10 Ayat Alkitab tentang Bertobat / Pertobatan

Allah kita adalah Allah yang selalu siap mengampuni. Ia merupakan teladan terbesar dalam menunjukkan kasih secara cuma cuma kepada hamba hambaNya yang dengan tulus meminta pengampunan dariNya. Kita adalah manusia yang tidak sempurna, setiap hari ada saja kesalahan dan dosa yang kita perbuat. Maka, apa yang ayat alkitab katakan tentang bertobat?

Definisi bertobat sendiri mungkin Anda sudah tahu yakni berbalik dari cara hidup yang tidak pantas ke jalan yang benar. Allah sangat ingin setiap orang yang berpaling daripadaNya untuk kembali menjadi umatNya. Dalam FirmanNya dalam alkitab, Allah berulang kali menyebutkan terkait pertobatan yang dikehendaki.

Dari contoh hamba hamba Allah lainnya dalam alkitab juga akan semakin mengajar kita bagaimana penting sekali pertobatan? bagaimana cara melakukannya? dan apa saja yang perlu dilakukan? Untuk itu, Alkitab kasih tahu tentang hal itu. Untuk mengetahui lebih jelasnya, cobalah untuk periksa dan renungkan beberapa ayat favorit dan terkenal di bawah ini.

Ayat Alkitab tentang Bertobat

1. Lukas 15:2

Ayat 2 : “Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.”

Berbeda dengan Yesus, orang Farisi dan para ahli taurat merendahkan orang orang berdosa. Mereka mengamati bahwa orang berdosa tersebut tertarik pada kepribadian Yesus dan yang Ia ajarkan. Orang Farisi dan ahli Taurat ini menganggap diri mereka lebih tinggi dan bahwa orang berdosa hanya seperti debu di kaki mereka saja.

Sebaliknya, Yesus memperlakukan mereka semua dengan penuh respek, berbelaskasihan dan baik hati. Dari mereka yang dianggap rendah sampai mereka yang dikenal sebagai orang berdosa. Siapa yang ingin Anda tiru?

2. Lukas 15:7

Ayat 7 : “Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”

Yesus sebelumnya memberikan perumpamaan kepada para muridnya tentang gembala dengan 100 domba. Jika satu domba hilang, sang gembala akan meninggalkan yang 99 domba dan mencari satu yang hilang. Setelah menemukannya ia akan sangat bersukacita.

Begitupula apabila ada satu orang yang bertobat maka, akan mendatangkan banyak sukacita terutama sukacita Allah kita yang diumpamakan seperti seorang gembala yang menyayangi setiap domba dombanya. Dan bahwa masing masing domba sangat berharga di mataNya.

3. Markus 2:17

Ayat  17 : “Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Orang Farisi tentu saja kaget ketika Yesus membicarakan tentang pertobatan dalam perumpamaannya. Orang Farisi menganggap diri mereka sudah benar dan tidak perlu bertobat. Mereka terlalu sombong dan meninggikan hati. Oleh sebab itu yesus secara terus terang bahwa Dia datang untuk memanggil orang berdosa. Kata kata Nya menyiratkan bahwa Dia menginginkan orang berdosa bisa bertobat.

4. Lukas 15:10

Ayat 10 : “Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

Yesus mengulangi lagi pengajarannya dengan menandaskan bahwa sama seperti Allah bersukacita, para malaikat malaikat yang ada di surga pun sangat bersukacita karena ada satu orang yang bertobat. Kita bisa bayangkan para malaikat senang sekali jika seseorang bertobat. Mereka tidak memiliki perasaan iri terhadap orang yang bertobat.

5. Yesaya 1:18

Ayat 18 : “Marilah, baiklah kita berperkara! firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.”

Ayat ini memberitahu bahwa seburuk apapun dosa kita dimasa lalu, atau yang kita lakukan. Allah bisa mengampuniNya. Hal ini bisa diumpamakan seperti dosa berwarna merah seperti kirmizi namun dapat diubah menjadi putih seperti halnya salju. Selanjutnya meskipun dosa kita semerah warna kain kesumba tapi bisa diubah menjadi putih seperti bulu bulu domba.

Ya, dengan tulus dan rendah hati mengucapkan pengampunan dosa kepada Allah dan berupaya untuk berbalik dari cara hidup yang salah, TUHAN akan mengampuni dan Ia bahkan tidak akan mengingat ingatnya lagi.

6. Kisah Para Rasul 3:19

Ayat 19 : “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan.”

Allah berjanji kepada umatNya, jikalau kita bertobat dan sadar dari semua kesalahan yang kita lakukan. Maka, Ia akan menghapus dosa dosa kita. Tidak peduli seburuk apapun kita, Allah begitu pengasih dan menyayangi setiap orang yang tulus meminta pengampunanNya.

7. Mazmur 103:13,14

Ayat 13 dan 14 : “Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu.”

Allah berbelaskasihan kepada manusia. Ia mengingat bahwa kita ini hanyalah manusia yang tidak sempurna. Dan bahwa kita ini hanyalah berasal dari debu. Bahkan sama seperti seorang Bapa yang sayang kepada anak anaknya, begitulah TUHAN juga menyayangi kita sebagai orang orang yang takut akan Dia.

8. Amsal 28:13

Ayat 13 : “Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.”

Allah sangat menyayangi orang orang yang dengan rendah hati mengakui kesalahannya dan meninggalkan kesalahan tersebut. Sebaliknya Allah tidak akan menyukai orang orang yang hanya bisa menyembunyikan pelanggaran yang diperbuat, sebab dikatakan ia tidak akan beruntung.

9. Ibrani 10:26

Ayat 26 : “Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.”

Berbuat dosa secara sengaja sangat serius hukumnya dalam alkitab. Jika seseorang sudah mengetahui bahwa pelanggaran tersebut tidak boleh dilakukan, tapi tetap melakukannya. Allah tidak akan berkenan kepadaNya.

10. Yesaya 38:17

Ayat 17 : “Sesungguhnya, penderitaan yang pahit menjadi keselamatan bagiku; Engkaulah yang mencegah jiwaku dari lobang kebinasaan. Sebab Engkau telah melemparkan segala dosaku jauh dari hadapan-Mu.”

Allah kita adalah Allah yang berbelaskasihan. Ia bisa membesarkan hati kita ketika kita meminta pengampunanNya. Dan bahwa Dia memberitahu, Ia akan melemparkan segala dosa kita jauh dari hadapanNya. Dari kata kata ini meyiratkan bahwa Allah tidak akan mengingat ingat lagi kesalahan kita tersebut.

Baca Juga :

Inilah kumpulan ayat alkitab terbaik yang bisa Anda renungkan terkait pertobatan. Semakin mendekat hari Allah yang luar biasa, pertobatan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk bisa beroleh keselamatan di dalam TUHAN. Dari ayat ayat tersebut kita juga sudah belajar bahwa tidak semua bentuk pertobatan di terima Allah.

Hanya dengan kasih dan motif yang benarlah, Allah akan memperhatikan dan memberi pengampunanNya. Selain itu, dengan bertobat Allah bisa memberikan kekuatan untuk umatNya melawan kecenderungan hati yang salah jikalau hambaNya ini dengan tulus dan rendah hati. Semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat dan semoga TUHAN memberkati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel