-->

10 Ayat Alkitab tentang Paskah dan Penjelasannya

Paskah adalah salah satu hari yang istimewa bagi orang Kristen. Sebab Paskah sendiri menjadi bentuk kasih Allah yang tercurah kepada hambanya. Sebagaimana yang kita ketahui, melalui korban tebusan inilah yang membuka jalan keselamatan untuk kita. Maka, Ayat Alkitab mana saja yang menyebutkan tentang paskah ini?

Dalam kata kata Alkitab yang terilham memberitahu kita lebih dalam dan spesifik apa itu paskah? Bagaimana perayaannya dilakukan? Dan mengapa penting memperingati perayaan paskah tersebut? Sebagai orang kristen sejati, patut untuk Anda merenungkan hal tersebut.

Maka sebagai berikut adalah daftar ayat alkitab yang bisa Anda jadikan bahan renungan dan pembelajaran tentang paskah. Anda akan tergugah dan tersentuh dengan mencoba memahaminya. Beberapa diantaranya mungkin sudah sering Anda dengar, tapi mari kita pelajari lebih dalam lagi terkait makna dan artinya lengkap.

Ayat Alkitab tentang Paskah

1. 1 Korintus 15:3

Ayat 3 : “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci

Mengapa paskah sangat penting? Ayat ini menandaskan secara jelas dengan menyatakan alasannya. Kristus mati demi menebus dosa semua umat manusia tidak terkecuali sesuai dengan yang diungkapkan oleh kitab suci, Alkitab.

2. Lukas 24:5

Ayat 5 : “Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?

Yesus Kristus telah mati bagi kita dan bangkit diantara orang mati. Kuasa Bapa ditandaskan lebih besar dari apapun didunia ini bahkan kematian. Dan bahwa kita bersyukur memiliki Allah yang hidup yang berkuasa atas orang hidup dan orang mati.

3. Markus 16:14

Ayat 14 : “Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.”

Seperti yang ayat ini katakan bahwa kita perlu beriman dan tidak ingin memiliki kedegilan hati dan ketidak percayaan seperti orang orang pada jaman itu. Maka, melalui paskah kita bisa memperlihatkan bahwa kita beriman akan kebangkitan Yesus Kristus dan kuasa-Nya.

4. Matius 28:7

Ayat 7: “Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”

Segera setelah Yesus Kristus dibangkitkan, Ia merupakan mukjizat yang nyata bagi para murid muridnya. Ia pasti menguatkan iman muridNya untuk terus beriman kepadaNya. Meskipun kita tidak melihat Yesus bangkit secara kasat mata tapi kita memiliki iman yang besar melalui kisah dalam Alkitab ini.

5. Yesaya 53:5

Ayat 5: “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur bilurnya kita menjadi sembuh".

Betapa bersyukurnya kita oleh karena Kasih dan SetiaNya kita bisa memperoleh harapan kehidupan di dalam Dia. Ia adalah teladan terbesar dalam menunjukkan kerendahan hati untuk menyembuhkan kita dari penyakit dosa dengan bilur –bilurnya.

6. Yohanes 20:9

Ayat 9 : “Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.”

Alkitab menubuatkan banyak hal dalam kehidupan kita, penggenapan janji Allah bahwa Kristus akan bangkit dari antara orang mati bisa menjadi pedoman bagi kita bahwa setiap isi dan nubuat dalam alkitab bisa diandalkan karena isinya akurat dan pasti terjadi.

7. Yohanes 20:17

Ayat 17 : “Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada BapaKu dan Bapamu, kepada AllahKu dan Allahmu."

Kita bisa bayangkan betapa bahagia dan bersyukurnya para murid Yesus ketika Ia menyaksikan bahwa Kristus telah bangkit. Mereka pun menyaksikan sendiri bahwa Yesus naik ke Sorga kepada Bapa. Kita pun akhirnya bisa percaya bahwa kemuliaannya sebagai raja adalah yang terbaik dibandingkan pemerintahan dunia.

8. Yohanes 20:29

Ayat 29: “Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

Murid murid Yesus menjadi semakin percaya ketika melihat Yesus dibangkitkan. Mereka tentu saja bahagia karena memiliki Guru Agung yang luar biasa. Kita pun bisa merasakan kebahagian diantara murid murid jikalau kita percaya.

9. Yohanes 20:31

Ayat 31 : “tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya.

Semua kisahnya dicatat dalam Alkitab yang berguna untuk kita mengenal Dia, satu satunya raja yang telah bangkit dan berkuasa atas bumi. Ia adalah Yesus sang mesias dan anak Allah. Melalui kitab suci kita bisa memperoleh iman akan Dia dan NamaNya.

10. Yohanes 20:21

Ayat 21 : “Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."

Yesus Kristus menjalankan tugasnya dengan baik selama di Bumi. Ia memberikan kedamaian dan obat bagi orang berdosa. Dalam hal ini Yesus Kristus meninggalkan jejak untuk para pengikutnya yang setia ikuti. Tidak hanya pada zaman itu tapi juga dimasa sekarang dan sampai waktu yang tidak tertentu.

Baca Juga :

Inilah kumpulan referensi ayat alkitab yang membahas tentang paskah. Selain ayat alkitab diatas, masih banyak permata rohani lainnya yang bisa Anda dapatkan di dalam buku terilham ini yakni alkitab. Terus perdalam ilmu pengetahuan saudara seputar kata kata Alkitab dan rasakan manfaatnya sendiri.

Dengan pembahasan ini, apa makna paskah bagi Anda? Sudah pasti iman kita dikuatkan dan berlaku penting untuk kita. Anda juga akan merasakan kuasa TUHAN yang bekerja dalam kehidupan saudara melalui Paskah. Semoga informasi ini bermanfaat dan TUHAN memberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel