10 Ayat Alkitab tentang Kekuatiran

Kekuatiran memang tidak bisa lepas dari hidup. Ada yang khawatir akan kebutuhan yang tidak tercukupi, takut gagal, terlalu rendah diri dan berbagai kondisi lainnya. Nah, untuk itu sumber penghiburan yang paling berpengaruh adalah dari Ayat Alkitab. Sebagai orang kristen Alkitab berbicara tentang jangan terlalu kuatir.

Tantangan dalam hidup bisa saja menggoyahkan iman kita. Untuk tetap kuat kita perlu membaca firman Tuhan untuk berjuang melawan kekhawatiran hidup. Tidak berdasarkan seberapa sulit nantinya kehidupan kita di masa depan, Alkitab menganjurkan kita untuk selalu bersyukur, berserah dan jangan gentar atau takut.

Jika, Sekarang Anda sedang berkeluh kesah, sedih atau gelisah mari kita cari tahu ayat alkitab mana yang bisa menjadi sumber penghiburan bagi Anda. Melalui, kata kata alkitab yang menghibur kita akan diyakinkan bahwa kita memiliki harapan. Jadi untuk apa merasa cemas atau khawatir? Selengkapnya, silahkan buka Alkitab Anda pada ayat ayat berikut ini :

Ayat Alkitab tentang Kekuatiran

1. Filipi 4:6 -7

Ayat 6 : “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada ALLAH dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

Ayat 7 : “Damai sejahtera ALLAH yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam kristus Yesus.”
   
Ayat ini berbicara kepada kita apa yang perlu kita lakukan sewaktu kekhawatiran mencengkeram hidup kita karena alasan tertentu. Kita perlu memohon dan meminta dengan rendah hati pertolongan dan bimbingan dari Tuhan melalui doa. Dengan berdoa, maka kita bisa yakin kedamaian dari ALLAH lebih berkuasa dalam hati dan pikiran kita.

2. 1 Petrus 5:7

Ayat 7 : “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya. Sebab Ia yang memelihara kamu.”

Sewaktu kita merasa khawatir atau sakit, kita bisa terhibur ketika membaca kata –kata di 1 Petrus 5:7. Mengapa? Disini kita diberi tahu bahwa Tuhan melihat dan peduli kepada kita. Rasul Petrus meneguhkan bahwa kita tidak perlu khawatir tentang apa yang akan terjadi pada kita, sebab kita punya ALLAH yang akan memelihara kita.

3. Matius 6:34

Ayat 34 : “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Nasihat bijaksana yang Yesus bicarakan di Matius 6:34 tampaknya sulit untuk diterapkan. Tapi, Yesus berkata agar murid –muridnya memahami tentang kekhawatiran tidak beralasan atau berlebihan itu tidak menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu, orang kristen sebaiknya tidak menambah kekhawatiran untuk masalah di masa lalu atau di masa depan. Nasihat ini berlaku untuk kita dewasa ini untuk jangan terlalu merasa khawatir.

4. Amsal 12:25

Ayat 25 : “Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tapi perkataan yang baik mengembirakan dia.

Raja salomo dalam kata –katanya di Amsal 12:25 berbicara tentang kecenderungan hati manusia. Kekhawatiran memang dapat menyebabkan kesedihan yang amat mendalam. Untuk meringankan beban itu, obatnya ialah hati yang bersukacita oleh karena perkataan baik yang menganjurkan.

5. Mazmur 94 :19

Ayat 19 : “Apabila bertambah banyak pikiran dalam hatimu, penghiburan menyenangkan jiwamu.”

Apapun yang membuat kita gelisah atau khawatir, dengan membaca dan merenungkan alkitab Anda bisa terhibur. Karena kata kata Tuhan adalah sumber penghiburan terbesar.

6. Yesaya 41:10

Ayat 10 : “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, Jangan bimbang, sebab aku ini Allahmu. Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau, Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Di ayat ini secara pribadi kita bisa dikuatkan dan semakin beriman. Kita seperti memiliki seorang sahabat terbaik yang berjanji akan selalu menyertai, membimbing dan menolong kita. Bukankah ayat ini secara tidak langsung menguatkan kita?

7. Mazmur 56:3

Ayat 3 : “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu

Melalui ayat di mazmur 56:3 kita bisa yakin sepenuhnya akan kuasa Tuhan. Hal ini tercermin bagaimana ayat –ayat sebelumnya bisa membantu kita. Maka, kita bisa menjadikan Tuhan sebagai tempat kita berlindung karena kita yakin dan beriman seperti yang tersirat di ayat tersebut.”

8. Yohanes 14 :27b

Ayat 27b : “Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Kata kata yang terilhami dari Yesus Kristus ini bukan hanya ditujukan kepada murid kristus pada jamannya, melainkan untuk kita semua yang percaya dan beriman kepada-Nya.

9. Matius 6:26

Ayat 26 : “Pandanglah burung burung dilangit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung burung itu?

Semua makhluk hidup dibumi adalah ciptaan Tuhan, Ia terbukti memelihara ciptaannya terlihat dari burung –burung ayng tidak perlu bersusah payah untuk mencari makan. Terlebih lagi kita sebagai manusia tentu saja lebih berarti dimata-Nya.

10. Yeremia 17: 7

Ayat 7 : “Diberkatilah Orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan.”

Tindakan yang paling benar untuk bisa terus merasa aman adalah dalam naungan Tuhan. Dengan mengandalkannya dan menaruh harapan sepenuhnya, kita bisa yakin untuk menghadapi apapun itu ujiannya dengan baik.

Baca Juga :

Inilah uraian singkat seputar ayat ayat alkitab yang mungkin sudah pernah Anda dengar atau baca sendiri di dalam Alkitab. Kata kata yang tersirat di dalamnya bisa menyejukkan pikiran dan hati. Bahkan kuasanya bisa menyembuhkan siapa saja yang tertekan.

Mungkin salah satu dari ayat tersebut bisa menjadi ayat favorit bagi Anda. Selain itu, mulailah berfikir positif untuk berbagi penghiburan ini kepada mereka yang mengalami hal serupa. Misalnya sebagai bahan untuk bacaan sekolah minggu, khotbah, ayat hapalan dan lain sebagainya. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel