-->

Khotbah Kristen tentang Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana keberadaan Indonesia sebagai suatu negara jajahan telah dibebaskan atau mendapat kemerdekaan. 2000 tahun yang lalu ada moment bersejarah juga bagi umat Allah, dimana Kristus mati sekali untuk menebus hidup manusia dari perbudakan dosa (Roma 3:23; Roma 6:23)

Ibrani 9:28 "demikian pula Kristus hanya satu kali sja mengorbankan diri-Nya untuk menggung dosa banyak orang...."

Makna Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!

Hidup sebagai orang merdeka tentu berbeda dengan hidup dalam jajahan. Dalam KBBI Kemerdekaan adalah bebes, tidak terikat, dan lepas dari tuntutan. Pengorbanan sekali Kristus di kayu salib itu sudah cukup menjadi jaminan kemerdekaan. Sekali seseorang menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, dia disebut orang merdeka, tidak lagi terikat dan lepas dari tuntudan maut.

Ciri Hidup Orang Merdeka

1. Memiliki Kepastian (Galatia 5:1)

Kristus telah memerdekakan kita, karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. Kita adalah orang-orang yang telah dibebaskan dari perbudakan dosa. Yakinlah bahwa pengorbanan Kristus adalah jaminan kepastian hidup kekal.

2. Memiliki Kebebasan (Galatia 5:13)

Ayat ini memperingatkan pada kita bagaimana kita dapat mempergunakan kemerdekaan yang Kristus beri dengan hidup melayani.Kebebasan yang kita peroleh, kita pergunakan untuk melayani sesama dengan kasih.

Oleh sebab itu, kematian Kristus sekali di kayu salib sudah cukup memberikan kepastian dan membebaskan kita dari kuasa maut. Sehingga kita mampu mengatakan Sekali Merdeka, Tetap Merdeka! Bukti kita telah diselamatkan kita mampu melayani dengan kasih bagi sesama kita. Karena di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang masih terbelenggu dan terjajah oleh dosa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel