-->

Contoh Doa Syafaat ibadah Penghiburan Kristen

Setiap manusia akan kembali kepada Bapa, akan kembali bersama Tuhan Yesus jadi jangan takut jika sabat tetap dijalur yang benar. Sebagai orang kristen kita tentu sudah tau bahwa setiap ada saudara ataupun jemaat dalam satu Gereja meninggal dunia pasti di adakan ibadah Penghiburan. Ibadah tersebut biasanya disesuaikan oleh keluarga tersebut, setelah penguburan sampai dengan beberapa hari kedepan sesuai permintaan.

Saat ibadah penghiburan dilaksanakan sudah tentu ada Doa Syafaat yang disampaikan buat menguatkan keluarga yang di tinggalkan. Supaya tidak berlarut dalam kesedihan karena saudara kita sudah bersama Bapa di surga. Doa yang di ungkapkan atau di ucapkan terkadang terlalu takut kita sebutkan terlebih bagi kita yang baru belajar berdoa.

Untuk Doa syafaat penghiburan biasanya di serahkan oleh Pendeta (Bapak Gembala), bisa juga tua tua sidang atau Majelis yang di percaya. Ada juga diserahkan kepada salah satu Jemaat yang biasa berdoa, nah buat sobat yang masih binggung yuk kita belajar berdoa supaya tidak ragu dan kaku dalam mengucapkannya. Doa Penghiburan ini juga sebagai bahan pembelajaran saya sebagai admin blog LaguRohani.id.

Contoh Doa Syafaat ibadah Penghiburan Kristen
Oleh: Pdt. Daniel T.A. Harahap (rumametmet.com)

Contoh Doa Penghiburan 1
Ya Bapa, kami datang ke hadapanMu sebab kami kehilangan orang tua yang melahirkan, mendidik dan membesarkan kami. Luka dan duka hati kami sangat dalam ya Tuhan. Siapakah yang dapat menolong kami? Hanya Engkau sajalah Tuhan satu-satunya yang kami percaya. Jangan tinggalkan kami di malam-malam gelap dan gulita ini. Peganglah tangan kami dan peluklah kami ya Tuhan Yesus. Tinggallah Engkau di sini, sebab hati kami sangat takut dan sedih, dan kami amat lemah dan ringkih. Engkaulah Pelindung, tumpuan jiwa kami, jangan biarkan kami hancur binasa. Demi nama Kristus, Tuhan yang berkuasa dan akan datang kembali mengangkat kami, Haleluya AMIN.

Contoh Doa Penghiburan 2
Ya Tuhan kami Yesus Kristus, kami berdoa bagi saudara-saudara kami yang berduka karena dipaksa berpisah dengan orang-orang yang dikasihi dan mengasihinya. Engkaulah sumber penghiburan sejati. Hiburkanlah hati kami, hapuskanlah air mata dan belalah kami. Yakinkanlah kami Engkau adalah Tuhan baik bagi orang hidup maupun mati. Kekasih-kekasih kami yang meninggal dunia aman dalam genggaman tanganMu. Ya Allah, hadirlah Engkau di dalam rumah dan hati kedukaan ini, tinggallah di sini mengambil bagian dalam dukacita dan lara kami. Janganlah biarkan kami hanyut dan larut dalam kesedihan. Tolonglah kami mengawali kembali kehidupan kami dengan iman dan harapan yang terarah kepadaMu. Dalam Kristus yang bangkit kami berdoa, Haleluya AMIN.

Contoh Doa Penghiburan 3
Ya Tuhan Allah Bapa kami yang ada di Surga, Engkau berfirman : buluh yang patah terkulai, tidak akan Kauputuskan, dan sumbu yang redup nyalanya tidak akan kaupadamkan. Kami adalah buluh yang patah dan sumbu yang redup itu. Kasihanilah kami, ya Allah, hiburkanlah kami! Yakinkanlah kami dalam kedukaan ini kami berharga di mataMu, Tuhan tidak akan meninggalkan atau membiarkan kami. Kami adalah milikMu dan Engkau adalah milik kami. Tinggallah Engkau di hati kami, dan biarlah kami juga tetap ada di hatiMu, ya Tuhan. Kematian ini begitu pahit dan sedih, kami sangat membutuhkan Kau ada di sini di samping kami. Ya Allah, demi Kristus PutraMu yang telah mati untuk kami, nyatakanlah diriMu yang hidup kepada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa, Haleluya AMIN.

Contoh Doa Penghiburan 4
Ya Tuhan Allah kami, lihatlah air mata dan tangisan anak-anakMu. Hiburkan, hiburkanlah kami, ya Allah. Engkau tidak pernah menolak hati yang patah dan menghina jiwa yang remuk. Engkau tidak pernah melarang kami menangis. Terimalah hati dan jiwa kami yang hancur sebagai persembahan kami kepadaMu. Janganlah tolak kami. Engkau adalah Allah kami, Tuhan yang baik sepanjang hidup kami. Biarkanlah kami mencurahkan segala kegalauan hati dan air mata kami ke dalam dekapan kasihMu. Ya Roh Penghiburan, kasihanilah kami, datanglah menguatkan kami. AMIN.

Contoh Doa Penghiburan 5
Ya Allah Bapa kami yang ada di Surga, kepadaMulah kami membawa air mata kedukaan kami sebab Engkaulah satu-satunya Tuhan dan Juruslamat kami. Biarkanlah kami menangis di hadapanMu, dan mencurahkan segala isi hati kami padaMu sebab hanya Engkaulah yang paling memahami pergumulan kami yang mendalam dan mengenal jiwa kami. Ya Kristus lihatlah kami, rasakanlah kesedihan, ketakutan, kemarahan, dan kegamangan jiwa kami. Biarlah RohMu berkenan tinggal di dalam remuk hati kami, menghibur dan menguatkan perasaan kami. Berfirmanlah Engkau dari kedalaman batin kami, sentuhlah dan sapalah kami, sebab Engkaulah Tuhan dan Juruslamat kami, juga di hari-hari duka ini. AMIN.

Contoh Doa Penghiburan 6
Ya Allah Bapa yang baik, hari ini kami mengingat saudara-saudara kami yang dipaksa kematian yang kejam berpisah dengan orang-orang yang mereka kasihi. Yakinkanlah kami semua maut tidak mampu memisahkan kami dari kasihMu abadi. Memang kami berduka karena maut telah merenggut orang yang kami kasihi dari dekat kami, namun kami percaya maut tidak berkuasa merampas Engkau dari umatMu. Teguhkanlah iman kami. Bukalah mata dan hati kami melihat kehadiran dan cinta Tuhan dalam kehidupan ini sehingga dalam kedukaan sekali pun kami masih dapat bersyukur kepadaMu. Dalam nama Tuhan Yesus yang telah mati dan bangkit kembali, Haleluya Amin.

Contoh Doa Penghiburan 7
Ya Allah, kami mau berdoa bagi mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai, belahan jiwa, karunia terindah dalam hidup mereka. Kami menyebut nama mereka di hadiratMu, ya Allah Hiburkanlah hati mereka, ya Allah. Sebab hanya Engkau sajalah yang mampu menghibur hati yang patah dan luka. Ubahlah segera duka jadi suka, gelap berganti terang, dan keputusasaan menjadi harapan. Ya Allah dalam kedukaan ini jangan biarkan umatMu merasa sendiri. Berfirmanlah Engkau, janganlah biarkan peristiwa kematian ini menggoncangkan dan menghancurkan jiwa kami. Ya Allah, yakinkanlah kami Engkau adalah Allah yang hidup, PutraMu sudah mengalahkan maut, supaya dalam duka nestapa sekali pun kami tetap percaya dan taat kepadaMu. Didalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa, Haleluya Amin.

Beberapa rangkaian doa di atas bisa sobat gabungkan menjadi satu Doa Syafaat yang baik. Tambahkan jika ada kata kata yang lebih enak di ucapkan dan hapus jika sobat merasa tidak pas. Doa Syafaat di atas terbilang singkat karena jika kita baca merupakan Doa Pribadi. Jika anda diberi kesempatan berdoa di depan orang banyak maka perlu di persiapkan apa saja yang akan di doakan. Selamat belajar berdoa semoga kita selalu berserah kepada Tuhan dengan cara berdoa setiap hari dan setiap saat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel