10 Ayat Alkitab tentang Pelayanan

Sebagai orang kristen, hal yang paling penting dalam hidup kita adalah pelayanan kepada Tuhan. Pelayanan ini bukan hanya mencangkup rajin beribadah saja tapi meliputi semua bentuk kegiatan dalam hidup kita. Seperti bagaimana cara kita berpikir atau bertindak sesuai dengan kehendak Tuhan. Ayat ayat dalam alkitab pun banyak beritahu kita tentang pelayanan.

Ayat ayat dalam alkitab bisa menjadi pedoman untuk hidup kita. Dalam hal ini kita jadi tahu pelayanan seperti apa yang Tuhan kehendaki untuk kita lakukan. Hasilnya, kita bisa mendapatkan berkat yang Ia janjikan. Maka, semangat dalam pelayanan memang perlu terus di tingkatkan.

Bagaimana supaya kita bisa terus melayani dengan sukacita? Mungkin pelayanan melalui musik dan puji pujian, pengajaran sekolah minggu, khotbah, renungan serta mendukung mereka yang mengambil bagian dalam pelayanan. Apa kata alkitab tentang hal ini? Mari kita bahas beberapa referensi ayat alkitab tentang pelayanan di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Pelayanan

1. 1 Petrus 4:10

Ayat 10 : “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap –tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia ALLAH.”

Karena kasih karunia ALLAH yang berlimpah, kita menunjukkan rasa syukur dengan berbaik hati kepada orang lain atau sesama kita. Sebagai manusia yang takut akan Tuhan, maka sesama manusia kita harus saling mengasihi dan melayani.

2. Efesus  2:10

Ayat 10 : “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Ayat ini memberitahu kita bahwa Allah membentuk kita untuk bisa melakukan semua hal –hal baik yang sudah Ia persiapkan untuk kita. Pelayanan ini meliputi hal baik yang kita lakukan untuk orang lain, dengan melakukannya sebenarnya kita juga sedang melayani Tuhan.

3. Ulangan 13:4

Ayat 4 : “TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintah-Nya, suara-Nya harus kamu dengarkan, kepada-Nya harus kamu berbakti dan berpaut.”

Teladan terbesar dalam hidup kita adalah Tuhan. Ia memberikan banyak sekali contoh dan nasehat praktis untuk kita. Melalui alkitablah nasehatNya bisa kita dengar. Dengan membaca, merenungkan dan menerapkannya dalam kehidupan kita, maka kita bisa dikatakan berbakti dan berpaut padaNya.

4. Mazmur 100:2

Ayat 2 : “Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita.”

Tidak berdasarkan beban hidup kita yang begitu berat, ini bukanlah alasan untuk kita bersungut sungut. Beribadah kepada Tuhan haruslah dilandaskan pada hati yang bersukacita. Motif yang benar melayani Allah adalah yang terpenting.

5. Galatia 5:13

Ayat 13 : “Saudara saudara memang kamu telah dipanggil untuk merdeka, Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seseorang akan yang lain oleh kasih.”

Pelayanan kepada Tuhan harus didasarkan yang terutama adalah kasih. Bukan karena uang, imbalan, penghargaan dan lain sebagainya. Karena kasih akan membuat kita melayani dari hati.

6. 2 Timotius 2:3

Ayat 3 : “Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari kristus yesus.”

Memberikan pelayanan kepada Tuhan adalah pilihan terbaik dimana kita ikut ambil bagian dalam menjadi prajurit yang baik di dalam Kristus Yesus. Seorang prajurit perlu berjuang dari keserakahan akan hidup, kebejatan dan amoral yang buruk. Lawanlah hal –hal demikian seperti seorang prajurit.

7. 1 Korintus 12:21

Ayat 21 : “Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan ‘Aku tidak membutuhkan engkau’. Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki ‘Aku tidak membutuhkan engkau’.”

Ayat ini berbicara kepada kita bahwa memang sikap rendah hati itu perlu tapi jangan sampai sikap itu menjadi rendah diri. Semua anggota baik dalam keluarga dan sidang memiliki peran penting masing masing. Jangan sampai satu atau dua orang direndahkan.

8. Matius 28:20

Ayat 20 : “Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Tuhan telah berjanji akan menyertai kita hambanya yang setia sampai akhir zaman nanti. Asalkan kita mau mengikuti perintahnya untuk memberitahu kabar baik kerajaan Allah kepada mereka yan tertekan, terluka dan siap sedia mengulurkan bantuan.

9. 1 Yohanes 2:6

Ayat 6 : “Barangsiapa mengatakan bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”

Mengaku sebagai orang kristen saja tidak cukup, 1 Yohanes 2:6 berbicara tentang bagaimana seharusnya kita hidup yakni sama seperti Kristus hidup. Bukankah kristus hidup bukan untuk diri-Nya sendiri? Begitu pula dengan kita, kita mau memberikan yang terbaik untuk Allah kita.

10. Lukas 22:27

Ayat 27 : “Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah tengah kamu sebagai pelayan.”

Ayat alkitab ini memberikan kepada kita sebuah kebenaran penting sekaligus menguatkan iman kita. Sebab dikatakan bukan mereka yang memimpin, yang berkuasa atau yang memiliki segala sesuatu. Tapi yang lebih besar adalah mereka yang mau menjadi pelayan bagi saudara saudaranya.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan ayat alkitab tentang pelayanan. Beberapa diantaranya sudah menjadi ayat favorit  dan terkenal. Melalui ayat –ayat alkitab inilah sebagai referensi untuk kita merenungkan dan mempelajari lebih dalam lagi persembahan yang akan kita berikan kepada Tuhan melalui pelayanan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel