10 Ayat Alkitab tentang Natal (Hari kelahiran Tuhan Yesus)

Hari Natal adalah moment yang sangat dinantikan oleh setiap orang kristen di dunia. Dimana pada pekan tersebut mereka bisa berkumpul dengan keluarga dan kerabat dalam suasana Natal yang hangat. Nah, melalui ayat alkitab yang cocok dan menghibur bisa semakin memaknai hari Natal saudara. Banyak dari ayat alkitab membahas tentang tanda kasih Allah dalam Natal.

Natal juga bisa dijadikan pekan Anda untuk saling menguatkan dan menunjukkan kasih akan sesama. Bagaimana caranya? Diantaranya adalah dengan memberikan ayat alkitab untuk keluarga maupun sahabat. Ayat alkitab mana saja yang bisa Anda gunakan? Untuk itu, mari kita simak deretan referensi ayat alkitab di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Natal

1. Lukas 2:11

Ayat 11 : “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.”

Hari penting dan bersejarah bagi kehidupan manusia untuk selamanya bahwa Yesus Kristus telah lahir sebagai Juruselamat yang dinubuatkan. Juruselamat yang akan membebaskan, menyembuhkan dan memulihkan orang berdosa untuk menjalankan ibadat murni yang diperkenan oleh-Nya.

2. Matius 1:21

Ayat 21 : “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Alkitab memberitahu kita secara saksama bahwa wanita yang terkenal baik hati itu, Maria telah dipilih oleh Bapa yang di Sorga untuk melahirkan seorang anak laki laki. Namanya adalah Yesus. Ia akan menyelamatkan umat manusia dari belenggu dosa.

3. Roma 6:23

Ayat 23 : “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Melalui satu orang yakni adam kita semua berbuat dosa. Sebagaimana upah dosa adalah maut atau kematian, maka kita bersyukur atas karunia Allah kepada kita akan harapan hidup kekal melalui Yesus Kristus.

4. Yohanes 1:14

Ayat 14 : “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”

Penuh kasih dan karunia ketika Bapa yang di Sorga memberikan kemuliaannya berupa firman. Firman itu menjadi manusia. Ia bukan datang untuk dilayani tapi melayani supaya kita yang berbuat dosa bisa diselamatkan oleh belas kasihan dan kemurahan hati Nya.

5. Galatia 4:4-5

Ayat 4-5 : “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.”

Bisa kita bayangkan seorang yang memiliki kedudukan yang tinggi, maukah mereka turun keposisi bawah dengan rendah hati? Tentu saja tidak, tapi Bapa kita yang di Sorga begitu luar biasa. Ia memberikan teladan terbesar untuk kita ikuti. Ia mengutus putranya di Sorga kebumi dan hidup sebagai manusia yang rendah seperti kita. Kerendahan hati yang tercermin untuk kita tiru.

6. Matius 2:2

Ayat 2 : “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

Orang orang pengamat bintang yang disebutkan sebagai orang majus telah melihat tanda tanda lahirnya sang Mesias yang dijanjikan. Bintang di Timur menjadi tanda bagi mereka. Mereka pun segera mencari untuk mendapati dan menyembah Dia. Meskipun akhirnya, mereka di bawa ke Raja Herodes yang jahat yang ingin membunuh Yesus. Hal apapun itu, tidak berhasil untuk menggagalkan rencana TUHAN.

7. Lukas 1:35

Ayat 35 : “Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.”

Kata kata ini tepatnya ditujukan untuk orang tua Yesus yakni Maria. Bapa yang di Sorga menguatkan Maria. Maria adalah seorang perawan dan memiliki seorang tunangan bernama Yusuf. Allah meyakinkan Maria bahwa kuasa Allah akan menaungi mereka sebab anak yang ia lahirkan adalah kudus sebagai anak Allah.

8. Yohanes 3:16

Ayat 16 : “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Kasih yang Allah curahkan bagi umat manusia begitu besar yang tercermin dalam kasih setiaNya mengaruniakan anakNya yang tunggal untuk menebus dosa kita supaya kita akhirnya bisa diselamatkan. Allah tidak menginginkan setiap orang binasa tetapi memperoleh hidup kekal. Setiap orang adalah berharga dimataNya.

9. Roma 15:13

Ayat 13: “Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Allah adalah sumber pengharapan besar yang selalu bisa diandalkan. Ia bisa memberikan kita sukacita, damai dan sejahtera kalau kita beriman akan Dia dan tebusan yang telah Ia berikan. Melalui roh kudus kita akan percaya di dalam pengharapan.

10. Lukas 2:13-14

Ayat 13-14 : “Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Kemuliaan Allah hanya diperuntukkan untuk mereka, manusia yang berkenan kepadaNya. Sudahkah kita beriman dan percaya atas karunia tebusan tersebut? Jika kita bersukacita bersama sejumlah besar bala tentara di Sorga yang memuji Allah, kita yakin sepenuhnya akan kuasa besar Allah.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan ayat alkitab yang sarat akan makna natal yang menyentuh hati. Kita diyakinkan bahwa kristus lahir ke dunia dengan tujuan yang sangat mulia tercermin dari kata kata alkitab tersebut.

Ayat ayat alkitab diatas adalah ayat favorit dan terkenal. Anda mungkin kerap mendengarnya pada saat khotbah natal, tema natal, ayat hapalan natal dan lain lain. Silahkan untuk merenungkan moment natal yang damai, sukacita dan penuh kegembiraan ini melalui firman Tuhan. Semoga bisa bermanfaat, TUHAN memberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel