Lagu lagu rohani yang disenandungkan pun bukanlah alunan lagu sembarangan. Kebanyakan lagu rohani pujian dan penyembahan diambil dari ayat ayat alkitab loh. Tentu saja isinya bisa sangat menyentuh hati dan menguatkan iman. Ditambah lagi dengan alunan alat musik seperti gitar, piano, drum dll yang turut memeriahkan.

Musik akan semakin bermakna dan indah apabila disertai dengan tarian atau tamborin. Mari kita lihat apa saja yang alkitab katakan tentang musik supaya kita punya cara pandang yang benar juga tentang musik, nyanyian dan tarian tersebut. Selengkapnya mari kita perhatikan.

Ayat Alkitab tentang Musik di Gereja

1. Kisah Para Rasul 16:25

Ayat 25 : “Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.

Teladan Paulus dan Silas bisa kita contoh sebagai teladan untuk kita. Paulus dan Silas terus bernyanyi memuji Allah sewaktu ia berada di dalam penjara. Hal ini membuktikan bahwa mereka beriman akan bantuan Allah. Dan bahwa dengan bernyanyi memuji Allah bisa menguatkan mereka untuk terus bertekun.

2. Mazmur 28:7

Ayat 7 : “TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.

Lagu lagu rohani bisa membantu kita untuk semangat disaat hati dan pikiran kita sedang gundah. Kita akan dikuatkan dan yakin bahwa Hanya TUHAN lah sumber kekuatan. Oleh sebab itu, mengucapkan rasa syukur dengan sukacita melalui nyanyian bisa membuat kita lebih tenang.

3. Mazmur 147:1

Ayat 1 : “Haleluya! Sungguh, bermazmur bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji itu.

Setiap kata kata dalam lagu pujian adalah untuk memuliakan Allah. Maka, dari situ juga kita bisa semakin yakin dan merasakan bahwa Allah itu baik dan layak untuk menerima semua puji dan syukur.

4. Matius 26:30

Ayat 30 : “Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.

Di Zaman Yesus, musik menjadi bagian yang penting dalam ibadah kepada Allah. Hal ini diperlihatkan di malam perjamuan malam Tuan yakni malam sebelum kematian Yesus. Yesus dan murid muridnya menyanyikan pujian untuk Allah yang merupakan bagian dari ibadat yang sejati.

5. Kolose 3:16

Ayat 16 : “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Orang orang kristen di masa awal bisa menjadi teladan untuk orang kristen dewasa ini dalam hal memuji Allah melalui musik dan nyanyian. Berbeda dengan orang orang Israel yang bisa beribadat di Bait, mereka hanya menjalankan ibadah di rumah rumah. Namun, sewaktu beribadah, mereka memperlihatkan semangat dengan bernyanyi.

6. Yesaya 24:14

Ayat 14 : “Dengan suara nyaring mereka bersorak-sorai, demi kemegahan TUHAN, mereka memekik dari sebelah barat:

Kita bisa perhatikan frase bernyanyi dengan sorak sorai dan nyaring. Dengan menyanyikan sebuah lagu pujian dengan lantang dan tanpa ragu, maka nyanyian akan terdengar lebih kuat yang memperlihatkan semangat untuk memuliakan nama Allah.

7. Ibrani 10:24

Ayat 24 : “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Lagu lagu rohani juga bisa membantu kita untuk mengungkapkan perasaan kita kepada Allah. Dari lagu dan musik tersebut kita bisa saling menunjukkan kasih dan kebaikan kepada orang lain yang bersama sama bernyanyi bersama kita.

8. Yesaya 12:5

Ayat 5 : “Bermazmurlah bagi TUHAN, sebab perbuatan-Nya mulia; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi!

Kita perlu ingat bahwa bernyanyi merupakan salah satu bagian yang penting dalam ibadat kita kepada Allah. Dengan nyanyian dan pujian menunjukkan secara nyata bahwa kita sungguh sungguh menyayangi Allah dan bersyukur akan semua berkatyang telah Dia berikan untuk kita.

9. Mazmur 96:1

Ayat 1 : “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!

Semua orang baik anak muda, anak anak kecil, orang tua, lansia memiliki kesempatan untuk memuji Allah dengan bernyanyi. Dengan bersama sama memuji Allah, tidak hanya akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah tetapi juga kepada sesama kita.

10. 1 Tawarikh 23:5

Ayat 5 : “empat ribu orang menjadi penunggu pintu gerbang; dan empat ribu orang menjadi pemuji TUHAN dengan alat-alat musik yang telah kubuat untuk melagukan puji-pujian, kata Daud.”

Pada saat daud mempersiapkan pembangunan Bait, dia mulai mengatur semuanya. Mulai dari 4.000 orang lewi yang akan memuji Yehuwa melalui musik. Diantara mereka itu ada setidaknya 288 orang yang sudah terlatih untuk bernyanyi bagi Allah. Maka hal ini menunjukkan dari dulu sampai sekarang, umat Allah yang berbakti memuji Allah melalui musik.

Uraian diatas adalah beberapa ayat alkitab terkenal yang kemungkinan sudah seringkali Anda dengar. Ayat ayat ini bisa menjadi motivasi terbaik untuk memupuk rasa keinginan untuk memuliakan TUHAN dengan bakat dan talenta yang kita miliki. Dengan lagu dan musik ini juga merupakan cara kita untuk mempersembahkan rasa syukur atas kebaikan dan kemurahan hati TUHAN disepanjang hidup kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel