10 Ayat Alkitab tentang Berhala

Bentuk penyembahan berhala ada banyak sekali macamnya. Bahkan sekarang tradisi dari nenek moyang yang tidak berdasarkan Firman Tuhan masih sering ditemui. Alkitab berulang kali memperingatkan pentingnya untuk menjauhi berhala dan segala hal yang terkait di dalamnya. Hal ini terlihat dari banyaknya ayat alkitab yang menyebutkan tentang berhala.

Penyembahan berhala sendiri bisa mencangkup dalam hal menyembah allah allah lain, penggunaan patung, kalung, cincin, atau benda mati lainnya untuk beribadah. Hal ini tidak berdasarkan alkitab, sebab Allah ingin semua hambaNya menyembah pada Dia saja dan tanpa perantara apapun.

Bukti nyata kebencian Allah terhadap berhala apapun juga bisa dilihat dari contoh dan kisah umat Allah pada jaman alkitab. Nabi nabi Allah yang setia seperti halnya Manasye, Yosia dan Hizkia berupaya memberantas adanya berhala demi penyucian ibadat yang benar. Nah, untuk tahu lebih lanjut, cobalah untuk simak deretan ayat alkitab berikut ini.

Ayat Alkitab tentang Berhala

1. 2 Raja raja 17:12

Ayat 12 : “mereka beribadah kepada berhala-berhala, walaupun TUHAN telah berfirman kepada mereka: Janganlah kamu berbuat seperti itu!

Bangsa israel sebagai bangsa pilihan Allah membuat berhala berhala yang memuakkan bagi Allah. Dengan tegsa Allah memperingatkan kepada mereka jangan berbuat seperti itu. Seperti pandangan Allah terhadap berhala, kita juga mau meniru Dia untuk jauh dari hal hal demikian.

2. Habakuk 2:19

Ayat 19 : “Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: “Terjagalah!” dan kepada sebuah batu bisu: “Bangunlah!” Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya.”

Ayat ini memperingatkan bahwa apalah yang bisa di lakukan oleh benda mati layaknya sepotong kayu yang disebut berhala. Kita perlu sadar dan menjaga pikiran kita untuk tidak disesatkan. Meskipun benda tersebut diselimuti atau terbuat dari emas dan perak, Ia sama saja benda mati yang tidak memiliki roh dan tidak bisa berbuat apa apa.

3. 1 Korintus 10:20

Ayat 19 : “Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.”

Banyak orang mengira bahwa dengan menyembah suatu ilah atau dengan perantara apapun itu, mereka juga menyembah Allah. Benarkah demikian? Ayat ini dengan jelas menyebutkan bahwa persembahan berhala apapun yang dilakukan tidak bisa ditujukan juga kepada Allah. Sebab Allah hanya menghendaki ibadat murni kepadaNya.

4. Yeremia 32:34

Ayat 34 : “Mereka menempatkan dewa-dewa mereka yang menjijikkan di rumah yang di atasnya nama-Ku diserukan, untuk menajiskannya.”

Dewa dewa yang menjijikkan yang disebutkan adalah berhala. Biasanya ada saja benda yang disebut keramat atau berilmu yang ditaruh dirumah rumah, namun mereka tetap beribadat kepada Allah. Allah berfirman bahwa apapun itu adalah najis dan Ia tidak ingin namaNya diserukan atas orang orang demikian.

5. Yehezkiel 23:37

Ayat 37 : “Sebab mereka berzinah, tangan mereka berlumuran darah dan mereka berzinah dengan menyembah berhala-berhalanya, bahkan anak-anak lelaki mereka yang dilahirkan bagi-Ku dipersembahkannya sebagai korban dalam api kepada berhala-berhalanya menjadi makanan.”

Pada jaman alkitab, berhala menjadi suatu hal yang banyak dilakukan. Perbuatan mereka begitu Allah benci. Mulai dari adanya persembahan yang tidak menyenangkan berupa anak anak yang digunakan sebagai korban bakaran kepada berhala hala. Allah sangat membenci hal demikian.

6. Mazmur 83:18

Ayat 18 : “supaya mereka tahu bahwa Engkau sajalah yang bernama TUHAN, Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.”

Sang pemazmur menandaskan dalam satu ayat terkenalnya ini, bahwa hendaknya semua orang tahu. Hanya Allah lah satu satu nya Allah yang benar, Pribadi yang Mahatinggi atas seluruh bumi dan yang menciptakan segala sesuatu. Bukan atas berhala berhala yang tidak ada gunanya.

7. Matius 6:24

Ayat 24 : “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

Ayat dibuku Matius ini berbicara tentang budak dengan dua majikan. Sang budak tidak akan bisa melayani keduanya sekaligus. Begitu pula seseorang tidak akan bisa mengabdi kepada berhala dan juga kepada Allah dengan memadukan keduanya. Sebab, Allah tidak ingin ibadat kepadanya tercemar.

8. Keluaran 20:5

Ayat 5 : “Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku

Dalam ayat ini Allah menyebutkan bagaimana perasaannya sewaktu orang orang lebih memilih untuk menyembah berhala. Dikatakan Ia cemburu dan memperingatkan hal ini dengan tegas. Allah memerintahkan untuk kita jangan sekali sekali sujud menyembah atau beribadat kepadanya.

9. 1 Raja 18:38

Ayat 38 : “Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.”

Jika Anda membaca kisah di buku 1 Raja raja pasal 18, Anda akan melihat kuasa Allah yang jauh lebih berkuasa dibandingkan berhala yang mati. Pada waktu itu kuasa Allah telah memusnahkan dengan membakar habis semua berhala yakni batu dan tanah. Disini Allah memperlihatkan kepada umatNya bahwa berhala tidak bisa berbuat apa apa.

10. Yohanes 3:16

Ayat 16 : “Karena begitu besar kasih y Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Sebagaimana yang kita tahu, kita memiliki Allah yang begitu pengasih dan baik hati. Melalui korban tebusan PutraNya kita semua bisa memiliki harapan dan masa depan yang cerah. Untuk bisa menggenggam erat harapan kehidupan itu, setiap orang harus percaya kepadaNya dan membenci apapun itu yang buruk menurut Allah termasuk berhala. Inilah yang Allah inginkan bagi umatNya.

Baca Juga :

Inilah uraian selengkapnya mengenai ayat alkitab yang membahas tentang berhala. Dari ayat ayat tersebut kita bisa belajar bahwa Allah sangat memandang serius terkait penyembahan berhala. Apabila kita ingin menjadi sahabat Allah dan diperkenan olehNya, kita dihimbau untuk menjauhi berhala dalam bentuk apapun.

Setiap upaya yang saudara lakukan untuk menghindari berhala akan sangat dihargai. Teruslah gali permata rohani dalam alkitab sebagai pembimbing yang handal untuk hidup di dalam TUHAN yang sesuai dengan prinsip dan standar kristen. Semoga informasi ini memberikan manfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel