10 Ayat Alkitab tentang Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan seseorang. Dengan ilmu pengetahuan juga, masing masing manusia bisa bekerja dengan baik menurut bidangnya masing masing. Apalagi pengetahuan dari Alkitab yang lebih unggul dari semua pengetahuan yang ada didunia. Banyak ayat ayat alkitab menyebutkan tentang ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sebagai contoh ada ayat alkitab yang menyebutkan tentang siklus bumi, keadaan bumi pada mulanya dan sejarah kehidupan manusia sejak awal. Tidak ada hikmat dan pengetahuan yang lebih akurat dan dapat dipercaya selain alkitab. Kalau Anda memeriksa Alkitab, kemungkinan ada banyak informasi pendidikan terbaik yang bisa diperoleh.

Untuk meyakinkan Anda, bahwa isi Firman Tuhan selaras dengan ilmu pengetahuan. Pada rangkaian informasi kali ini kita akan coba membahas beberapa ayat ayat emas alkitab tentang ilmu pengetahuan. Penjelasan yang diberikan pun masuk akal dan detail. Ingin tahu? Mari kita belajar dari ayat alkitab berikut ini.

Ayat Alkitab tentang Ilmu Pengetahuan

1. Ayub 26:7

Ayat 7 : “Allah membentangkan utara di atas kekosongan, dan menggantungkan bumi pada kehampaan.

Ayat pertama ini membuktikan bahwa Alkitab selaras dalam hal ilmu pengetahuan. Para peneliti dan ilmuwan baru bisa membuktikan bahwa bumi menggantung pada kekosongan atau kehampaan setelah teknologi mulai maju. Tetapi alkitab sudah memberitahu jauh lebih awal. Alkitab menyebutkan bahwa Allah menggantung bumi pada kekosongan.

2. Pengkhotbah 1:7

Ayat 7 : “Semua sungai mengalir ke laut, tetapi laut tidak juga menjadi penuh; ke mana sungai mengalir, ke situ sungai mengalir selalu

Selanjutnya berbicara tentang air laut. Pernahkah Anda bertanya tanya tentang laut dimana semua aliran air mengalir kearah laut, tapi mengapa ia tidak kunjung penuh? Atau dapat dikatakan kondisinya bisa tetap stabil? Jawaban alkitab masuk akal dan sangat akurat. Jawabannya adalah karena sebenarnya aliran air tersebut kembali mengalir kealiran sungai lagi sehingga tidak akan berhenti pada laut itu saja.

3. Kejadian 1:21

Ayat 21 : “Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”

Dalam buku kejadian, Anda akan membaca awal mula penciptaan bumi. Allah menciptakan berbagai jenis binatang, mulai dari binatang besar di darat maupun diair serta burung yang bersayap. Maka, secara tidak langsung kita melihat bahwa memang benar demikian, bahkan hewan besar seperti halnya Dinosaurus yang banyak ditemui fosilnya, kemungkinan hidup pada era itu.

Namun, Hewan tersebut akhirnya punah. Alkitab tidak menjelaskan mengapa dinosaurus punah, tapi kalau kita baca ayat referensi Wahyu 4:11 menyatakan bahwa segala sesuatu diciptakan atas kehendak Allah. Jadi, Allah pasti punya tujuan tertentu ketika menciptakan dinosaurus.

4. Mazmur 146:6

Ayat 6 : “Dia yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia untuk selama-lamanya,”

Allah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya merupakan suatu ilmu pengetahuan yang penting untuk umat manusia. Dan bahwa kehidupan bukanlah tercipta karena adanya evolusi. Kita bisa yakin dan percaya adanya sang pencipta. Tidak masuk akal bukan jika semua hal yang menakjubkan di bumi ini ada secara kebetulan?

5. Yesaya 40:22

Ayat 22 : “Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman.”

Pernyataan akurat lainnya dari alkitab tentang bumi adalah kata kata dalam buku Yesaya 40 ayat 22 ini. Sebelumnya manusia dulu tidak mengetahui bahwa bentuk bumi itu bulat. Bahkan ada yang menebak nebak kalau bumi itu bentuknya kotak, oval dan lain sebagainya. Tapi alkitab telah memberitahu bahwa bumi adalah bulat jauh sebelum para ilmuwan tahu tentang hal ini.

6. Bilangan 19:11

Ayat 11 : “Orang yang kena kepada mayat, ia najis tujuh hari lamanya.”

Tidak hanya dalam hal pengetahuan alam saja alkitab dikatakan akurat. Dalam bidang kesehatan, alkitab justru lebih akurat. Perhatikan ayat ini. Pada akhir abad yang ke 19, para dokter seringkali menyentuh mayat kemudian menangani pasien yang masih hidup tanpa cuci tangan. Hasilnya banyak pasien yang mati.

Namun, menurut hukum Musa orang yang telah menyentuh mayat disebut najis dan harus segera membersihkan diri dengan air bersih. Kita bisa yakin ayat ini ditulis karena sebenarnya berguna untuk kesehatan.

7. Ulangan 23:13

Ayat 13 : “Di antara perlengkapanmu haruslah ada padamu sekop kecil dan apabila engkau jongkok kada hajat, haruslah engkau menggali lobang dengan itu dan menimbuni kotoranmu. Kamu harus membawa sekop kecil di antara barang bawaanmu.”

Dalam hal lain lagi adalah pada saat pembuangan kotoran. Alkitab mengatakan dalam hukum Musa bahwa kotoran manusia tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Melainkan harus dikubur dan dibuang jauh jauh dari tempat orang orang tinggal. Mengapa?

Pada kenyatannya nasehat ini masuk akal. Sebab apabila kita amati setiap tahun bisa saja lebih dari setengan juta anak anak mati akibat diare. Ini adalah beberapa akibat dari kotoran manusia yang tidak dibuang dengan benar.

8. Imamat 12:3

Ayat 3 : “Dan pada hari yang kedelapan haruslah dikerat daging kulit khatan anak itu.”

Hukum Allah mengharuskan setiap anak laki laki yang berumur delapan hari disunat. Ternyata hukum ini bukanlah sekedar hukum, tetapi mendatangkan manfaat. Sewaktu seorang bayi laki laki lahir, darah baru bisa saja menggumpal setelah minggu pertama. Hal ini umum dan normal terjadi.

Maka, oleh karena itulah pada zaman alkitab menunggu seminggu untuk menyunat anak laki laki itu bermanfaat bahkan sebelum ada teknologi kesehatan dan kedokteran yang modern.

9. Amsal 17:22

Ayat 22 : “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

Alkitab juga akurat dan bisa dipercaya dalam memberikan kiat kesehatan. Misalnya hubungan antara kesehatan emosi dengan kesehatan tubuh kita. Anda mungkin pernah mendengar istilah kalau kita bahagia kita bisa terus sehat. Inilah yang juga dikatakan alkitab jauh sebelum pengetahuan ini diketahui oleh manusia menurut penelitian.

10. Imamat 13:9-11

Ayat 9 sampai 11 : “Apabila seseorang kena kusta, ia harus dibawa kepada imam. Kalau menurut pemeriksaan imam pada kulitnya ada bengkak yang putih, yang mengubah bulunya menjadi putih, dan ada daging liar timbul pada bengkak itu, maka kusta idapanlah yang ada pada kulitnya. Imam harus menyatakan dia najis dengan tidak usah mengurung dia, karena orang itu memang sudah najis.

Menurut Hukum Musa ada tertulis bahwa seorang penderita kusta diharuskan untuk dipisahkan dari orang lain atau dikarantinakan. Maka, setelah ada wabah penyakit pada abad pertengahan, barulah dokter mengikuti prinsip tersebut sampai dengan sekarang sebagai pengetahuan yang akurat.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan ayat alkitab yang memberikan sedikit ilmu pengetahuan untuk kita renungkan. Masih banyak lagi ilmu pengetahuan lainnya yang bisa Anda dapatkan, jika Anda secara rutin memeriksanya sendiri. Setelah Anda perhatikan, jawaban alkitab sangat bisa dipercaya dan bahwa informasi ini sudah ada sebelum para ilmuwan atau peneliti mendapatkan jawabannya.

Alkitab berisi Firman TUHAN yakni diilhamkan oleh Allah untuk kita semua umatNya agar bisa belajar. Prinsip dan hukumNya bisa membuat kita bijaksana dan menerapkan sikap kristen yang baik dan benar. Mari berbagi ilmu pengetahuan yang berguna dengan rekan lainnya. Semoga informasi ini bisa turut membantu Anda dan Semoga TUHAN memberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel