10 Ayat Alkitab tentang Janji Tuhan kepada Manusia

Janji TUHAN kepada Manusia akan tergenap pada waktu dan situasi yang ditetapkan. Dari mana kita bisa yakin akan hal ini? Tentu saja, karena yang berjanji adalah sang Pencipta, Pribadi yang Mahatinggi di seluruh bumi. Apa yang TUHAN kehendaki tentu akan terlaksana bagi orang orang yang sepenuhnya percaya kepadaNya. Apa saja janji janji Allah? Melalui Ayat alkitab kita bisa tahu tentang janji Allah.

Penyertaan TUHAN bagi hamba hambaNya dimasa lalu bisa menjadi dasar iman kita, bahwa baik dulu dan sekarang Ia akan selalu menyertai umatNya. Allah sangat mengasihi manusia, melalui janjiNya Ia memberikan kehidupan yang terbaik. Janji tersebut mencangkup berkat, penyertaan, penghiburan dan kepedulian Allah kepada kita.

Untuk semakin beriman akan janji Allah tersebut, Anda setidaknya harus tahu apa saja janji Allah? Dan kapan janji tersebut akan Allah tepati atau wujudkan dalam kehidupan kita? Ayat ayat berikut ini akan memberikan penjelasan terbaik terkait janji Allah kepada Manusia yang perlu kita ingat dan genggam dalam kehidupan. Mari perhatikan.

Ayat Alkitab tentang Janji Tuhan kepada Manusia

1. Filipi 4:6-7

Ayat 6 sampai 7 : “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Dewasa ini seringkali kita merasa khawatir tentang kehidupan kita sehari hari. Ada yang khawatir soal sandang, pangan atau tempat tinggal. Tapi melalui ayat ini kita diberitahu untuk jangan terlalu khawatir sebab TUHAN akan menyertai umatNya. Hal yang perlu kita lakukan adalah berdoa untuk membuat permohonan dan mengucapkan syukur.

Maka, kedamaian dari Allah bisa membuat hati dan pikiran kita lebih tenang. Bahkan kedamaian yang Dia berikan ini lebih unggul dari segala akal sehingga pada saatnya nanti TUHAN akan menjawab doa saudara.

2. Wahyu 21:4

Ayat 4 : “Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Janji Allah yang dicatat di buku Wahyu ini bisa sangat menguatkan dan menghibur dikala kita ditinggal oleh orang yang kita sayangi yang sudah terlebih dahulu berada dalam kematian. Kita percaya akan janji Allah bahwa di masa mendatang akan datang masanya tidak akan ada lagi kematian atau dukacita karena Allah sendiri berjanji untuk meniadakannya.

3. Kisah 17:27

Ayat 27 : “supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing.”

Meskipun ada banyak orang meragukan pertolongan Allah, tapi kita masing masing hendaknya merenungkan janji TUHAN dalam buku kisah ini. Sebab Allah akan selalu ada untuk kita yakni hamba hambaNya yang setia. Ia juga tidak akan jauh dari kita masing masing. Bahkan Ia mendengar setiap permohonan kita dalam doa.

4. 1 Petrus 5:7

Ayat 7 : “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu

Kekhawatiran hidup memang tidak bisa selalu dihindari. Ini sudah menjadi hal yang manusiawi, tapi Allah janji akan terus memelihara kita, jika dari diri kita sendiri mau menyerahkan segala kekhawatiran kita kepadaNya. Hal ini mencangkup, terus bersandar pada Allah, rutin berdoa dan melakukan kegiatan rohani.

5. Mazmur 37:10,11

Ayat 10 dan 11 : “Karena sedikit waktu lagi, maka lenyaplah orang fasik; jika engkau memperhatikan tempatnya, maka ia sudah tidak ada lagi. Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.”

Sekarang ini masih banyak orang jahat yang berbuat hal buruk kepada orang lain, inilah sebabnya kejahatan terus meningkat. Tapi Allah berjanji melalui kata kata sang pemazmur bahwa pada saatnya nanti yakni sedikit waktu lagi, orang fasik tidak akan ada lagi. Allah akan membuat bumi yang kita tinggali ini dipenuhi dengan orang orang rendah hati sehingga kesejahteraan akan berlimpah limpah.

6. Yeremia 29:11,12

Ayat 11 dan 12 : “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu

Nabi Yeremia memberi tahu kita bahwa Allah tidak pernah membuat rancangan yang mencelakakan bagi kita tetapi semua rancanganNya adalah yang terbaik. Dari mana kita tahu? Untuk itulah Allah memberikan harapan kepada orang orang yang mau berseru dan datang kepadaNya melalu doa. Allah akan mendengarkan doa kita.

7. Mazmur 46:9

Ayat 9 : “yang menghentikan peperangan sampai ke ujung bumi, yang mematahkan busur panah, menumpulkan tombak, membakar kereta-kereta perang dengan api!

Dewasa ini ada banyak kejadian pertumpahan darah antar bangsa, kelompok dan agama. Mereka berusaha membuktikan siapa yang paling kuat dan benar. Allah sangat tidak suka dengan kekerasan dan peperangan. Bahkan apabila peperangan itu dikatakan demi kebaikan. Sang Pemazmur menuliskan salah satu janji Allah dimasa depan, bahwa tidak akan ada lagi peperangan bahkan sampai keujung bumi. Ia juga akan memusnakan semua alat perang termasuk busur panah, tombak dan kereta perang.

8. 2 Petrus 3:9

Ayat 9 : “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Dari ayat ayat sebelumnya yang sudah kita bahas, kita tahu beberapa dari banyak janji Allah dimasa depan. Apakah Allah pasti menepati janjiNya? Kita  bisa percaya sebab rasul Petrus sekali lagi meyakinkan kita bahwa TUHAN tidak akan lalai sehubungan dengan menepati janjiNya. Ia bertindak sabar terhadap kita semua agar ada banyak orang yang tidak binasa tetapi Ia memberi kita kesempatan untuk bertobat.

9. Matius 6:9,10

Ayat 9 dan 10 : “Karena itu berdoalah demikian : Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”

Yesus mengajar para muridnya untuk berdoa seperti yang disebut di buku Matius ini. Kita mengenalnya dengan sebutan Doa Bapak Kami. Dengan demikian kita juga turut mendoakan agar Nama Allah segera dikuduskan, Kerajaan Allah datang dan janji janji Allah serta kehendakNya bagi bumi bisa segera terwujud.

10. Daniel 2:44

Ayat 44 : “Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,”

Kerajaan Allah adalah satu satunya yang akan memerintah bumi. Kerajaan itu tidak akan pernah binasa dan kekuasaannya tidak akan pernah berpindah. Pada waktu yang telah ditentukan Allah, Kerajaan itu akan meremukkan semua pemerintahan lain di Bumi, dan Kerajaan Allah akan berdiri untuk selama lamanya. Inilah janji Allah kepada manusia. Melalui Pemerintahan Kerajaan Allah semua janjiNya yang sudah kita bahas sebelumnya akan segera terwujud.

Baca Juga :

Inilah beberapa Firman TUHAN sebagai ayat emas alkitab yang beritahu kita tentang apa saja yang akan Allah lakukan dalam janji janji Nya kepada umat manusia yang percaya dan setia. Dengan berpegang pada janji itu, kita bisa memiliki harapan pasti dan diyakinkan dalam iman.

Ini hanya beberapa ayat yang bisa Anda renungkan. Masih ada banyak lagi referensi ayat alkitab lainnya yang bisa Anda dapatkan. Terus lakukan perenungan baik untuk khotbah, bahan renungan harian, pembacaan alkitab harian dan lain sebagainya. Niscaya upaya Anda akan diberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel