10 Ayat Alkitab tentang Bersyukur atas Berkat

Berkat TUHAN sangat berlimpah untuk umatnya masing masing. Nah, mengingat hal ini, makaapa yang bisa kita berikan untuk TUHAN? Sebenarnya TUHAN tidak pernah meminta lebih dari kita masing masing. Hanya saja teruslah berikan ucapan syukur. Firman Allah sendiri telah menandaskan pentingnya hal ini dalam ayat alkitab yang banyak menyebutkan tentang rasa syukur.

Dalam banyak ayat alkitab, kita akan mendapati prinsip, contoh dan teladan dari hamba hamba TUHAN yang setia. Sebut saja sang pemazmur yang banyak menuliskan kata kata pujian untuk TUHAN. Bukan dengan kata kata biasa saja melainkan memperlihatkan rasa syukur yang mendalam untuk TUHAN.

Dewasa ini pun secara tidak sadar, meskipun mungkin kelihatannya hidup kita serba kekurangan, tapi TUHAN selalu memelihara hambaNya yang setia. Ia selalu memperhatikan dan memberikan apa yang kita butuhkan pada waktunya. Mari kita cari tahu dan gali permata rohani dari alkitab tentang ucapan syukur pada rangkaian ayat alkitab di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Bersyukur atas Berkat

1. Mazmur 95:2

Ayat 2 : “Biarlah kita menghadap wajah-Nya dengan nyanyian syukur, bersorak-sorak bagiNya dengan nyanyian mazmur.”

Sang Pemazmur dalam salah satu ayat ini mengajak semua orang Kristen untuk menyanyikan lagu nyanyian syukur untuk TUHAN. Tentu saja dengan hati yang bersukacita dan bersorak gembira. Karena BerkatNya yang berlimpah, sudah pasti kita akan berbahagia bukan?

Seseorang yang mendapatkan ucapan terima kasih dari seseorang lainnya pasti akan senang. Begitu pula dengan TUHAN kita, Dia akan sangat senang karena mengetahui hambaNya bersukacita oleh karena Nya.

2. Yunus 2:9

Ayat 9 : “Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korbankepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!

Tidak dipungkiri, pada hari ini kita masih dalam kondisi yang sehat, panjang umur serta dikelilingi oleh orang orang yang menyayangi kita, asalnya adalah dari TUHAN. Segala keselamatan dalam bekerja, beraktivitas dll adalah dari TUHAN. Apa yang bisa kita persembahkan untuk TUHAN? Tidak seperti jaman dulu yang harus mempersembahkan korban, sekarang oleh karena Yesus Kristus kita hanya cukup mempersembahkan berupa ucapan syukur dan tingkah laku yang baik.

3. 2 Korintus 9:12

Ayat 12 : “Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan keperluan orang orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah.”

Ucapan syukur adalah salah satu bentuk ibadat kita kepada Allah. Dengan bersyukur itu berarti kita menghargai setiap pekerjaan TUHAN dalam kehidupan kita. Bukan dengan ucapan syukur yang biasa saja tapi dari hati dan berlimpah dengan ketulusan hati.

4. 1 Timotius 2:1

Ayat 1 : “Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang.”

Bagaimana caranya kita bisa bersyukur? Dalam buku Timotius beritahu kita caranya. Yakni yang terutama adalah dengan menyampaikan permohonan di dalam doa. Dengan berdoa kita seolah olah sedang berkomunikasi dengan Allah. Kita bisa katakan terimakasih untuk hal hal baik yang kita rasakan dan untuk semua orang disekeliling kita yang juga merasakan kemurahan hatiNya.

5. 1 Timotius 4:4

Ayat 4 : “Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,

Pemberian yang baik asalnya dari TUHAN. Tidak satupun kita melihat pemberianNya buruk untuk hamba hambaNya. Kita bisa melihat berkat itu nyata dan baik hanya jikalau kita bersyukur. Sebaliknya kalau kita tidak bersyukur, kita tidak akan bisa melihat TUHAN bekerja dalam kehidupan kita.

6. Wahyu 7:12

Ayat 12 : “Sambil berkata: "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!

Allah kita begitu dahsyat. Bayangkan saja bumi dan segala isinya, semua siklus dalam bumi berjalan secara selaras dan teratur. Seperti halnya awan yang menjatuhkan air hujan ke tanah, sampai air itu kembali lagi kelangit. Semua karyaNya sungguh mulia. Maka, Allah layak menerima kemuliaan, pujian dan rasa syukur.

7. 2 Tawarikh 33:16

Ayat 16 : “Ia menegakkan kembali mezbah TUHAN, mempersembahkan korban keselamatan dan korban syukur di atasnya, menyerukan kepada Yehuda untuk beribadah kepada TUHAN, Allah Israel

Jika Anda membaca dalam buku Tawarikh ini, ada sebuah kisah dan teladan yang menarik tentang penyucian bait Allah. Dalam pasal 33 ayat 16 khususnya mereka mempersembahkan korban akan keselamatan dan ucapan syukur. Mereka menyerukan untuk beribadah kepada TUHAN sebagai Allah Israel. Mengingat hal ini kita sangat bersyukur karena hanya melalui Allah lah semua kebaikan ada.

8. Kolose 2:7

Ayat 7 : “Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”

Sebagai orang tua kristen, mereka memiliki kewajiban untuk menanamkan rasa syukur kepada TUHAN dalam diri anak anak mereka. Bahkan ketika ia masih kecil. Dengan demikian apa yang dia pelajari dari orang tuanya bisa terus berakar dan bertambah teguh dengan iman sampai dia dewasa.

9. Yesaya 51:3

Ayat 3 : “Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.”

Berkat TUHAN lah yang membawa sukacita kepada umatnya. Dalam buku Yesaya khususnya dipasal 51 ayat 3 ada kata kata kegirangan dan nyanyian syukur dengan nyaring. Semua ini ada karena TUHAN telah menyertai hambaNya dari jaman dulu sampai dengan sekarang. Maka, kita pun mau memberikan persembahan terbaik berupa ucapan syukur untuk TUHAN.

10. Wahyu 4:9
Ayat 9 : “Dan setiap kali makhluk-makhluk itu mempersembahkan puji-pujian, dan hormat dan ucapan syukur kepada Dia, yang duduk di atas takhta itu dan yang hidup sampai selama-lamanya.”

Tidak hanya hamba hamba Allah yang setia yang mengucap syukur kepada Allah. Di dalam buku wahyu ini, kita tahu bahwa makhluk makhluk itu yakni malaikat juga mempersembahkan pujian untuk Allah. Mereka memberi hormat dan ucapan syukur bagi Dia yang akan bertahta untuk selama lamanya.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan ayat alkitab yang membahas tentang rasa syukur atas banyak karunia dan berkat yang TUHAN berikan untuk kita. Melalui doa, persembahan pujian dan tindakan kita, mari kita bertekad untuk menjadi orang yang senantiasa berterima kasih.

Mungkin Anda bisa menyebutkan secara spesifik seperti berterima kasih atas umur yang panjang, untuk pasangan atau orang orang tercinta, atas rejeki dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan demikian kita akan jauh lebih menghargai berkat TUHAN dan melihatnya sebagai bukti nyata kasih TUHAN dalam diri saudara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel