-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Kesetiaan

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi saya membagikan Bahan Khotbah Kristen Tentang Kesetiaan. Menurut KBBI kata kesetiaan berasal dari kata dasar setia, yang tergolong dalam kelas kata sifat, yang artinya berpegang teguh (pada janji, pendirian, dan sebagainya); patuh; taat. Jadi, kesetiaan ialah keteguhan hati; ketaatan (dalam persahabatan, perhambaan, dan sebagainya); kepatuhan.

Dalam bahan khotbah ini kita akan belajar tentang kesetian dari seorang tokoh Alkitab yaitu Rut. Ia merupakan seorang wanita Moab (Rut 1:4) dan menantu dari Noumi. Nah pada kesempatan ini kita akan belajar bersama kunci kesetiaan yang Rut miliki sehingga Tuhan berkenan memberkati kehidupan keluarga Naomi dan Rut. Bahkan Rut ini termasuk dalam silsilah garis keturunan Mesias.

3 KUNCI KESETIAAN

Di Pasal pertama diceritakan perjalanan kehidupan keluarga Elimelekh dan Naomi. Dari keputusan mereka merantau hingga kejadian yang begitu tragis terjadi kerena semua anggota keluarga Naomi yang laki-laki mati. Tidak ada orang yang menginginginkan musibah terjadi dalam hidupnya termasuk Naomi dan menantu-menantunya. Namun dari kejadian ini kita dapat mempelajari bagaimana agar kita dapat menjadi orang-orang yang setia?

I. Ada Tekat Yang Kuat (Rut 1:12-18)
    -Komitmen (14)
    -Tudak Berubah (16)
    - Gigih dan Berpendirian Teguh (18)

II. Berani Bayar Harga (Rut 2:11-12)
    - Berpindah dari zona nyaman
    - Mau berusaha

III. Percaya Pada Janji Tuhan (Rut 4:9-17)
    - Hidup yang dipulihkan
    - Hidup yang diberkati

Membangun kesetiaan dalam hidup memang bukanlah hal yang mudah, namun belajar dari 3 kunci kesetiaan dalam hidup Rut yaitu dengan kita memiliki tekat yang kuat, berani bayar harga dan terus percaya pada janji Tuhan maka kita akan dimampukan untuk menjaga kesetiaan pada apapun itu termasuk kesetiaan kita untuk mengikut Tuhan. Rut dan Naomi menerima pemulihan dan berkat akibat kesetiaan yang selalu dipelihara dengan komitmen yang kuat dalam hidup mereka.
Lirik Lagu: Kutetap Setia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel