10 Ayat Alkitab tentang Ajaran Palsu

Dewasa ini ada banyak ajaran yang saling bertentangan. Firman Tuhan mendesak semua orang kristen untuk jangan disesatkan. Mungkin Anda kemungkinan bertanya tanya seperti apa ajaran palsu itu? Atau bagaimana cara membedakannya dengan ajaran yang benar. Cara satu satunya adalah dengan menyelidiki ayat alkitab tentang ajaran palsu tersebut.

Alkitab adalah buku yang akurat dan dapat dipercaya. Semua yang ada di dalamnya bisa sangat bermanfaat untuk mengajarkan kepada hamba hamba Allah tentang banyak hal dalam kehidupan. Termasuk memiliki pandangan benar sehubungan dengan doktrin doktrin yang banyak bermunculan sekarang. Hal ini penting supaya orang kristen tidak disesatkan.

Prinsip dan hukum dalam alkitab adalah jelas. Untuk mewaspadai ajaran palsu yang tidak berdasarkan alkitab, Anda harus memeriksa, menyelidiki dan membacanya sendiri. Ciri ciri ajaran sesat kristen tentu bisa dibedakan jika Anda secara teratur melakukan pembelajaran dan renungan alkitab. Untuk itu, selengkapnya Anda bisa simak deretan ayat alkitab dibawah ini yang berbicara tentang ajaran palsu.

Ayat Alkitab tentang Ajaran Palsu

1. 2 Petrus 3:17

Ayat 17 : “Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.”

Ayat alkitab pertama ini mendesak orang kristen untuk selalu waspada terhadap ajaran yang bisa menyesatkan. Mereka adalah orang orang yang tidak mengenal hukum. Rasul Petrus menuliskan surat ini agar kita semua dapat selalu memegang teguh prinsip dan hukum alkitab bukan pada ajaran dan kesesatan orang orang.

2. 1 Korintus 10:20

Ayat 20 : “Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.

Sekarang ini ada banyak orang dibutakan oleh Setan si Iblis yang berusaha menyesatkan seluruh bumi. Ada banyak orang yang mengira bahwa mereka telah menyembah Allah yang benar. Namun, yang terjadi sebenarnya mereka sedang melayani setan dan para hantu hantunya. Sebab apa yang normal dalam pandangan dunia bisa sangat berbeda dengan ajaran alkitab.

3. Matius 7:17,18

Ayat 17 dan 18 : “Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.

Di dunia ini ada banyak masalah yang terjadi karena kejahatan orang orang. Diantaranya adalah pertikaian, pencurian, penindasan, perbuatan amoral dll. Banyak orang tersebut berbuat hal buruk padahal mereka memiliki agama.

Ketahuilah bahwa agama mereka tersebut tidak menggerakkan kepada perbuatan yang baik. Sehingga mereka tidak bisa dikatakan sahabat Allah, kecuali mereka mau bertobat dan berhenti melakukan hal yang buruk. Agama yang benar tidak mengajarkan kejahatan dan hal yang buruk.

4. Keluaran 20:4,5

Ayat 4 dan 5 : “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya , kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,”

Dalam Ayat ini Allah melarang umatNya untuk berdoa kepada berhala. Dari dulu hingga sekarang perintahNya tidaklah berubah. Allah ingin kita hanya menyembah Dia saja. Jika ada berhala dalam ibadat mereka apakah orang orang tersebut bisa dikatakan sahabat Allah menurut ayat ini? Tentu tidak. Allah ingin agar orang berbicara kepadaNya, bukan melalui gambar atau benda apapun itu.

5. Wahyu 15:4

Ayat 4 : “Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu.”

Pada akhirnya hanya ada satu agama yang benar menurut pernyataan di buku Wahyu 15 ayat 4 ini. Semua ajaran yang tidak berdasarkan alkitab akan lenyap bersama semua dusta setan yang ia lancarkan atas hamba Allah.

6. Yakobus 4:4

Ayat 4 : “Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.”

Dunia menawarkan banyak sekali hal hal buruk seperti kemewahan, hasrat memuaskan diri sendiri dan keegoisan. Apapun yang ada didunia sebenarnya tidak sesuai dengan ajaran alkitab. Buku Yakobus sendiri memperingatkan bahwa jika kita lebih condong memperlihatkan semangat dunia kita bermusuhan dengan Allah.

Sebab para sahabat Allah, menjaga mata mereka tetap sederhana dengan berpegang teguh pada prinsip kitab suci. Mereka tidak akan menyimpang dengan keinginan dunia yang sementara. Seperti mengejar kekayaan yang berlebih, tamak, dan hanya mementingkan diri sendiri.

7. 2 Korintus 6:17,18

Ayat 17 dan 18 : “Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu. Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa.”

Orang Kristen yang sejati didesak untuk keluar dan memisahkan diri. Hal ini tentu saja mencangkup ajaran palsu yang membuat apa yang tidak disukai Allah. Untuk bisa menyenangkan Allah, kita harus berupaya sekuat tenaga, sebab bukannya mudah karena hal hal ini ada disekitar kita.

8. 2 Timotius 4:3,4

Ayat 3 dan 4 : “Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.”

Setan terus berusaha mematahkan kesetiaan dan integritas hamba Allah. Tidak hanya pada jaman alkitab, sekarang ada banyak orang murtad berusaha merusak iman orang orang yang polos dan rendah hati. Untuk terhindar dari hal ini, kita perlu meneliti dengan cermat terhadap apa yang kita dengar dan baca.Mempertahankan sudut pandangan rohani adalah penting daripada menganggap baik apa yang umum dipandangan dunia.

9. Lukas 6:46

Ayat 46 : “Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?

Keburukan bisa saja berakar dalam diri seseorang. Apabila diamati beberapa orang mungkin mengaku menghormati Allah dan beribadat kepadaNya. Tapi, sebenarnya dalam kehidupannya sama sekali tidak mencerminkan orang kristen. Penganut ibadat sejati adalah yang benar benar mempraktekkan apa yang mereka pelajari dari alkitab dalam seluruh segi kehidupan mereka.

10. Matius 7:15

Ayat 15 : “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.”

Berbagai doktrin dari agama palsu bisa saja terlihat baik, tapi sebenarnya bertentangan dengan kata alkitab. Para nabi nabi palsu atau guru guru pemuka agama, mungkin bisa jadi diumpamakan seperti domba yang kelihatannya baik tapi diri mereka sebenarnya adalah serigala yang buas. Bagaimana Anda bisa mengenalinya?

Dengan mempelajari alkitab, Anda bisa mengenalinya dari buah perbuatan mereka. Disini Yesus ingin memperingatkan bahwa tidak semua agama baik dan tidak semua guru yang mengajarkan agama bisa dipercaya apabila itu tidak berdasarkan alkitab.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah kumpulan ayat alkitab yang membahas tentang pandangan alkitab terkait ajaran palsu yang bertentangan dengan apa yang alkitab katakan. Dengan merenungkan dan berusaha memahaminya Anda akan dibantu memiliki cara berpikir yang sehat dan sudut pandang yang benar dari Tuhan. Anda juga tidak akan mudah disesatkan dengan berbagai doktrin yang muncul.

Ini hanyalah beberapa referensi ayat alkitab untuk direnungkan, Anda bisa memeriksa permata rohani lainnya untuk mendapatkan pengetahuan lebih mendalam terkait kata kata terilham dari Allah. Semakin banyak pengetahuan yang Anda terima, Anda akan lebih teguh dalam mempertahankan iman. Semoga bermanfaat dan TUHAN memberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel