10 Ayat Alkitab tentang Lahir Baru dalam Kristen

Ketika Anda membaca Alkitab, kemungkinan Anda akan menemukan banyak kata tentang lahir baru. Apa maksudnya? Kebanyakan orang belum mengerti artinya atau apa makna yang terkandung di dalamnya. Ada yang beranggapan bahwa ayat alkitab susah dimengerti untuk dipelajari. Sebenarnya tidak demikian. Anda hanya perlu melakukan riset terkait ayat alkitab tentang lahir baru tersebut.

Untuk mencari tahu, mungkin Anda perlu memahami apa arti hidup menurut iman kristen terlebih dahulu. Setelah itu cari tahu arti lahir baru dalam bahasa Yunani dan ilustrasi atau contoh dalam alkitab yang bisa membantu Anda memahaminya. Dengan mencoba berfikir kritis, Anda akan terkesan dengan makna dan pesan yang TUHAN sampaikan dalam setiap ayatnya.

Untuk itu, mari kita bahas beberapa ayat yang menandaskan arti lahir baru. Beberapa diantaranya mungkin sudah sering Anda dengar dalam khotbah ibadah, renungan harian, pembacaan alkitab harian dll. Tapi, cobalah untuk memahami setiap kata dan artinya. Yuk simak.

Ayat Alkitab tentang Lahir Baru

1. 1 Petrus 2:2

Ayat 2 : “Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni  dan yang rohani , supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

Dikatakan seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin minum air susu murni. Maka, demikian pula kita secara pribadi perlu memupuk keinginan yang murni untuk mendapatkan pengetahuan rohani. Dengan pengetahuan tersebut, kita bisa bertumbuh secara rohani dan beroleh keselamatan di masa depan. Bagaimana caranya? Rutin melakukan pembelajaran alkitab dan membacanya setiap hari adalah kuncinya.

2. Kolose 3:10

Ayat 10 : “dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya

Kata manusia baru yang terus diperbaharui memaksudkan dalam segi iman dan kerohanian. Hendaknya kita masing masing terus memperbaharui sifat sifat yang tidak saleh dan mengubahnya sesuai dengan apa yang TUHAN perintahkan. Memperbaharui diri kita perlu dilakukan sesuai dengan pengetahuan yang benar menurut Alkitab.

3. Efesus 2:4

Ayat 4 : “Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,

Allah kita adalah Allah yang sangat kaya akan kebaikan, kasih dan rahmat. Semua itu dilimpahkan kepada umatNya tanpa perhitungan. Karena hal inilah kita mau terus memperbaharui diri menjadi yang lebih baik bahkan seperti terlahir kembali di dalam Kristus.

4. Yehezkiel 36:26

Ayat 26 : “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Kita adalah manusia yang tidak sempurna. Untuk menjadi pribadi baru dengan meninggalkan kebiasaan lama bisa terasa sangat sulit. Tapi, dengan bantuan Allah, kita bisa menerima hati dan roh yang baru untuk terjauh dari hati yang keras. Dengan demikian, Allah juga bisa memberi kita hati yang taat kepadaNya.

5. Yakobus 2:8,9

Ayat 8 dan 9 : “Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik. Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.”

Lahir baru dalam kristus mencangkup menjalankan hukum yang utama dalam alkitab. Apa itu? Mengasihi sesama seperti mengasihi dii sendiri adalah perintah yang pertama. Jika kita bertindak sebaliknya, maka kita belum bisa dikatakan lahir baru di dalam Kristus Yesus.

6. Efesus 4:23,24

Ayat 23 dan 24 : “supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”

Mengenakan manusia baru dan diperbaharui dalam roh dan pikiran adalah tujuan Allah bagi diri kita masing masing. Kita semula diciptakan oleh karena kehendak Allah yang dipenuhi dengan kekudusan. Meskipun sekarang kita semua masih manusia yang tidak sempurna, tapi kita beriman bahwa di masa depan Allah akan mewujudkan maksud tujuannya untuk menjadikan kita manusia baru dalam kebenaran yang sempurna.

7. Ibrani 10:9,10

Ayat 9 dan 10 : “Dan kemudian kata-Nya: "Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu. " Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua. Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya d  oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Melalui karunia tebusan Yesus Kristus, kita sebenarnya telah diperbaharui untuk bisa memperoleh harapan kehidupan abadi dimasa depan. Karena kita adalah manusia yang berdosa, Yesus seakan akan mengangkat kita untuk harapan dan berkat. Sekarang, upaya itu selanjutnya adalah dari diri kita sendiri untuk memperbaharui diri sesuai dengan kehendak Allah.

8. Efesus 5:1,2

Ayat 1 dan 2 : “Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.

Lahir baru juga memaksudkan kepribadian baru sebagai anak anak yang penurut bagi Allah. Anak anak yang selalu mengupayakan kasih mengikuti teladan Kristus. Sebagaimana Kristus Yesus telah menjadi teladan dalam mencerminkan sifat kasih BapaNya. Selain itu, jangan sampai kepribadian Anda tercemar oleh apapun yang tidak patut bagi kuasa kudus.

9. Galatia 5:16

Ayat 16 : “Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Hidup dalam roh maksudnya kita hidup di dalam perkenan TUHAN. Dengan demikian, kita perlu menghindari keinginan daging yang bisa menjerat. Kita tidak akan membuat apapun bisa membuat diri kita tercemar oleh perbuatan daging yang memuakkan bagi TUHAN.

10. 1 Petrus 2:21

Ayat 21 : “Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya

Yesus Kristus selama pelayanannya di bumi, tujuannya bukan hanya sekedar memberikan pengorbanan terbesar untuk menebus dosa manusia. Tapi, Ia juga memberikan banyak pembelajaran dan teladan yang perlu diikuti oleh semua murid Kristus, tidak hanya pada jaman alkitab tapi berlaku sampai dengan sekarang. Dengan mengikuti teladan itu, kita bisa membuktikan bahwa kita telah lahir baru di dalam Kristus Yesus.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah beberapa ayat alkitab yang menandaskan arti dan makna lahir baru. Ini hanyalah sebagian dari ayat yang disebutkan, masih ada banyak lagi ayat alkitab lainnya. Teruslah renungkan dan melakukan pembelajaran pribadi.

Yang paling penting, tanyakan kepada diri Anda sendiri, bagaimana diri Anda bisa mencerminkan lahir baru di dalam kristus dalam kehidupan sehari hari? Semoga informasi terkait bisa membantu Anda dan ingatlah bahwa upaya Anda untuk memahami kata Alkitab akan dihargai dan diberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel