-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Yusuf Ayah Yesus

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi dengan bahan khotbah Kristen dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang “Yusuf Ayah Yesus”. Bagi orang-orang Kristen Yusuf, ayah Yesus bukan sosok yang asing, nama Yusuf menjadi popular karena dipilih oleh Allah sebagai Ayah bagi Yesus secara manusia. Baca Juga: Kelahiran Yesus, Karya Terbesar

Kisah hidup Yusuf begitu menarik untuk ditelusuri dan dipelajari karena kisah hidupnya adalah satu kisah tokoh Alkitab yang begitu menginspirasi. Apa saja sifat dan karekter Yusuf ayah Yesus yang perlu diteladani terutama bagi orang-orang percaya masa kini?

YUSUF AYAH YESUS
Matius 1:18-25

I. Seorang yang tulus hati (19)

    Buktinya:
    - Tidak mau mencemarkan nama isterinya
    - bermaksud menceraikan dengan diam-diam (membatalkan pertunangannya)
    - tidak bersetubuh dengan Mariasampai ia melahirkan anaknya laki-laki yaitu Yesus

II. Seorang yang sederhana (1:20)
    - Dari keluarga sederhana (Mat.13:55)
Walaupun Yusuf adalah keturunan Daud, tetapi dari pekerjaanya dapat disimpulkan bahwa dia               adalah sosok yang sederhana tidak neko-neko atau gengsi.
    - Dalam Lukas 2:22-24, kesederhanaan Yusuf ayah Yesus diperkuat dengan persembahan yang            diberikannya saat bayi Yesus dibawa ke Bait Suci kepada Allah, Yusuf mempersembahkan                    sepasang tekukur atau dua ekor burung merpati.

III. Seorang yang taat (24-25)
    - Taat/patuh kepada Tuhan
    - Menuruti arahan malaikat Tuhan untuk mengambil Maria sebagia isterinya tanpa ragu
    - Saat malaikat Tuhan memerintahkan Yusuf membawa Maria dan bayi Yesus mengungsi ke Mesir karena raja Herodes ingin membunuhbayi Yesus, Yusuf mentaatinya.
    - Yusuf ayah Yesus selalu mentaati perintah dan arahan Tuhan tanpa ada bantahan sama sekali.

Dari karakter yang telah disebutkan di atas, kita dapat mengerti mengapa Allah mempercayakan Yesus tumbuh di keluarga Yusuf. Ketulusan hati Yusuf adalah sifat yang tulus yang dimilikinya dalam mengajar dan mendidik Yesus. Walaupun Yusuf adalah keturunan raja Daud, tetapi kesederhanaan Yusuf membentuk Yesus menjadi pribadi yang dekat dengan orang-orang yang membutuhkan kasih kemurahan Tuhan. Ketaat Yusuf menunjukan rasa hormat dan takut akan Allah. Inilah yang membuat Yusuf dipilih menjadi ayah Yesus secara manusia. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel