10 Ayat Alkitab tentang Keluarga

Setiap orang merupakan anggota dari sebuah keluarga di dunia. Ia dapat berperan sebagai orang tua, anak, kakak, adik, suami atau istri. Di dalam keluarga ada perlindungan, kasih sayang dan persaudaraan yang lebih penting dari apapun. Tuhan sebagai penyelenggara keluarga pun ingin semua keluarga bisa bahagia. Ada banyak ayat Alkitab yang membahas tentang keluarga.

Dalam perjalanan hidup pun kita akan mengalami yang namanya perubahan peran. Dahulu, kita menjadi anak –anak, selanjutnya kita menjadi dewasa dan akhirnya menjadi suami istri dan orang tua. Meskipun demikian, apapun peran kita dalam sebuah keluarga, kita memiliki tanggung jawab yang perlu kita lakukan dalam keluarga kristen yang baik.

Keluarga kristen menerapkan apa yang Alkitab katakan dalam kehidupan. Ayat Alkitab bisa menjadi kata bijak, kata mutiara, kata penghiburan terbaik tentang keluarga. Mau tahu apa saja ayat Alkitab tentang keluarga? Mari kita simak uraian singkat di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Keluarga

1. Efesus 6:1-4

Ayat 1 : “Hai anak –anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, Karena haruslah demikian.”

Ayat 2 : “Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini.”

Ayat 3 : “Supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.”

Ayat 4 : “Dan kamu, bapa –bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak –anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Prinsip Alkitab dalam keluarga di catat di di Efesus 6:1-4. Keluarga bisa bahagia kalau masing masing menjalankan peran dalam keluarga kristen dengan baik sesuai dengan perintah Tuhan.

2. Amsal 22:6

Ayat 6 : “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang daripada jalan itu.”

Orang tua punya tanggung jawab mendidik anak mereka dengan bijak dan baik hingga nantinya ia bisa menjadi contoh baik di masa tuanya. Anak –anak memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang orang tua lakukan dan memperhatikan sikap orang tua mereka. Maka, ayat alkitab ini memberitahu kepada orang tua untuk berlatih mendidik anak –anak untuk kebaikannya di masa depan.

3. Efesus 6:2-3

Ayat 2 : “Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini.”

Ayat 3 : “Supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu dibumi.”

Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar untuk anak –anaknya. Maka,sudah sewajarnya anak anak penting untuk memiliki rasa hormat kepada kedua orang tuanya. Ini adalah perintah yang penting dari Tuhan kita. Jika anak menghormati orang tua, keluarga bisa bahagia.

4. Imamat 19:3

Ayat 3 : “Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari hari sabatku; Akulah TUHAN, Allahmu.”

Anak anak perlu bersyukur atas karunia Tuhan memberikan orang tua yang baik. Bagaimana caranya bersyukur? Yakni dengan mendoakan mereka dan menyegani mereka. Dengan demikian kita bisa menyenangkan hati Tuhan.

5. Imamat 19:7

Ayat 7 : “Janganlah engkau membenci saudarammu di dalam hati mu, tetapi engkau harus berterus terang menegur orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.”

Seringkali konflik dalam sebuah keluarga tidak bisa dihindari. Konflik yang tidak diselesaikan bisa membuat keluarga terpecah belah. Oleh sebab itu, ayat tersebut berbicara jangan sampai kita memendam kekesalan kepada saudara kita, tapi lebih baik menegur dan menyelesaikannya supaya kita tidak berbuat dosa.

6. Amsal 6:20

Ayat 20 : “Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.”

Sebagai anak –anak, ayat ini membicarakan satu sifat penting yang perlu dipupuk oleh mereka yaitu kerendahan hati. Ini mencangkup merendah dan mau mendengarkan nasihat orang tua.

7. 1 Korintus 7:3,5

Ayat 3 : “Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap istrinya, demikian pula istri terhadap suaminya.”

Ayat 5 : “Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama sama, supaya iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.”

Ayat ini bisa dijadikan sebagai ayat renungan keluarga antara suami dan istri. Biasanya ada saja konflik yang terjadi, tapi ayat alkitab ini mengingatkan, jangan sampai saling menjauhi sampai berbuat dosa.

8. Amsal 31:10-11

Ayat 10 : “Istri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga daripada permata.”

Ayar 11 : “Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.”

Setelah menikah, suami sudah memilih istri dan begitu pula sebaliknya. Suami atau istri adalah permata baik saat awal menikah dan untuk seterusnya. Kasih sayang adalah faktor utama yang perlu terus dipupuk dengan saling menjaga, mendampingi, mendukung dan merawat hingga keduanya tidak akan kekurangan keuntungan.

9. Mazmur 133:1

Ayat 1 : “Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara saudara diam bersama dengan rukun.”

Tidak ada yang lebih indah di dalam keluarga apabila masing –masing saling mengasihi, akrab, rukun dan damai. Jadi ayat ini berbicara untuk semua keluarga yaitu manfaatnya apabila kita berupaya menciptakan keluarga yang harmonis.

10. Kisah para rasul 16:31

Ayat 31 : “Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan Engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Kepala keluarga memiliki peranan penting dalam keluarganya. Tidak hanya secara jasmani melainkan juga rohani. Kepala keluarga kristen yang baik akan memastikan ia dan keluarga nya bisa diberkati dan diperkenan Tuhan.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan Ayat Alkitab yang bisa menjadi referensi pembacaan Alkitab dengan tema Keluarga. Jika Anda adalah orang tua, ajarlah anak –anak Anda tentang keluarga melalui Alkitab. Ciptakan keluarga yang sejahtera dalam persekutuan melayani Tuhan.

Selain ayat ayat alkitab Favorit tersebut, ada banyak contoh keluarga dalam alkitab yang bisa menjadi teladan untuk kita dewasa ini. Umumnya ayat alkitab ini juga berbicara tentang pernikahan atau pasangan muda yang baru menikah. Semoga keluarga Anda selalu diberkati dalam Tuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel