-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Hidup Dalam Rancangan Allah

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi kita belajardari bahan khotbah hari ini yang membahas tentan “Hidup Dalam Rancangan Allah”. Suasana yang nyaman akan membawa kita pada perasaan yang aman dan nyaman, begitu juga sebaliknya, suasana yang mencekam akan membuat kita takut, tidak dapat berpikir dengan baik, bahkan tidak tahu harus berbuat apa? Baca Juga: Bahan Khotbah Tentang Kesetiaan Tuhan

Situasi yang serupa juga pernah dialami oleh bangsa Israel, saat mereka diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebukadnezar dari Yerusalem ke Babel. Sebagai umat pilihan, bangsa Israel didik Tuhan untuk patuh dan taat akan perintah-Nya, pembuangan ini diakibatkan ketidaktaatan bangsa Israel itu sendiri, namun Tuhan tetap setia menyertai umat pilihan-Nya, dengan terus menguatkan mereka di tengan himpitan dan tantangan di dalam pembuangan. Karena satu firman Tuhan yang menjadi kekuatan itu ialah Tuhan mengetahui rancangan-rancangan yang ada pada-Nya mengenai kita (Yer 29:11)

HIDUP DALAM RANCANGAN ALLAH
Yeremia 29:1-14

Bagaimana Hidup Dalam Rancangan Allah?

I. Damai Sejahtera (11)
    - Kesejahteraan Pribadi (5-6)
        a. Tempat Tinggal/Rumah
        b. Kebun untuk dinikmati hasilnya/pekerjaan
        c. Keturunan
    - Kesejahteraan Kota
        a. Berdoa untuk kota dimana kita tinggal
        b. Kesejahteraan kota adalah kesejahteraan kita juga
Ada banyak tantangan yang mau merusak damai sejahtera yang Tuhan sudah rancang untuk kita. Penyesat-penyesat, kuasa-kuasa kegelapan dan penghulu-penghulu di udara mau memperdaya kita, dengan tegas firman Tuhan katakana: jangan dengarkan mereka! (8-9)

II. Masa Depan Penuh Harapan (11)
    - Perlu didoakan
        a. Berseru dan datang padaTuhan maka Ia akan mendengarkanmu
        b. Apabila kamu mencari Tuhan, kamu akan menemukan-Nya
        c. Apabila kamu menanyakan Tuhan dengan segenap hati, Tuhan akan memberi kita menemukan Dia.

III. Hidup Yang Dipulihkan (14)
    - Pegang Janji Tuhan (10)
        a. Tuhan memperhtikan kita
        b. mengembalikan ketempat dimana kita seharus-Nya
        c. Beroleh hidup yang kekal, bersama-sama dengan Bapa di sorga

Inilah Janji Tuhan tentang kehidupan di dalam rancangan-Nya, bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya akan menikmati semua berkat yang Tuhan telah sediakan ini. Implementasinya bagi orang Kristen masa kini ialah keadaan kita di dunia ini seolah kita hidup di dalam masa pembuangan seperti saat bangsa Israel di Babel, hal ini dikarekanan dosa asal, ketidaktaatan Adam membuat kita dibuang sementara ke dalam dunia yang fana ini. Itu sebabnya kita harus terus hidup sesuai rancangan Tuhan agar kita menikmati damai sejahtera, jaminan masa depan yang penuh harapan, dan Tuhan memulihkan kita saleh-salehnya saat kedatangan-Nya yang ke dua kali. Amin. 
                     - RencanaMu Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel