-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Pergumulan

Shalom sobatku yang setia, saat kita mengambil keputusan mengikut Kristus tentu jaminan keselamatan telah kita terima dan menjadi bagain kita, tetapi tidak berarti kita lepas dari masalah atau pergumulan hidup. Tuhan selalu janji akan menyertai kita dan mememberikan pertolongan serta kekuatan untuk berjuang menang melawan pergumulan atau tantangan hidup. Baca Juga: Hidup Optimis

Iblis tidak suka melihat manusia dekat dengan Allah dan berhasil kembali pada Allah, itu sebabnya dengan berbagai strategi dan daya upaya Iblis menggoda kita untuk menyangkal dan meninggalkanTuhan. Semasa hidup-Nya pun Yesus pernah dicobai oleh Iblis namun gagal, karena Yesus tau strategi Iblis itu berujung pada maut dan upaya menggagalkan rencana keselamatan.

STRATEGI IBLIS

Matius 4:1-11

Apa Saja Stategi Iblis Untuk Menggagalkan Rencana Allah Itu Terjadi Dalam Hidup Kita?

I. Melalui Kebutuhan Hidup (1-4)
- Kebutuhan Primer: Kebutuhan yang berkaitan dengan mempertahankan hidup secara layak. Kebutuhan ini mendasar dan harus dipenuhi manusia. Kebutuhan Primer terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan (tempat tinggal). Iblis dapat menggunakan kebutuhan hidup kita agar kita menyangkal Tuhan.

II. Melalui Popularitas (5-7)
-Kebutuhan Sekunder: Kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup. Kebutuhan sekunder berupa penunjang hidup. Kebutuhan Sekunder terdiri dari pendidikan, akses kesehatan, hiburan, dan popularitas.

III. Melalui Kekuasaan (8-11)
-Kebutuhan Tersier: Kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan dan meningkatkan harga diri, prestasi atau gengsi, serta kekuasaan. Contoh kebutuhan tersier ialah kedudukan/posisi/jabatan, liburan keluar negeri, perhiasan, dan barang bermerk, dll.

IV. Melalui Firman (3 dan 6)
-Kebutuhan Spiritual: Kebutuhan yang berkaitan dengan usaha mencari Tuhan dan jalan kebenaran. Iblis juga mengerti dan tau firman Tuhan, tetapi tidak suka dengan firman dan dengan firman Iblis juga dapat memperdaya kita untuk menyangkal Tuhan dan untuk tunduk pada Iblis. Itu sebabnya penting belajar firman lebih mendalam agar tidak termakan bujuk rayu si Iblis yang ingin menjerumuskan kita ke dalam maut, karena kurangnya pengetahuan kita tentang firman Tuhan yang benar.

Yesus mampu lepas dari strategi Iblis yang licik dan jahat, karena Dia mendasarkan seluruh kehidupan-Nya kepada Firman Tuhan. Pengertian yang baik akan kebenaran firman Tuhan penting kita miliki untuk melawan strategi Iblis. Menang atas pergumulan hidup dapat kita miliki saat kita mengenal Tuhan kita, mengetahui kebenaran firman-Nya, dan mengerti kehendak Tuhan dalam rencana-Nya dalam kehidupan kita. Amin. Lirik Lagu: Yang Selalu Kuandalkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel