10 Ayat Alkitab tentang Kasih sesama Manusia

Kasih adalah ciri utama orang kristen sejati. Berkali kali dalam alkitab kata ini muncul yang menekankan pentingnya memiliki kasih yang tulus dari hati. Bahkan perwujudan kasih ini tidak hanya kepada keluarga, kerabat, atau sahabat saja, alkitab mengajarkan kita untuk mengasihi musuh kita. Ayat ayat alkitab tentang kasih mencangkup banyak makna dalam hidup kita.

Dengan kasih juga, berbagai sifat sifat baik lainnya bisa timbul seperti belas kasihan, sabar, kesetiaan, bertimbang rasa, tidak berat sebelah dan lain sebagainya. Kasih memungkinkan keluarga bisa tetap bersatu dan harmonis. Sedangkan dilingkungan dengan mengasihi yang bukan sesama kita pun secara tidak sengaja membuktikan bahwa Allah yang kita sembah adalah kasih.

Untuk lebih mendalami arti dan makna ‘Kasih’ menurut alkitab, mari kita simak deretan ayat alkitab dibawah ini sebagai bahan perenungan kita untuk mengembangkan sifat kasih seperti perintah Allah kepada kita.

Ayat Alkitab tentang Kasih

1. Roma 13:8

Ayat 8 : “Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.”

Hukum kasih terlihat dari kata –kata di buku Roma yang menekankan pentingnya mengasihi. Kita tidak akan membiarkan apapun membuat kita berhutang kepada yang lain karena membenci atau mencelakakan. Sebaliknya kita berupaya keras untuk menjalankan hukum kasih dalam kehidupan kita.

2. 1 Petrus 4:8

Ayat 8 : “Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.”

Dengan kasih kita bisa melupakan kesalahan –kesalahan yang mungkin saudara atau saudari lain perbuat kepada kita. Dengan demikian kita dimungkinkan untuk memupuk sifat saling mengampuni dan tidak akan mengungkit –ungkit kesalahannya lagi dan dengan kasih juga kita akan lebih bertimbang rasa kepada rekan kita yang lainnya.

3. 1 Korintus 13:4

Ayat 4 : “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

Arti akan kasih mencangkup banyak hal dalam kehidupan kita. Kasih yang disebutkan diayat ini berarti sabar akan satu sama lain, murah hati, tidak cemburu, tidak berlaku diri paling penting tetapi sebaliknya mengutamakan kepentingan orang lain diatas kepentingan kita sendiri.

4. 1 Korintus 13:13

Ayat 13 : “Demikianlah ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih. Dan yang paling besar diantaranya ialah kasih.”

Dari semua hal yang ada di dunia ini, yakni iman, pengharapan dan kasih. Diantara itu semua yang paling besar adalah kasih. Jadi sudah seharusnya kita memupuk kasih di dalam kehidupan yang bisa membawa kita kepada kedamaian dan ketentraman hati.

5. Kolose 3:14

Ayat 14 : “Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”

Kasih bisa mempersatukan kita semua menjadi satu. Bahkan perbedaan tidak akan berarti apabila ada kasih diantara kita. Kita tidak akan meremehkan orang lain hanya karena ia berbeda dengan kita atau begitu pula sebaliknya. Di ayat ini kasih diumpamakan seperti pengikat.

6. 1 Yohanes 4:11

Ayat 11 : “Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.”

Seperti Allah yang begitu mengasihi manusia dan memberikan korban tebusan yang mahal supaya kita tidak dibinasakan, maka sudah seharusnya untuk kita saling mengasihi juga. Kita tidak akan membeda –bedakan orang lain seperti Allah tidak pernah membeda –bedakan kita.

7. 1 Yohanes 4:7-8

Ayat 7-8 : “Saudara –saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.”

Allah adalah Kasih, jika kita tidak mengenakan kasih ini disamakan bahwa kita tidak mengenal Allah. Kasih itu berasal dari Allah, maka orang kristen sejati harus saling mengasihi sebagai suatu kewajiban dalam kehidupan.

8. Efesus 4:2-3

Ayat 2-3 : “Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.”

Dalam suratnya di Efesus, ayat ini menandaskan pentingnya memperkuat ikatan damai dan memelihara kesatuan. Bagaimana caranya? Yakni dengan berlaku rendah hati, lemah lembut serta sabar. Yang terpenting adalah menunjukkan kasih dengan saling membantu.

9. Roma 12:9-10

Ayat 9-10 : “Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Kasih yang pura pura itu tidak diperkenan oleh TUHAN. Kita perlu berupaya untuk menjauhi hal hal tersebut dengan berupaya saling mendahului memperlihatkan kasih dan hormat, karena ini adalah kehendak TUHAN bagi kita.

10. 1 Korintus 13:1

Ayat 1 : “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.”

Meskipun mungkin kita memiliki banyak kecakapan, tapi melalui ayat ini kita bisa melihat bahwa semua itu tidak ada artinya kalau kita tidak memiliki kasih. Hal ini diibaratkan seperti gong yang berkumandang serta canang yang bergemerincing.

Baca Juga :

Inilah kumpulan ayat emas alkitab tentang kasih persaudaraan. Yang terutama karena Allah adalah kasih, kita pun ingin menirunya untuk mengasihi. Seperti yang sudah disebutkan diatas hal ini tentu saja mencangkup kasih akan Allah, akan sesama bahkan musuh kita.

Semoga dengan ayat ayat alkitab ini dapat meneguhkan tekad kita masing masing sebagai orang kristen untuk saling mengasihi. Sebagai perintah utama dalam hidup kita, bukankah dengan mengembangkan sikap ini kita bisa terus merasa damai? Semoga Tuhan selalu menyertai kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel