-->

10 Ayat Alkitab tentang Disiplin dalam Kehidupan

Disiplin sangat penting untuk mendidik seseorang di dalam kebenaran. Biasanya ungkapan disiplin ini diterapkan dalam lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja dan tempat umum. Dimana mana sebenarnya ada aturan aturan yang perlu kita ketahui dan lakukan. Selain itu, banyak ayat alkitab juga menyebutkan tentang disiplin diri dan rohani mencangkup semua bidang kehidupan kita.

Dalam beberapa situasi disiplin bisa sangat diperlukan. Jika tidak ada disiplin, hasilnya tidak akan baik. Kesan yang ditimbulkan adalah tidak teratur, tidak sesuai, menyimpang atau tidak tepat waktu. Disiplin dari Allah pun diberikan untuk membuat hamba hamba Nya tidak menyimpang. Disiplin ini juga nerupakan bukti kasih Allah.

Dari dulu hingga sekarang Allah tidak pernah berubah. Ia ingin umatnya menjadi orang yang disiplin dan taat. Darimana kita tahu? Untuk tahu jawabannya, cobalah untuk simak apa yang Firman Tuhan katakan pada ayat alkitab dibawah ini.

Ayat Alkitab tentang Disiplin dalam Kehidupan

1. Efesus 4:14

Ayat 14 : “sehingga kita bukan lagi anak-anak. yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,”

Dunia dewasa ini cenderung berubah ubah. Hal ini menunjukkan bahwa pandangan manusia juga selalu berubah. Begitu pula dengan hal mendisiplin yang mencerminkan adanya perubahan dalam masyarakat. Sesuai dengan ayat dibuku Efesus, bahwa manusia akan diombang ambingkan dengan setiap pengajaran oleh manusia itu sendiri. Hanya alkitab lah penyedia nasehat yang bisa diandalkan.

2. 2 Timotius 3:16

Ayat 16 : “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran

Alkitab adalah buku pemberian dari Allah yang memiliki manfaat yang besar untuk siapa saja yang dengan rendah hati mau membacanya. Didalamnya berisi pengajaran dan hikmat yang bisa mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan serta mendidik seseorang di dalam kebenaran.

3. Amsal 13:24

Ayat 24 : “Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya, tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.”

Dalam kehidupan keluarga, orang tua pasti akan mengajar anak anak mereka. Tidak ada disiplin yang menyenangkan bahkan perlu ketegasan dalam menjalankannya. Orang tua yang mengasihi anaknya pasti akan melakukannya demi kebaikan sang anak untuk bisa hidup dengan baik. Sebaliknya orang tua yang tidak mendisiplin anaknya adalah orang tua yang tidak peduli.

4. Galatia 6:7

Ayat 7 : “Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.”

Ayat ini membicarakan tentang sebab dan akibat jika kita bertindak dengan tidak dipikir. Dengan berupaya disiplin kita bisa mendapatkan hasil yang baik. Namun, apabila kita tidak disiplin, tentu ada hal hal yang akan berdampak buruk bagi kita. Sebagaimana apa yang ditabur orang, itulah juga yang akan dituainya. Jadi penting mengingat akibatnya jika tidak disiplin.

5. Kolose 3:20

Ayat 20 : “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.”

Salah satu prinsip dalam alkitab untuk anak anak adalah menaati orang tua mereka. Ini adalah perintah dari TUHAN untuk anak anak lakukan. Hal ini penting untuk mendisiplin anak supaya punya masa depan yang cerah dan taat terhadap orang tua. TUHAN memberikan perintah ini supaya anak anak bisa diperkenan dan mendapatkan hasil yang baik jika mereka didisplin.

6. Yeremia 30:11

Ayat 11 : “Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah.”

Dalam ayat di buku Yeremia ini, Allah memberikan teladan untuk para orang tua ikuti. Sifat itu haruslah berdasarkan kasih, tidak berubah ubah dan masuk akal. Masuk akal yang dimaksud adalah memberikan perintah atau nasehat yang sesuai dan dalam taraf yang patut.

7. Amsal 23:13

Ayat 13 : “Jangan menolak didikan dari anakmu ia tidak akan mati kalau engkau memukulnya dengan rotan.”

Seorang anak bisa saja sejak kecil memiliki sifat yang penuh perhatian dan baik, namun orang tua perlu ingat bahwa ini bukan berarti mereka tidak akan melakukan hal hal bodoh. Meskipun demikian anak perlu didisiplin. Maka, nasehat ini berlaku untuk semua orang tua untuk jangan menahan disiplin dari seorang anak mereka.

8. Ibrani 12:11

Ayat 11 : “Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.”

Orang tua terkadang memiliki ketakutan saat akan mendisiplin anak mereka karena takut sang anak akan membenci mereka. Namun, apabila disiplin diberikan dengan cara yang pengasih, anak anak bisa belajar untuk menerima nasehat dengan rendah hati. Karena sifat ini bisa berguna pada saat mereka dewasa nanti.

9. Amsal 29:21

Ayat 21 : “Siapa memanjakan hambanya sejak muda, akhirnya menjadikan dia keras kepala.

Orang tua yang bersikap serba boleh kepada anak anak mereka bisa berdampak buruk. Menagapa? Anak anak nantinya akan hampir tidak merasakan bahwa orang tua memiliki wewenang. Jika Anda sebagai orang tua yang tidak menunjukkan wewenang tersebut, anak bisa jadi berpikir bahwa dia memiliki kuasa dan akibatnya anak bisa membuat keputusan yang salah hingga dia menjadi seorang yang keras kepala.

10. Roma 12:3

Ayat 3 : “Orang tidak akan tetap tegak karena kefasikan, tetapi akar orang benar tidak akan goncang.”

Orang tua kristen yang berusaha mendidik anak anak mereka di dalam kebenaran adalah antara dua orang pria dan wanita yang menikah dan tinggal bersama, tidak satupun dari mereka yang meninggalkan rumah. Hubungan dengan pasangan suami dan istri adalah yang terpenting untuk memperlihatkan peran sebagai orang tua. Anak juga tidak akan berfikir bahwa dirinya lebih tinggi dari yang semestinya.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah daftar ayat alkitab yang bisa Anda periksa, baca dan renungkan mengenai kedisiplinan. Jadikan ini sebagai renungan harian Anda untuk mengingat orang orang seperti apa yang Allah kehendaki.

Kita juga jadi tahu bahwa disiplin bukan hanya untuk anak anak, tapi harus ada dalam diri remaja, orang dewasa, orang tua dan tidak terkecuali siapa pun itu. Meskipun kita adalah manusia yang tidak sempurna, jika kita berupaya menjadi orang yang disiplin, Allah akan senang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel