10 Ayat Alkitab tentang DOA

Doa menjadi sarana penting untuk kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan. Melalui doa kita bisa leluasa berbicara kepada Tuhan seperti mengucapkan rasa syukur terima kasih, memohon perlindungan, bimbingan dan lain sebagainya. Lalu apa kata Alkitab tentang doa? Banyak ayat alkitab mengaitkan pentingnya doa dalam kehidupan kita.

Seperti persahabatan yang tercipta karena komunikasi yang rutin. Dengan berdoa ini bisa membuat hubungan kita dengan sang pencipta semakin dekat. Sewaktu kita berdoa kita mungkin akan menyampaikan harapan kita, selanjutnya iman kita semakin dikuatkan ketika ada pengabulan doa. Bagaimana perasaan Anda?

Nah, berdoa ketika akan tidur, bangun tidur, makan dan ibadah itu tidak cukup. Untuk semakin dekat kepada Tuhan kita harus menyisakan waktu untuk berdoa pribadi kepadanya. Karena kekuatan doa bisa menyembuhkan hati yang remuk dan tertekan serta memiliki banyak manfaat lainnya. Ingin tahu? Mari kita simak ayat –ayat alkitab yang membahas tentang doa di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang DOA

1. Efesus 6:18

Ayat 18 : “Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam roh dan berjaga jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus –putusnya untuk segala orang kudus.”

Ayat ini menandaskan pentingnya berdoa sesering mungkin dan lakukan permohonan, lalu jagalah itu sebagai harapan kita kepada Tuhan. Bimbingan roh kudus yang kita butuhkan akan berlimpah seraya kita terus meminta dengan tulus dalam DOA.

2. Yakobus 5:13

Ayat 13 : “Kalau ada seorang diantara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi.”

DOA bisa menjadi alat bantu kita yang ampuh pada saat mengalami penderitaan. Dengan berdoa, kita akan merasa tidak sendiri di dunia ini, meskipun ada banyak orang yang meninggalkan kita tapi satu Pribadi diatas meminta kita untuk berdoa kepada-Nya.

3. Matius 5:44

Ayat 44 : “Tetapi aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.”

Kasih adalah ciri orang kristen sejati. Bahkan bukan hanya kepada rekan keluarga, sahabat atau kerabat tetapi juga kepada musuh kita. Di matius 5:44 kita dianjurkan untuk berdoa untuk mereka. Dengan berdoa ini berarti kita memiliki kasih dan bersandar kepada Tuhan sepenuhnya.

4. Matius 16:41

Ayat 41 : “Berjaga jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Kita adalah manusia yang tidak sempurna dan memiliki kecenderungan dan niat hati yang buruk. Supaya kita tidak jatuh dalam pencobaan, doa menjadi faktor utama untuk kuat dalam iman, dengan doa kita bisa menjaga tubuh kita yang lemah untuk tidak melakukan hal –hal yang Tuhan benci.

5. Amsal 15:8

Ayat 8 : “Korban orang fasik adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi doa orang jujur dikenan-Nya.”

Tidak semua doa diperkenan oleh Tuhan. Doa yang baik dikatakan adalah doa yang jujur, ini berarti doa kita harus selaras dengan perlakuan atau tindakan sehari –hari. Jika kita dengan tulus berdoa kepada Allah, kita dapat yakin bahwa Dia mendengar dan mau menjawab doa kita.

6. Roma 12:12

Ayat 12 : “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa!

Kita bisa bersukacita dalam pelayanan kita kepada Tuhan kalau kita memiliki pengharapan, bersabar dan bertekun dalam doa. Doa sekali lagi menjadi unsur yang sangat penting supaya kita bisa tetap menempuh jalan hidup yang baik.

7. Mazmur 145:18

Ayat 18 : “Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya.”

Melalui ayat ini kita bisa dikuatkan ketika mengalami kesulitan sebab dikatakan TUHAN dekat kepada mereka yang berseru kepada-Nya. Maka kita tidak perlu ragu untuk membuat permohonan tulus kepada-Nya. Dengan berdoa kita diyakinkan untuk menjalin persahabatan yang akrab dengan pencipta kita.

8. Markus 11:24

Ayat 24 : “Karena itu Aku berkata kepadamu : apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.”

Satu hal penting yang ditandaskan dalam ayat ini yakni percaya. Yakin dan beriman adalah kunci utama dalam berdoa. Bagaimana Tuhan akan mengabulkan doa yang kita panjatkan, apabila kita tidak percaya pada-Nya? Maka, kita perlu yakin dan terus percaya.

9. Amsal 3:5-6

Ayat 5-6 : “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka ia akan meluruskan jalanmu.”

Bagaimana supaya kita bisa percaya kepada TUHAN dengan segenap hati dan pikiran? Tentu saja dengan mengandalkan Dia dalam sgala aktivitas kehidupan kita, berdoa adalah salah satu sarana yang membuktikan bahwa kita mengandalkan Allah. Selanjutnya kita bisa yakin semua jalan kita akan baik dan lurus oleh karena kita percaya kepada-Nya.

10. Yohanes 14:13-14

Ayat 13-14 : “Dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Bumi dan segala isinya adalah milik TUHAN. Apa yang kita butuhkan, Tuhan tidak pernah menahan hal baik, jika kita meminta sesuatu kepada-Nya dengan nama-Nya melalui doa, Ia pasti memberikannya.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah deretan ayat ayat alkitab yang memungkinkan kita bisa memperoleh ketenangan dan ketentraman karena berdoa. Doa juga memiliki kuasa yang begitu besar. Dengan demikian doa bisa dikatakan sebagai kekuatan utama untuk orang kristen bisa menghadapi hidup yang berubah ubah ini.

Semoga dengan membaca dan merenungkan ayat –ayat ini bisa menguatkan tekad kita masing masing untuk memberikan berupa persembahan doa terbaik dan tulus dari hati kita. Hingga pada akhirnya kita bisa yakin sepenuhnya bahwa persahabatan dengan Tuhan adalah lebih baik dari apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel