10 Ayat Alkitab tentang Kelahiran

Fase kehidupan seseorang dimulai pada saat kelahiran. Orang tua pasti sangat bahagia melihat sang buah hati hadir dalam kehidupan mereka. Tak jarang, orang tua akan membuat acara syukuran untuk menyambut sang anak. Kita bisa bayangkan sebagai orang tua yang bahagia, Allah sebagai pencipta kita pun pasti sangat bahagia. Ini terlihat dari banyak ayat ayat alkitab tentang kelahiran.

Banyak doa dan harapan yang diutarakan untuk seorang anak baik laki laki dan perempuan, misalnya semoga menjadi anak yang pintar, sukses dan taat kepada orang tua. Lalu, Apa yang Tuhan inginkan atau kehendaki bagi seorang anak yang baru lahir?

Pada waktu ia masih anak anak, ia perlu belajar dan ketika dewasa ia harus membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Tuhan menginginkan semua yang terbaik untuk anak –anak bahkan ketika ia sudah dewasa. Semua kebaikan hanya ada di dalam Dia. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya, mari kita simak pernyataan dari ayat ayat alkitab di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Kelahiran

1. Yohanes 16:21

Ayat 21 : “Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.”

Sakit dan perihnya seorang ibu ketika melahirkan akan hilang seketika dengan kegembiraan yang meliputi karena hadirnya sang buah hati. Bahagia yang meluap –luap akan hadirnya anggota baru memperlihatkan bahwa sewaktu seseorang dilahirkan akan ada kebahagiaan. Seperti orang tua yang bahagia, ini adalah gambar Allah yang juga bahagia diatas Sorga.

2. 1 Korintus 11:12

Ayat 12 : “Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah.

Siklus kehidupan manusia memang dimulai dari laki –laki dan perempuan sebagai orang tua. Tapi yang perlu kita ketahui dari ayat ini adalah bahwa segala sesuatu berasal dari yang diatas yaitu dari Allah. Dan sudah kewajiban kita untuk selalu bersyukur kepadanya karena karunia kehidupan yang diberikan.

3. 2 Korintus 9:15

Ayat 15 : “Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!

Kita bisa yakin bahwa semua yang baik asalnya dari TUHAN. Sudah sepatutnya kita bersyukur atas semua karunia yang diberikan termasuk kelahiran anak. Anak adalah anugerah luar biasa dari Tuhan yang sudah seharusnya di jaga dan dirawat dengan penuh kasih sayang.

4. Kejadian 29:35

Ayat 35 : “Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: “Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN.” Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.”

Ayat diatas merupakan salah satu contoh caranya kita bisa mengucapkan syukur atas berkat dan anugerah berupa kelahiran anak yang telah diberikan oleh Tuhan. Bukan hanya waktu itu saja, sepanjang hari atau seluruh kehidupan kita perlu sangat bersyukur untuk berkat anak cucu.

5. Kejadian 21:6-7

Ayat 6-7 : “Berkatalah Sara: “Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku.” Lagi katanya: “Siapakah tadinya yang dapat mengatakan kepada Abraham: Sara menyusui anak? Namun aku telah melahirkan seorang anak laki-laki baginya pada masa tuanya.

Abraham dan Sara adalah salah satu teladan dalam alkitab yang bisa kita teladani. Di usia Sara yang sudah tidak muda lagi ia beriman dan percaya jika ia meminta kepada TUHAN dengan setulus hatinya, tidak ada yang mustahil. Karena mereka beriman, Sara pun hamil dan melahirkan anak dimasa tuanya. Kita bisa bayangkan betapa bahagiannya dia. Terpujilah Allah kita.

6. Kejadian 30:23

Ayat 23 : “Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Berkatalah ia: “Allah telah menghapuskan aibku.”

Melahirkan seorang anak sebagai berkat yang tidak terkira. Rahel adalah contoh lainnya yang menunjukkan rasa syukur kepada TUHAN karena ia melahirkan seorang anak yang ia tunggu tunggu. Seraya bersyukur senantiasa, Allah tidak akan melupakan permohonan syukur kita.

7. 3 Yohanes 1:14

Ayat 14 : “Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.”

Ayat ini berbicara apa yang TUHAN inginkan untuk anak –anak. Bahkan orang tua tentu saja ingin anak –anaknya bahagia dalam kebenaran, inilah yang juga TUHAN inginkan. Ia ingin anak –anak bisa membuktikan bahkan sewaktu ia sudah dewasa pun mereka bisa terus taat kepada TUHAN.

8. Mazmur 139:13-14

Ayat 13-14 : “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib. Ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.”

Betapa tersentuhnya kita sewaktu membaca ayat ini. Didalamnya terdapat kata puitis yang menunjukkan bagaimana kita takjub akan hasil karya Allah yang menciptakan dan memelihara kita bahkan pada saat kita masih dalam kandungan.

9. Mazmur 127:3-5

Ayat 3-5 : “Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah. Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.”

Kita pasti setuju dengan apa yang dikatakan oleh kata –kata sang pemazmur yang mengatakan bahwa anak –anak adalah milik pusaka Allah. Buah kandungan adalah upah dari Tuhan, berbahagialah mereka yang mendapatkan hak istimewa itu karena mereka akan diberkati. Ayat tersebut secara tidak langsung memberitahu kita betapa bahagianya kita ketika TUHAN memberikan harta berupa anak anak yang berharga.

10. Matius 19:14

Ayat 14 : “Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”

Anak anak kecil cenderung memiliki sikap yang rendah hati dan mau belajar. Sejak mereka dilahirkan mereka ingin terus mengetahui hal –hal disekitar mereka. Seperti mereka yang rendah hati, Allah sangat menginginkan mereka datang kepada-Nya. Jangan menghalangi mereka sebab kerajaan Sorga adalah milik mereka sebagai anak anak yang rendah hati.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan ayat ayat alkitab yang berbicara tentang kelahiran. Hadirnya seseorang dalam kehidupan memang bisa begitu membahagiakan. Namun, ini adalah tanggung jawab dari orang tua untuk mendidik dan menjaga nya. Sebab perintah Tuhan jelas yang menginginkan hendaknya setiap anak bisa bahagia di dalam Dia.

Orang tua kristen sudah sewajarnya mengajarkan mereka tentang Tuhan bahkan sejak dia masih dalam kandungan. Ayat favorit ini bisa menjadi perenungan untuk orang tua. Semoga anak anak bisa terus berpegang akan prinsip alkitab dan tumbuh menjadi anak yang diperkenan Tuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel