10 Ayat Alkitab tentang DOSA Manusia

Kita semua adalah manusia yang tidak sempurna. Kecenderungan dosa memang sudah menjadi bagian dalam hidup kita sejak orang tua semula yakni adam dan hawa memilih untuk tidak taat. Firman Tuhan sendiri memberitahukan secara jelas bagaimana awal mula dosa bisa menjerat manusia. Apalagi yang alkitab katakan tentang dosa manusia?

Kalau kita perhatikan sekarang, dosa semakin menjadi jadi. Ada banyak orang berpaling dari Tuhan dan memilih untuk menjalani hidup hanya untuk bersenang senang. Seperti halnya kejahatan, perlakuan tidak adil, anak tidak taat orang tua, saling membenci dan mendendam serta masih banyak lagi.

Meskipun demikian, Allah yang pengasih menerima dan merangkul siapa saja yang bersungguh sungguh melakukan pertobatan. Untuk tahu lebih lanjut, mari kita lihat berdasarkan sudut pandang alkitab tentang dosa manusia mencangkup pengampunan dosa, pertobatan, macam macam dosa dan hal hal terkait, Selengkapnya silahkan perhatikan ayat ayat alkitab berikut ini.

Ayat Alkitab tentang DOSA Manusia

1. Roma 5:12

Ayat 12 : “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.”

Dosa masuk ke dalam dunia melalui satu orang yakni manusia pertama yang diberi nama Adam. Ia memilih tidak taat kepada Allah, sehingga dosa tersebut menghasilkan kematian. Inilah yang selanjutnya dirasakan oleh semua keturunan Adam dan hawa. Kita menjadi tidak sempurna karena mewarisi dosa dari nenek moyang kita, Adam.

2. Yakobus 4:17

Ayat 17 : “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Setelah seseorang dewasa, ia seharusnya sudah mengerti dan memahami apa yang seharusnya boleh dilakukan dan tidak dilakukan dari orang tuanya. Tapi jika dia dengan sengaja melanggar, ia berbuat dosa. Dalam hal kerohanian juga, setelah mengetahui kehendak Allah bagi kita untuk dilakukan atau hal hal yang Allah benci, tapi kita tidak hidup selaras firmanNya, kita disebut berbuat dosa.

3. Roma 14:12

Ayat 12 : “Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.”

Setiap keputusan, tindakan dan haluan hidup yang kita ambil memengaruhi berkat kita di masa depan. Apapun yang kita lakukan jika bertentangan dengan apa yang  Firman TUHAN katakan, kelak kita akan mempertanggungjawabkannya sendiri kepada Allah. Bukan lagi orang tua, kakek atau nenek tapi pribadi kita masing masing. Maka, penting sekali meminta pengampunan dosa dan berusaha menghindari dosa.

4. Ibrani 10:16,17

Ayat 16 dan 17 : “sebab setelah Ia berfirman: Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu, Ia berfirman pula: Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka.

Karena Allah begitu menyayangi umatNya, Ia ingin agar semuanya bertobat. Ketika seseorang melakukan pertobatan dengan sungguh sungguh, dosanya tidak akan diingat lagi dan kesalahan yang diperbuatnya akan dihapuskan, demikianlah kata Tuhan. Kita tentu sangat bersyukur memiliki Tuhan yang berbelaskasihan yang mau mengampuni dosa kita dengan tuntas.

5. Yesaya 55:7

Ayat 7 : “Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.”

Ayat ini juga menandaskan bahwa TUHAN adalah Allah yang berbelaskasihan, Ia ingin semua orang jahat meninggalkan rancangannya dan kembali bertobat. Ia seperti sosok seorang ayah yang akan mengasihani anakNya dan memberi pengampunan yang berlimpah.

6. Roma 3:23,24

Ayat 23 dan 24 : “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.”

Karena semua orang adalah berbuat dosa mereka tidak lagi memiliki kemuliaan di mata Allah. Namun dengan adanya kasih yang begitu besar dari sang pencipta kita, Ia memberikan tebusan di dalam Kristus Yesus. Sehingga semua orang sekarang memiliki harapan untuk menjalin hubungan baik lagi dengan Allah.

7. Kisah Para Rasul 3:19

Ayat 19 : “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,”

Tidak ada cara lain untuk memiliki harapan di dalam TUHAN jika kita tidak bertobat. Pertobatan bukan hanya sekedar meminta ampun , tapi dalam hal ini mencangkup semua hal dan berbalik dari jalan yang salah ke jalan yang benar. Dengan demikian barulah TUHAN akan menerima pertobatan kita dan tidak mengingat dosa kita lagi.

8. Mazmur 103:13,14

Ayat 13 dan 14 : “Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu.”

Sebagai Pencipta yang agung, TUHAN diumpamakan seperti bapak yang sayang terhadap anak anakNya yakni umatNya yang setia dan takut akan Dia. TUHAN juga tidak memerintahkan apa yang tidak sanggup kita lakukan, sebab Dia ingat kita hanyalah manusia yang berasal dari debu. Apabila dipikirkan kita ini tidak ada apa apanya dengan TUHAN. Tapi dia mengerti dan memahami kita masing masing.

9. 1 Yohanes 1:7

Ayat 7 : “Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.”

Adam telah menghilangkan kehidupan sempurna yang Allah karuniakan, ia seperti membawa kegelapan yang gelap untuk keturunannya. Sebaliknya Yesus Kristus adalah terang, yang membawa orang orang ke dalam terang itu. Melalui korban tebusan oleh Kristus Yesus kita semua bisa disucikan dari dosa dan memperoleh pengharapan. Mari kita menghargai pemberian terbesar berupa kasih Allah yang tercurah.

10. 1 Korintus 15:56

Ayat 56 : “Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.”

Ayat ini memberitahu kepada kita tentang asal mula adanya kematian. Allah sendiri sudah memperingatkan Adam sewaktu di taman Eden jika tidak taat, ia akan mati. Inilah akibat dosa yang adam lakukan yakni sengatan maut atau kematian. Dosa menjadi satu hal penting yang perlu dihindari orang kristen untuk bisa memegang teguh penyucian korban tebusan Kristus.

Baca Juga :

Inilah kumpulan ayat alkitab tentang dosa yang tidak luput dari kehidupan kita. Walaupun demikian, melalui ayat renungan ini kita bisa diyakinkan bahwa ada harapan di dalam Tuhan. Ia akan menerima kita jikalau kita mau berusaha untuk menyenangkan Dia dengan mengerahkan upaya sebaik baiknya dan menghindari dosa. Tentu saja upaya saudara akan dihargai.

Dengan merenungkan dan menyadari semua kesalahan yang kita perbuat, Anda akan lebih menghargai setiap waktu yang diberikan. Selagi Tuhan masih memberikan kesempatan, berupayalah sebisanya untuk hidup di dalam Tuhan. Inilah rangkaian ayat alkitab yang bisa diberikan, Semoga Tuhan beserta dan menyertai upaya Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel