10 Ayat Alkitab tentang Kesabaran menghadapi Masalah

Dalam hidup kita selalu mengalami yang namanya masalah. Entah itu konflik dalam kehidupan rumah tangga, keluarga, persahabatan karena adanya perselisihan pendapat, masalah ekonomi atau keuangan dan lain sebagainya. Tidak berdasarkan apa yang Anda alami, penting mengingat apa kata ayat alkitab tentang kesabaran saat menghadapi masalah.

Memang kita semua adalah manusia yang tidak sempurna, pasti ada saja yang merasa kesulitan untuk bisa tetap tabah, berpikir positif atau kemampuan memecahkan masalah tanpa emosi. Tapi, meskipun demikian Firman TUHAN mengatakan bahwa kita bisa memupuk sikap sabar. Jika kita sabar, Allah akan senang.

Mungkin Anda akan mengajukan pertanyaan seperti bagaimana supaya saya lebih sabar? Apa yang perlu saya lakukan ketika saya terpuruk dan sedih? Apa yang ayat alkitab katakan mengenai kesabaran? Apa pandangan TUHAN terhadap orang yang sabar? Nah, mari kita cari tahu secara langsung jawabannya dari Alkitab. Deretan ayat alkitab dibawah ini akan bantu Anda.

Ayat Alkitab tentang Kesabaran menghadapi Masalah

1. Yakobus 1:19

Ayat 19 : “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata dan juga lambat untuk marah.”

Sewaktu menghadapi masalah atau problem terkadang kita tidak bisa mengendalikan diri dan akhirnya mengeluarkan kata kata yang tidak seharusnya. Prinsip di Yokobus 1 ayat 19 ini berlaku caranya supaya bisa sabar yakni cepat untuk mendengar dan lambat untuk berkata kata. Dengan berfikir sejenak dan memikirkan dengan jernih akan membuat Anda tidak salah berbicara.

2. 1 Petrus 3:12

Ayat 12 : “Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telingaNya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.”

Allah memperhatikan orang orang yang benar yang berupaya untuk menerapkan prinsip alkitab dalam hidupnya. Dengan menyampaikan permohonan dalam doa akan membuat Anda lebih sabar. Melalui ayat ini kita diyakinkan bahwa Allah mendengar seruan kita dan peduli.

3. Pengkhotbah 7:8,9

Ayar 8,9 : “Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati. Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh.

Dalam berbagai situasi kita memerlukan kesabaran. Contohnya adalah ketika mungkin ada seseorang yang menuduh kita berbuat salah. Kemungkinan Anda akan tersinggung dan langsung membela diri. Tapi Firman Allah telah mengajarkan untuk menanggapinya lebih baik dengan tidak cepat marah. Kita perlu berfikir sebelum menanggapi sebuah tindakan tidak adil kepada kita.

4. Mazmur 62:5,6

Ayat 5,6 : “Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari padaNyalah harapanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.”

Kita adalah manusia yang tidak sempurna, dalam beberapa situasi mungkin kita tidak bisa bersabar. Jika hal itu yang terjadi mintalah dukungan dari Allah sebab hanya kekuatan dari Allah lah yang bisa membuat kita sanggup menghadapi segala sesuatu termasuk supaya Anda bisa bertekun dengan kesabaran.

5. 2 Petrus 3:15

Ayat 15 : “Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Contoh terbaik yang bisa kita jadikan teladan dalam hal kesabaran adalah Allah. Kita bisa bayangkan kesabaran Allah yang luar biasa ketika melihat hamba hambaNya menderita karena penderitaan dunia yang semakin menjadi jadi.

Kita bisa bayangkan perasaan Allah sewaktu Ayub hambaNya yang setia dicobai atau ketika Abraham menanyakan keputusan Allah ketika akan menghancurkan kota Sodom. Allah bahkan menyakinkan Abraham untuk tidak menghancurkan kota itu meskipun kejahatannya menjadi jadi meski hanya ada sepuluh orang benar disitu.

6. Nehemia 9:30

Ayat 30 : “Namun bertahun-tahun lamanya Engkau melanjutkan sabarMu terhadap mereka. Dengan Roh-Mu Engkau memperingatkan mereka , yakni dengan perantaraan para nabi-Mu, tetapi mereka tidak menghiraukannya, sehingga Engkau menyerahkan mereka ke tangan bangsa-bangsa segala negeri.

Jika Anda ingin membaca kisah tentang teladan TUHAN dalam hal kesabaran cobalah untuk membaca buku Nehemia. Dalam buku ini Anda akan membaca ketika Allah dengan sabar memperingatkan kota yang penuh dengan kebejatan melalui nabi Nya yang setia. Namun mereka sama sekali tidak mendengarkan. Maka, tidak seperti mereka mari kita menghargai Allah kita yang pengasih dan sabar.

7. Ibrani 6:11,12

Ayat 11,12 : “Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.”

Kesabaran menjadi bagian yang sangat penting dalam kepribadian baru yang harus dimiliki oleh setiap orang kristen yang setia. Apabila kita masing masing berupaya untuk sabar, itu tandanya kita menghormati Bapak kita di Surga. Kita juga pada akhirnya akan mewarisi janji janji Allah dimasa depan karena sabar dan beriman.

8. Yesaya 30:18

Ayat 18 : “Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!

TUHAN telah menunjukkan kasihNya yang begitu besar kepada umatNya, Ia adalah Allah yang adil. Maka dengan bersabar menantikan saatnya tiba kala TUHAN meniadakan penderitaan kita, bisa sangat membuat kita bersukacita dan bahagia. Sebab TUHAN menyayangi kita semua.

9. 1 Timotius 1:16

Ayat 16 : “Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.”

Kita tahu, kita semua adalah manusia yang penuh dengan kesalahan dan dosa. Tapi TUHAN dengan sabar mengampuni dosa dosa bagi orang orang yang bertobat sungguh kepadaNya. Ini adalah salah satu contoh bagaimana kita seharusnya bisa menunjukkan sikap menghargai dengan bersabar juga, sampai pada akhirnya kita bisa menerima upah berupa hidup kekal.

10. Lukas 11:13

Ayat 13 : “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Allah selalu memberikan pemberian terbaik untuk anak anak Nya. Ia begitu pengasih dan menyayangi. Sewaktu kita terpuruk dan sedih karena suatu masalah, maka melalui ayat ini kita bisa meminta penyertaan roh kudus Allah yang bisa membantu kita bertekun dan sabar.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan referensi ayat alkitab mengenai sifat tabah dan kesabaran yang senantiasa perlu kita kembangkan dalam kehidupan sehari hari. Dengan bantuan Allah, kita dapat yakin bisa mengembangkan sikap tersebut. Hal ini terbukti dari banyaknya hamba Allah yang bisa berlaku setia dan sabar di tengah dunia yang marak akan keburukan.

Pengetahuan alkitab memang lebih unggul dari segala akal. Sesuatu yang kita rasa tidak sanggup dilakukan, bisa kita lakukan. Sebab kuasa Allah dalam roh kudus juga bisa bantu hambaNya yang setia. Jika kita terus berupaya dan senantiasa meminta nasehatNya dalam alkitab, TUHAN akan senantiasa bantu. Inilah renungan mengenai kesabaran dari ayat alkitab. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel