-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Keluarga Bahagia

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi dengan bahan khotbah Kristen dan dalam kesempatan kali ini kita akan belajar tentang “Keluarga Bahagia”. Melihat sosial media ataupun informasi-informasi di televisi akhir-akhir ini, ada banyak pemberitaan tentang ketidakharmonisan keluarga. Banyak masalah yang tibul di tengah-tengah keluarga yang menyebabkan kekerasan dalam rumah tangga, perceraian dan sebagainya, dan mirisnya hal ini juga terjadi dikalangan keluarga Kristen.

Keluarga merupakan salah satu agen selain gereja/eklesia, yang Tuhan bentuk untuk menggambarkan, bagaimana hubungan kasih antara Tuhan dan jemaat itu terjalin. Apabila keutuhan dan kebahagiaan dalam keluarga tidak terjadi maka pasti ada kesalah disana. Mengapa keluarga dapat mengalami ketidakbahagiaan? Firman Tuhan hari ini akan mengajarkan pada kita betapa pentingnya peranan dari setiap anggota keluarga untuk menciptakan keuarga yang bahagai.

KELUARGA BAHAGIA
Efesus 5:22-33; 6:1-4

Agar menciptakan keluarga bahagia setiap anggota perlu mengerti dan memahami peranan masing-masing dalam keluarga. Apa sajakah peranan-peranan tersebut?

I. Suami
- Kepala Keluarga (23)
    *Kepala Isteri
    * Sama seperti Kristus adalah kepala jemaat.
-Mengasihi Isteri (25)
    * Sama seperti Kristus mengasihi jemaat (25)
        #menyerahkan diri-Nya untuk jemaat, berkorban
    * Sama seperti dirinya sendiri (29)
        #Tidak membenci
        #Mengasuhnya
        #Merawatnya
- Jangan membangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu (6:4)
- Mendidikan anak dalam ajaran dan nasehat Tuhan (6:4)

II. Isteri
- Tunduk kepada suami (22)
- Menghormati suami (3)

III. Anak
- Taatilah orangtuamu (1)
- Hormatilah Ayahmu dan Ibumu (2 ; Kel. 20:12)
    * Bahagia
    * Panjang Umur

Keluarga bahagia itu nyata bukan hanya di dongeng atau sebuah bahasa kiasan, itu dapat dilakukang dengan mengetahui peranan masing-masing dari setiap anggota keluarga maka hubungan di antara suami – isteri, Ayah – anak, Ibu – anak dan juga orangtua ke anak akan dapat terjalin dengan baik. Setiap anggota keluarga dapat belajar banyak dari firman Tuhan untuk terus melakukan yang terbaik dari apa yang kamu punya untuk keluargamu. Kita tidak dapat memilih di keluarga mana dan seperti apa kita lahir, tetapi apabila kita ada di tengah keluarga kita, pasti ada maksud Tuhan untuk kita hadir dalam keluarga tersebuat. Demikianlah bahan khotbah Kristen ini, tentang “Keluarga Bahagia” yang memberikan pendidikan serta arahan yang dapat kita terapkan dalam keluarga kita masing-masing. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel