-->

Bahan Khotbah Kristen Tentang Karya Keselamatan

Shalom sobatku yang setia, kembali lagi dengan bahan khotbah Kristen dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang “Karya Keselamatan”. Sejak kejatuhan manusia ke dalam dosa, Allah terus mendemonstrasikan upaya keselamatan bagi manusia. Kej 3:15 sebagai Injil pertama yang diperdengarkan kepada manusia, bahwa masih ada harapan untuk kembali kepada Allah yaitu melalui keturunan perempuan itu, yang akan meremukan kepala ular itu. Baca Juga: Jaminan Hidup Kekal

Dari masa ke masa Allah terus memperjelas tentang nubuatan karya keselamatan itu (Mikha 5). Dalam karya keselamatan yang Allah kerjakan, Ia menunjukan maksud-Nya tentang kehidupan manusia yang sesungguhnya. Maka dari itu sebagai orang percya kita perlu mempelajari dari tujuan karya keselamatan Allah itu.

KARYA KESELAMATAN
Lukas 1:67-75

I. Allah Menunjukan Belas Kasih-Nya (68-69)
    - Mengutus Sang Mesias
        *Keturunan Daud
    - Allah Melawat Umat-Nya
    - Allah membawa kelepasan

II. Kristus Mengerjakan Penebusan (71, 74-75)
    - untuk melepaskan kita
        * dari musuh-musuh kita
        * dari tangan semua orang yang memebnci kita
    - untuk dapat beribadah kepada Tuhan
        * tanpa takut
        * tanpa halangan
        * dalam kekudusan
        * dalam kebenaran

III. Kristus Menggenapi Perjanjian (kovenan) (72-73)
    - Perjanjian dengan nenek moyang kita
        * Adam
        * Abraham
        * Daud
    - Perjanjian itu kudus

Nyanyian pujian yang disampaikan oleh Zakharia ini merupakan penegasan kembali tentang karya keselamatan yang Allah akan lakukan melalui Sang Mesias yaitu Yesus Kristus. Tujuan Allah menyelamatkan umat-Nya ialah untuk menunjukan begitu besarnya kasih Allah dengan mengutus Yesus Kristus. Selanjutnya karya keselamatan itu dutunjukan untuk mengerjakan penebusan bagi manusia yang tersandra di pasar dosa, dengan melepaskan dari jerat maut serta mengembalikan hubuangan manusia dengan Allah sehingga manusia dapat berjumpa secara langsung melalu persekuatuan dengan Allah. Karta keselamatan itu juga merupakan penggenapan janji Allah kepada leluhur kita dan menggenapinya bagi hidup kita. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel