-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Hikmat

Shalom sobatku yang setia, hari ini kita akan belajar tentang hikmat yang benar. Khotbah ini mengajarkan pada kita tentang arti hikmat dan sumber hikmat yang benar, sehingga jemaat tidak mengambil hikmat dunia, tetapi bergantung kepada hikmat Allah. Baca Juga: Hidup Melekat Pada Allah

Sebab hari-hari ini manusia cenderung untuk mengandalkan pengetahuan, pengalaman dan logika berpikirnya dibandingkan mengandalkan Tuhan. Hikmat yang benar adalah pengetahuan intelektual yang berasal dari Allah yang tidak terbatas. Jika demikian, hikmat dunia adalah hikmat yang berasal daripenguasa-penguasa dunia dengan segala pemikiran manusia yang disebut juga hikmat yang tidak benar (palsu) yang bersifat sementara, sedangkan hikmat yang benar besifat kekal.

HIKMAT YANG BENAR
1 Korintus 2:6-16

Ungkapan “hikmat” dalam bahasa Yunani adalah sophia yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris yaitu “wisdom”. Dengan demikian ungkapan “hikmat” yang dimaksudkan adalah bersifat spiritual atau  rohani.

Hikmat yang dibicarakan Paulus dalam bagian ini ialah hikmat Allah tentang berita salib. Paulus menghendaki setiap orang Kristen memiliki pemahaman sesungguhnya tentang hikmat yang benar sehingga iman Kristen tidak didasarkan pada hikmat manusia, tetapi pada hikmat Allah. Ada tiga sumber hikmat yang benar  menurut kebenaran firman Tuhan ini, yaitu :

I. Allah Bapa (Ayat 6-9)
Perhatikan teks, “Tetapi yang kami beritakan adalah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia” (ayat 7). Kata sembunyi dalam bahasa Yunani apokrupto merujuk pada hal-hal yang tersembunyi kemudian dapat dinyatakan (bdg. Matius 11:27;16:17).

II. Roh Kudus (ayat 10-13)
Roh Kudus adalah Roh Hikmat (bdg. Yesaya 11:2a) dan Roh Kebenaran (Yohanes 16:13). Karena Roh Kudus adalah Allah, maka Dia mampu menyelidiki segala sesuatu. Roh Kudus terus-menerus menyelidiki dalam diri Allah (ayat 10-11) dan apabila kita meminta kuasa Roh Kudus memampukan kita, Dia akan memberi pengetahuan tentang hikmat yang benar itu.

III. Pikiran Kristus (ayat 14-16)
Mengapa kita harus memiliki pikiran Kristus daripada pikiran duniawi untuk memperoleh hikmat yang benar? Memiliki pikiran Kristus berarti pikiran Yesus Kristus menjadi dasar pengambilan keputusan kita. Bertindak dan berprilaku seperti yang ada dalam Firman Tuhan.

Penting bagi kita sebagai orang percaya masa kini untuk memiliki hikmat yang benar terlebih bagi kita sebagai pelayan Tuhan. Karena dengan hikmat yang benar kita mampu memutuskan hal-hal atau keputusan-keputusan dalam hidup selaras dengan kehendak Allah. Hikmat yang benar dari Allah tidak akan pernah mengecewakan kita. Amin. Lirik Lagu: Hikmat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel