10 Ayat Alkitab tentang Kesembuhan dan Keselamatan

Penyakit sekarang bisa menjangkit siapa saja, dimana dan kapan saja. Bahkan seseorang yang sudah menjaga kesehatannya dengan baik pun, bisa sakit. Selain itu keadaan tidak terduga seperti kecelakaan juga bisa terjadi di dalam kehidupan kita. Ayat alkitab sendiri mengatakan bahwa kesembuhan dan keselamatan bisa kita dapatkan hanya di dalam TUHAN.

Oleh sebab itu, Setiap hari kita selalu di ingatkan untuk berhati hati dan waspada. Kita memang tidak bisa mengandalkan kekuatan kita sendiri. Allah adalah sumber kehidupan, Ia memberi kita nafas kehidupan dan menikmati hal baik di bumi. Meski, sekarang ada banyak orang menderita dan sakit, ini bukanlah tujuan Allah yang semua. Allah ingin semua manusia sehat dan hidup bahagia.

Karena kasih Allah, kita kembali memiliki harapan kehidupan melalui karunia tebusan Yesus Kristus. Maka, untuk memperoleh kesembuhan dan penyelamatan dari belenggu dosa dan penderitaan hanya bisa kita dapatkan dari Allah. Bagaimana caranya? Untuk tahu selengkapnya, mari kita simak penjelasannya berdasarkan apa yang Firman TUHAN katakan di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Kesembuhan dan Keselamatan

1. Roma 1:17

Ayat 17 : “Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman.

Iman adalah kepercayaan kita kepada Allah. Tanpa adanya iman kita mustahil bisa menyenangkan Allah. Oleh sebab itu untuk memperoleh keselamatan kita perlu memiliki iman yang membuat kita hidup sebagai orang benar. Hal ini selaras dengan catatan ayat di buku Roma.

2. Titus 3:5

Ayat 5 : “pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,”

Keselamatan yang Allah berikan bukanlah karena perbuatan baik yang kita lakukan. Tapi sejak awal Allah sangat mengasihi kita sehingga ia memberikan Putra yang sangat Ia kasihi sebagai tebusan dosa bagi kita semua yakni orang yang percaya maupun tidak percaya.  Oleh karena tebusan itu kita memiliki harapan untuk hidup selamanya di masa depan.

3. Yohanes 3:16,17

Ayat 16 dan 17 : “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Ayat ini juga menyinggung hal yang sama dengan buah pikiran ayat sebelumnya. Karena kasih Allah yang begitu besar untuk umat manusia, Dia tidak ingin satupun binasa, melainkan sebanyak mungkin orang bisa selamat dan beroleh berkat. Meskipun ada banyak orang tidak tahu rasanya berterima kasih atas karunia ini, Kita mau senantiasa bersyukur.

4. Yakobus 2:24

Ayat 24 : “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.”

Memang Iman merupakan faktor yang sangat penting untuk kita bisa didapati setia dan selamat. Tapi iman tanpa perbuatan bukanlah apa apa. Untuk itu, iman yang kita miliki perlu kita tunjukkan dengan perilaku sebagai bukti nyata bahwa kita benar benar beriman kepada Allah.

5. Filipi 2:12

Ayat 12 : “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,”

Yesus Kristus memerintahkan untuk kita semua tetap taat sampai akhir. Dengan mengupayakan keselamatan tanpa gentar atau takut. Ini berarti kita mau menaati perintah Allah tidak soal kondisi apapun yang sedang kita hadapi.

6. Roma 8:37

Ayat 1: “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Kita bisa lebih bahagia sekarang karena dimasa depan Allah akan mengupahi orang orang dengan keselamatan dan bahwa penyembuhan atau pemulihan ibadah akan terjadi. Sehingga yang tersisa hanyalah orang orang yang mengasihi Allah dan lebih lagi sebaliknya.

7. Pengkhotbah 9:11

Ayat 11 : “Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.

Alkitab telah memberitahu bahwa setiap hal yang terjadi dalam hidup kita bisa dipengaruhi oleh kejadian yang tidak terduga atau situasi yang tidak tepat. Ini memungkinkan orang yang cerdas dan cerdik pun bisa celaka atau bahwa orang yang sukses sekalipun bisa jatuh. Yang bisa kita lakukan adalah bersandar pada Pribadi kekal yang menantikan kita untuk datang kepadaNya.

8. Mazmur 28:7

Ayat 7 : “TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.”

Allah adalah sumber penolong yang paling bisa kita andalkan di dunia ini. Sebab oleh karenaNya lah kita bisa menikmati hal hal baik di dunia. Dengan menyatakan rasa syukur kita kepadaNya akan membuat kita lebih percaya bahwa Dia akan sanggup memberikan kita keselamatan di masa yang akan datang.

9. 1 Timotius 4:16

Ayat 16 : “Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Dengan belajar dari alkitab, kita bisa tahu semua hal tentang Allah. Kita jadi tahu bahwa sumber kesembuhan dan keselamatan hanya di dalam Dia. Melalui ajaran itu juga yang membuat kita dapat terus bertekun hingga pada akhirnya kita bisa beroleh penyelamatan oleh karena Allah mendengar seruan kita.

10. Filipi 4:7

Ayat 7 : “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Meskipun dewasa ini musibah dengan tiba tiba muncul seperti penyakit dan penderitaan. Kita bisa meminta damai sejahtera dari Allah yang bisa menyembuhkan luka hati kita. Karena sebenarnya kedamaian dari Allah itulah yang bisa memelihara hati serta pikiran kita di dalam Kristus Yesus.

Baca Juga :

Inilah beberapa ayat alkitab yang bisa membantu Anda lebih memahami keadaan kita masing masing yang sangat membutuhkan penyertaan TUHAN. Kita adalah manusia yang tidak sempurna, bahkan mengarahkan langkah kita sendiri pun seringkali tidak sanggup.

Mari kita semua bertekad untuk menggenggam harapan keselamatan dan penyembuhan secara menyeluruh oleh Allah kita. Janji nya di masa depan terkait pemulihan ibadat yang murni serta lenyapnya semua penderitaan dan penyakit akan menjadi harapan kita yang pasti. Semoga TUHAN memberkati kita semua!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel