10 Ayat Alkitab tentang Generasi Muda

Anak muda berharga di mata Allah. Mereka memiliki kesanggupan dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan seseorang yang masih anak anak atau yang sudah tua. Dimasa itu lah Allah ingin generasi muda memanfaatkan kehidupan mereka sebaik baiknya untuk melayaniNya. Hal ini terlihat dari ayat ayat alkitab yang berbicara tentang para kaum muda.

Dewasa ini, semua yang ditawarkan dunia dan segala keinginannya hanya mencelakakan. Memang kelihatannya baik, tapi apa yang kelak mereka terima? Yakni hanyalah kesenangan sementara dari dunia. Tetapi berkat TUHAN lah yang membuat hati bersukacita dan bertahan untuk selamanya. Jadi, sejak muda seseorang harus membuat keputusan apa yang menurut mereka lebih penting di dunia.

Banyak anak muda tersimpangkan dan mengambil jalan hidup yang salah. Akibatnya, mereka bisa saja menyesal dan tidak bisa menikmati hidup yang berhasil. Kunci sukses dan berhasil untuk kaum anak muda bisa Anda dapatkan dalam kitab suci, Alkitab. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak Firman TUHAN dalam beberapa ayat alkitab sebagai berikut :

Ayat Alkitab tentang Generasi Muda

1. Titus 2:6,7

Ayat 6 dan 7 : “Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,”

Anak muda bisa bertindak sebagai teladan di dalam kehidupan sehari hari. Hal ini tentu saja mencangkup perbuatan baik, jujur dan melakukan pengajaran bagi diri sendiri berdasarkan apa yang TUHAN kehendaki untuk masing masing anak muda lakukan di dalam alkitab.

2. Amsal 20:29

Ayat 29 : “Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.”

Para anak muda dikenal karena kekuatannya. Mereka memiliki kemampuan dan kesanggupan yang lebih baik dibandingkan mereka yang masih anak anak, remaja bahkan orang tua. Sesuai dengan yang dicatat di buku amsal ini bahwa hiasan orang muda adalah terletak pada kekuatannya. Sedangkan orang tua adalah pemahaman yang digambarkan seperti keindahan uban.

3. Amsal 16:3

Ayat 3 : “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”

Anak muda umumnya memiliki banyak sekali keinginan dan impian. Untuk berhasil dan sukses, salah satu kuncinya adalah dengan bersandar kepada Allah. Dengan lebih mengutamakan Allah dalam kehidupan anak muda, semua jalan yang mereka tempuh akan menghasilkan kebahagiaan.

4. Filipi 1:10,11

Ayat 10 dan 11 : “sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Dalam kehidupan, tidak pernah lepas dengan yang namanya pilihan. Anak muda seringkali diperhadapkan dengan pilihan itu, maka ayat di buku filipi ini mengingatkan anak muda untuk berupaya tidak bercacat menjelang datangnya hari Kristus. Selain itu perlunya berbuat kebenaran sesuai dengan Yesus Kristus ajarkan yakni untuk memuliakan dan memuji Allah.

5. Amsal 22:3

Ayat 3 : “Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah  ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.”

Orang yang bijak dalam buku amsal pada saat melihat malapetaka, ia tidak akan menerjangnya dan mendapatkan celaka. Sebaliknya, ia akan menghindari dan bersembunyi. Demikianpula anak muda jadilah bijaksana dalam segala hal. Jangan biarkan apapun itu membuat hidup kalian celaka.

6. 1 Petrus 5:5,6

Ayat 5 dan 6 : “Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati. Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.”

Salah satu sikap yang perlu dikembangkan oleh anak muda adalah kerendahan hati. Prinsip alkitab memberitahu untuk tunduk kepada orang yang lebih tua juga orang lain. Sebab Allah tidak suka terhadap orang sombong. Yang terutama anak muda perlu merendahkan diri dibawah tangan TUHAN yang berkuasa.

7. Pengkhotbah 11:9

Ayat 9 : “Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan.”

Allah ingin generasi muda bisa bahagia. Tapi anak muda perlu seimbang dan bertindak bijak tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan. Sebab mengikuti keinginan hati dan mata yang salah adalah tidak sesuai dengan apa yang TUHAN inginkan. Maka, Allah akan meminta pertanggungjawaban pada waktunya nanti.

8. Amsal 4:23

Ayat 23 : “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Hati bisa sangat mempengaruhi pikiran dan tingkah laku kita termasuk anak muda. Hati bisa salah karena kita adalah manusia yang tidak sempurna. Maka, anak muda dan semua orang di dalam kristen perlu menjaga hati dan terus waspada. Jika, anak muda berhasil, maka upah kehidupan akan semakin nyata.

9. Amsal 3:21

Ayat 21: “Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu,

Pertimbangan dan kebijaksanaan menjadi hal yang penting untuk menjaga mata kita tetap sederhana dan melihat segala sesuatu berdasarkan sudut pandang Allah. Maka, ayat ini memberitahu untuk memelihara hal itu selalu ada dalam pikiran kita sebelum membuat suatu keputusan.

10. 2 Korintus 10:4,5

Ayat 4 dan 5 : “karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Perjuangan kita sekarang bukanlah dengan senjata dunia, melainkan senjata oleh kuasa Allah. Senjata ini lebih ampuh untuk meruntuhkan benteng yang kuat sekalipun yakni siasat siasat setan si Iblis. Maka untuk mendapatkan itu, kita perlu berupaya keras untuk menawan segala pikiran yang salah dengan bantuan Allah. Bagaimana caranya? Berdoa dan mempelajari firmanNya, alkitab.

Baca Juga :

Inilah kumpulan ayat alkitab yang membahas tentang anak muda yang bernilai dimata Allah. Dengan menggunakan waktu dan tenaga untuk kemuliaan TUHAN, anak muda bisa mendapatkan kebahagiaan dan sukacita roh kudus Allah dalam hidup mereka. Tentu saja, Allah sendiri akan memberkati anak muda yang bersemangat melayaniNya.

Kehidupan senyaman apapun di dunia ini, sifatnya hanya sementara dan tidak akan bertahan lama. Kita tidak pernah tahu kehidupan seperti apa yang akan kita alami besok. Oleh sebab itu, anak muda bertekadlah untuk membuat pilihan terbaik dalam hidup dengan mengutamakan TUHAN dalam setiap segi kehidupan. Semoga rangkaian informasi ini bisa membantu Anda berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel