-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Generasi Hidup Benar

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi dengan bahan khotbah Kristen dan dalam kesempatan kali ini kita akan belajar tentang “Generasi Hidup Benar”. Benar itu pasti tujuannya untuk kebaikan, tetapi baik belum tentu benar. Mengapa bisa demikian? Teringat kisah Robin Hood yang melagenda sebagai seorang pencuri yang mengambil harta orang kaya untuk diberikan kepada kaum miskin. Orang-orang kemudian merasa tidakan baik yang dilakukan Robin ini sah-sah karena harta orang-orang kaya itu di dapat dari kejahatan dan kelicikan mereka dan juga hasil curian ini untuk menolong orang-orang miskin, tanpa disadari bahwa tindakan mencuri adalah salah dan tidak dibenarkan. Baca Juga: Hidup Sebagai Anak-anak Terang

Tuhan menghendaki semua umat-Nya hidup dalam kebenaran, karena kebenaran tidak akan menghianatimu, kebenaran akan selalu menjadi penopang, walaupun ada orang-orang yang berusaha menjatuhkanmu. Sekecil apapun kebaikan yang ditimbulkan dari kebenaran yang ada padamu tidak akan menjerumuskan kedalam maut. Kemudian melalui firman Tuhan ini kita akan belajar ciri-ciri hidup orang benar.

GENERASI HIDUP BENAR
Amsal 10:28-32


I. Memiliki harapan (28)
    - Manjadi sukacita
    - Tuhan adalah harapan sejati
    - tidak pernah dikecewakan
    - tidak putus asa

II. Memiliki Kepastian Hidup (30)
    - Tuhan yang menjamin
    - Tuhan yang memelihara
    - Dasar kepastian itu firman Tuhan
        - Kasih Karunia/keselamatan
        - Berkat
        - Kesuksesan
        - janji-janji Allah yang lainnya bagi umat-Nya

III. Menjaga lisan (31-32)
    - Mulut orang benar mengeluarkan hikmat
    - memperkatakan yang menyenangkan/ sedap didengar
    - Beretika dalam komunikasinya
    - Memiliki sopan santun dalam perkataannya

Amsal menyampaikan bahwa generasi hidup benar itu selalu memiliki harapan, selalu bersukacita dan bersyukur karena Tuhan yang memampukan, yang memberi kekuatan sehingga mampu menopang setiap masalah dan tantangan dalam hidupmu. Dengan penuh kepercayaan kita terus memiliki kepastian di dalam Tuhan. Kepastian itu berupa keselamatan, berkat, dan janji penyertaan-Nya yang tak ada habisnya. Dan ciri yang paling terlihat ialah dari tutur kata di mana generasi hidup benar selalu mengeluarkan hikmat dari ucapannya karena sumber kebenaran itu ialah Allah yang memberikan hikmat dan pengetahuan.Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel