10 Ayat Alkitab tentang Cinta Pasangan Kristen

Allah menciptkan manusia dengan berpasang pasangan. Ia menciptakan laki laki dan perempuan yang pada akhirnya bisa bersama sama dan membentuk suatu ikatan yang namanya keluarga. Menurut Anda apa itu cinta pasangan? Ayat alkitab sendiri berlaku sebagai buku terbaik yang bisa membantu Anda membuat kesimpulan yang benar tentang cinta itu sendiri.

Allah sebagai penggelar keluarga pertama yakni Adam dan Hawa ingin semua keluarga bisa bahagia. Sayangnya keluarga pertama tidak taat. Akibatnya mereka menderita. Sebenarnya, TUHAN memberi tahu kita bagaimana caranya kita bersama pasangan bisa bahagia. Entah sekarang Anda masih menjalin hubungan sebagai pacar, kekasih atau sudah menjadi sepasang suami dan istri.

Di dalam alkitab ada begitu banyak nasehat praktis dan prinsip yang bisa membantu terkait dengan kesetiaan cinta. Apalagi jika sekarang Anda sedang menghadapi situasi yang tidak diinginkan seperti pasangan yang jauh (ldr) dan ketika Anda merindukan seseorang. Mari menyelaraskan cara berpikir kita sesuai dengan pandangan alkitab pada ayat alkitab dibawah ini.

Ayat Alkitab tentang Cinta Pasangan Kristen

1. 1 Yohanes 3:18

Ayat 18 : “Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.”

Cinta sendiri menurut alkitab tidak hanya ditunjukkan melalui kata kata. Melainkan setiap perkataan yang diucapkan harus selaras dengan tindakan atau perbuatan di dalam kebenaran. TUHAN menginginkan umatnya terutama pasangan bisa saling mengasihi dalam segala aspek kehidupan bukan hanya dengan membual.

2. Filipi 1:10

Ayat 10 : “sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,”

Apa yang TUHAN perintahkan dalam alkitab adalah caranya supaya kita tidak didapati bercacat sampai akhir. Termasuk caranya memilih pasangan hidup, pasangan yang kita pilih menjadi bagian dalam hidup kita. Apakah ia juga mendukung sikap sikap baik dan membantu Anda mengembangkan sikap buah roh? Pasangan yang baik akan saling berupaya untuk tidak bercacat dihadapan TUHAN.

3. 1 Korintus 13:4,5

Ayat 4,5 : “Kasih itu sabar, kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.”

Cinta yang sejati harus dilandaskan pada kasih. Kasih sendiri mencangkup banyak sikap penting yang perlu dikembangkan oleh orang kristen. Hal ini mencangkup untuk murah hati, tidak cemburu, tidak sombong, tidak berlaku tidak sopan, tidak egois, tidak pemarah dan tidak mendendam.

4. Efesus 4:31,32

Ayat 31,32 : “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Bagaimana kehidupan pasangan kristen? Apabila mereka mengindahkan nasehat alkitab ini pernikahan atau hubungan bisa bahagia. Setiap pasangan pasti memiliki konflik atau masalah, tapi dalam buku efesus ini kita diperingatkan untuk membuang segala kemarahan dan pertikaian. Melainkan sebaliknya pasangan harus saling mengasihi dan mengampuni sebagaimana TUHAN sudah mengampuni.

5. Galatia 5:22,23

Ayat 22,23 : “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Sifat buah roh dalam buku Galatia ini merupakan sifat sifat yang perlu di upayakan untuk memperkuat hubungan bersama pasangan. Meskipun kita tidak sempurna kita perlu mengerahkan upaya. Mungkin dengan tahap bertahap, kita bisa pilih salah satu sifat yang ingin dikembangkan terlebih dahulu.

6. Amsal 12:18

Ayat 18 : “Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan.”

Bibir kita seringkali diumpamakan seperti benda kecil yang bisa menyulut api yang besar. Apa yang kita lontarkan bisa mempengaruhi perasaan orang yang mendengar. Kata kata di Amsal mengatakan mulut bisa seperti tikaman pedang apabila tidak dipikirkan terlebih dahulu. Tapi hendaknya kita semua bisa dengan bijak menggunakan lidah kita. Hal ini berlaku untuk menguatkan hubungan dengan pasangan Anda.

7. Kolose 4:6

Ayat 6 : “Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.”

Perlakuan kita terhadap orang lain mencerminkan siapa kita. Jika kita senantiasa memiliki kasih kepada orang lain, orang orang akan menganggap kita sebagai orang yang pengasih sebagaimana TUHAN kita adalah kasih. Termasuk cara Anda memperlakukan pasangan, jika Anda selalu berupaya untuk mengerahkan kasih maka, pasangan Anda akan semakin mengasih Anda juga.

8. Filipi 2:2

Ayat 2 : “karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan.”

Cinta pasangan menurut alkitab di tandaskan juga melalui Filipi 2:2. Mereka berdua akan memiliki kecenderungan sehati sepikir dalam satu ikatan kasih, satu jiwa dan satu tujuan. Dengan demikian mereka juga bisa saling menguatkan dalam iman dan kerohaniaan hingga hubungan mereka akan sempurna karena ada sukacita dari TUHAN kita.

9. Amsal 20:18

Ayat 18 : “Rancangan terlaksana oleh pertimbangan, sebab itu berperanglah dengan siasat.”

Sebelum membuat keputusan buku amsal menandaskan pentingnya pertimbangan dan pemikiran yang matang. Apapun keputusan yang memengaruhi kehidupan Anda terutama juga bersama pasangan. Pikirkanlah dan ajak pasangan untuk turut handil dalam setiap keputusan. Dengan keputusan bersama masalah apapun bisa diselesaikan dengan keputusan bersama.

10. Amsal 8:32,33

Ayat 32,33 : “Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku. Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya.”

Pada ayat ini TUHANberfirman akan pentingnya mengindahkan setiap didikan yang Dia berikan melalui alkitab dan jangan pernah mengabaikannya. Dengan demikian, kita bisa lebih bijak terutama cara terbaik dalam memperkuat hubungan cinta dengan pasangan.

Baca Juga :

Inilah ayat ayat alkitab yang mungkin beberapa diantaranya sudah sering Anda dengar saat menandaskan apa itu cinta kasih, penguatan cinta, kesetiaan, cinta sejati dan lain sebagainya. Selain ayat ayat populer diatas, Anda juga bisa membaca secara langsung di alkitab, kisah kisah hamba Allah terkait pembahasan ini.

Sebagai contoh adalah kisah antara Ishak dengan Ribka. Lalu ada Abraham dan Sara yang kisah mereka dicatat dalam alkitab. Bagaimana mereka menunjukkan kasih sayang satu sama lain bisa dijadikan teladan dan contoh bagus untuk pasangan pasangan dewasa ini. Sekian informasi ini, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel